Cara Membuat Es Krim Dengan Bahan-Bahan Yang Sederhana

Siapa yang tidak tahu nama eskrim? dari mulai anak-anak sampai orang dewasapun pasti tau dan senang memakan eskrim, di tambah dengan udara yang sangat panas, bisa dibilang ini momen yang pas untuk makan eskrim, tak lain dari itu terkadang es krim juga banyak di gemari ketika sedang jalan-jalan ke suatu tempat.

Es krim juga memiliki variasi dan nama yang berbeda-beda contoh nya es krim bakar, es krim potong, es krim pot, roti es krim, es potong, es krim cone dan masih banyak lagi, dengan rasa nya yang manis dan tekstur nya yang lembut dengan bermacam toping yang menarik menjadikan es krim sebagai salah satu menu di acara tertentu contoh nya seperti, ulang tahun, pesta pernikaha dan lain sebagainya.

Sekarang ini banyak sekali pilihan varian es krim yang rasanya bermacam-macam, tergantung selera saja, bila ingin menikmati es krim tentu saja akan pergi ke indomaret atau cafe yang menyediakan menu es krim, namun pernahkah anda terbesit dipikiran untuk membuat es krim tersebut sendiri.

Tentu saja saya akan memberikan anda resep cara membuat es krim, tentu nya sangat mudah dan sederhana untuk membuat nya, selain itu sangat lah praktis dan tidak usah mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli bahan-bahan es krim.

PENEMU ES KRIM DAN SEJARAHNYA

cara membuat es krim

www.penemu.co

Sejararh es krim sendiri ada yang berpendapat bahwa es krim tersebut ditemukan sama orang Cina yaitu pada sekitar tahun 700 masehi, saat itu Kaisar Tang dari Dinasti Shang adalah seorang penggemar kuliner, pada saat itu juga beliau bertanya kepada koki istana untuk membuat es krim dari campuran salju.

Kisah yang lain juga mengatakan bahwa datang nya es krim ketika adanya hubungan perdagangan antara China dan Italia, Marcopolo, sang penjelajah laut membawa resep es krim ke negaranya sendiri, berbeda dengan resep asli, gaya es krim Italia banyak dikombinasikan dengan sirup dan campuran es, sedangkan pada es krim italia kemudian dinikmati oleh kaum bangsawan dari Eropa dan menyebar ke seluruh dunia salah satu nya di indonesia.

Pada abad ke-19 es krim ini sangat populer di Amerika Di Amerika, seiring berkembangnya penemuan mesin pembuat es krim, Istilah es krim sendiri berasal dari koloni Amerika, yang artinya ialah fase menjejalkan es.

Sedangkan es krim masuk ke Indonesia di bawa oleh kolonial Belanda yang biasa di sebut es krim saloon, nama es krim ini ialah yang petama berdiri dan dapat di temukan di kota-kota besar, pada era itu es krim adalah panganan bisa di bilang mewah dan mahal, dan kebanyakan hanya Belanda yang dapat menikmatinya.

Cara membuat es krim yang lembut ini tergolong cukup sederhana dan mudah karena cara membuat es krim tanpa mesin, jadi bisa dapat agan praktekan di rumah,  memakan hasil buatan sendiri di rumah terasa lebih enak dan nikmat dan terasa puas gimana gitu.

CARA MEMBUAT ES KRIM

cara membuat es krim

pixabay.com

Cara membuat es krim bisa dibilang gampang-gampang susah, es krim juga berbagai banyak variasi dan rasa nya yang bebeda-beda, tentu nya tertarik bukan untuk kita rasakan, terutama bagi pecinta es mania, berikut ini saya akan memberikan tips cara membuat es krim dengan mudah untuk agan-agan simak di bawah ini.

Cara Membuat Es Krim Coklat

cara membuat es krim

craftlog.com

Bahan-bahan yang harus di siapkan :

  • 1 kaleng susu kental manis
  • 10 sendok makan tepung maizena
  • ¾  gelas gula pasir
  • 2 sendok makan sp
  • Santaln kara ukuran 65 ml 1 bungkus
  • 8 kaleng air (gunkan kaleng bekas susu)
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram bubuk coklat

Cara Membuatnya :

Campurkan tepung maizena, garam, santan, air, vanili dan gula, masak menggunakan api kecil sembari terus diaduk hingga meletup, setelah itu angkat dan tuang di dalam tempat, setelah dingin anda bisa tambahkan susu kental manis lalu mix sebentar sampai rata terus di bekukan melalui freezer sampai setengah beku saja baru keluarkan dari freezer.

Setelah melakukan tahap-tahap di atas tempatkan dalam wadah yang besar kemudian tambahkan sp yang sebelumnya telah di cairkan terlebih dahulu, mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang sekitar 20-30 menit, tambahkan bubuk coklat sambil terus diaduk sampai merata, tuang es krim dalam cup es krim dan bekukan di freezer, Es krim siap di makan.

Es krim Buah Rasa Mangga

cara membuat es krim

mychocoindonesia.com

Bahan-bahan yang harus di siapkan.

  • susu kental manis 100 ml
  • whipped cream 150 g
  • air es 200 ml
  • mangga 3 buah.

Cara membuatnya:

Sediakan 1 atau 2 buah mangga lalu di kupas kemudian blender sampai halus tidak usah memakai air, terus sisihkan, tambahkan air pada whipped cream terus di kocok hingga mengental, setelah itu terjadi campur mangga yang telah diblender tadi ke dalamnya, sehabis itu kocok hingga semua tercampur dengan sempurna.

Selama 10 menit didiamkan dulu adonon es krim tersebut, setelah itu masukkan ke dalam lemari es atau freezer, tunggu selama 15 menit, kemudian aduk kembali es krim tersebut, lakukan sebanyak 3 kali supaya anda mendapatkan hasil tekstur es krim yang lembut dan halus tentu nya sedap dan enak, terakhir masukkan dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku secara sempurna.

Resep Membuat Es krim Vanilla

cara membuat es krim

membuat.info

  1. Susu segar 1 L
  2. Gula Pasir 200 g
  3. Kuning telur ayam 4 butir, di kocok
  4. Tepung meizena sebanyak 15 g
  5. Vanili 1 sendok makan

Cara membuatnya:

Tuangkan susu segar dan gula pasir ke dalam panci yang ada, terus masak hingga mendidih sambil di aduk-aduk, ambil 1 sdm susu, campurkan dengan tepung meizena, aduk lagi sampai larut, setelah campuran tersebut telah tercampur sempurna, tuangkan ke dalam rebusan susu pertama dan kemudian aduk rata.

Terus tambahkan vanili, aduk lagi sampai rata, sebelum itu saring susu menggunakan kain tipis ke dalam tempat lain, susudah susu tersaring secara sempurna, tuangkan kuning telur ke dalamnya, aduk hingga rata, masukkan kuning telur secara perlahan, diamkan selama 10 menit saja, terus masukkan ke dalam lemari es.

Tunggu es krim itu selama 15 menit, sesudah itu aduk kembali es krimnya, lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali supaya mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut, langkah terakhir masukkan ke dalam freezer dan diamkan di dalam kulkas selama 8 jam agar bisa dapat membeku sempurna dan memakan nya dengan mantap.

CARA MEMBUAT ES KRIM GORENG

cara membuat es krim

www.kulineri.com

Cara membuat es krim goreng di Indonesia sendiri bisnis es krim goreng termasuk bisnis yang menguntungkan, selain cara membuat kulit es krim gorengnya tanpa menggunakan mesin, es krim goreng dengan roti tawar ini sangat disukai semua orang baik itu anak-anak atau orang dewasa, ternyata di Amerika utara es krim goreng itu sangatlah populer dan es krim goreng juga merupakan makanan penutup.

Makanan ini dibuat dengan mengambil satu sendok es krim yang sangat dingin dan terjaga suhunya, dan diolesi dengan telur mentah, digulingkan dengan cornflakes atau remah-remah biskuit, kemudian digoreng dalam waktu tidak usah terlalu lama.

Pada saat digoreng tidak perlu khawatir akan melelehnya es krim ini karena suhu nya yang dingin tidak akan membuat nya meleleh, sesudah digoreng, es krim ini diberi kayu manis, gula atau sedikit sentuhan daun mint, walaupun krim kocok dan madu kadang juga ditambahkan.

Berikut simak di bawah saja cara pembuatannya:

Es Krim Vanila Goreng

cara membuat es krim

travel.tribunnews.com

  • 2 scoop es krim vanila
  • 1 1/2 cangkir remahan kue/ biskuit (kamu bisa memilih biskuit kesukaan lalu hancurkan)
  • 3/4 cangkir remahan corn flakes/ sereal
  • 2 butir telur (disesuaikan dengan berapa jumlah bola es krim yang akan dibuat)
  • 1/2 cangkir gula halus
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • Minyak bunga matahari (jika tidak ada anda bisa menggunakan minyak goreng biasa)

Cara membuatnya:

  • Sediakan loyang kue yang telah dilapisi plastik, bentuklah es krim vanila menjadi bola-bola dengan ice cream scoop, kemudian masukkan dalam freezer hingga keras sekitar 2-3 jam saja. bika ingin tekstur keras yang maksimal, anda bisa mendiamkannya 7 jam atau 8 jam saja.
  • Tempatkan remahan kue/biskuit ke dalam mangkuk, lalu smbil bola-bola es krim satu per satu, kemudian gulung-gulung es krim ke remahan kue/biskuit, tipis saja, tidak usah tebal-tebal, sehabis itu, masukkan lagi bola-bola yang berbalut remahan kue/biskuit tipis ke dalam freezer dan kemudian diamkan selama  30 menit.
  • Pecahkan 2 butir telur dan kocok di dalam mangkuk, gulingkan es krim ke telur dan ke mangkuk berisi remahan kue/ biskuit dengan merata dan tebal, masukkan lagi ke freezer selama 1 jam, setelah itu, masukkan lagi ke telur dan gulungkan ke mangkuk berisi remahan corn flakes/ sereal, kembalikan lagi ke freezer dan diamkan 30 menit.
  • Menggoreng es krim panaskan minyak dengan suhu mencapai 375 derajat, lalu goreng es selama 20 detik, segera tiriskan, campurkan gula halus dan kayu manis di mangkuk kecil, kemudian taburkan campuran  gula dan kayu manis ke bola-bola goreng hingga merata ke semua sisi.
  • Bola-bola es krim goreng pun siap dinikmati, anda bisa menambahkan sirup cokelat atau rasa lain yang kamu suka untuk dilumurkan di bagian atas untuk penyajian dan memberi tambahan sensasi rasa.

CARA MEMBUAT ES KRIM POT

cara membuat es krim

www.hipwee.com

Cara membuat es krim pot seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa es itu bermacam variasi dan jenis nya, agar mendapat menggoda selera, es krim perlu disajikan dengan cara yang unik, contohnya disulap jadi pot tanaman berry, cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, cukup dengan mengandalkan es krim instan yang sudah jadi atau bikin sendiri dengan resep yang anda bisa sajikan pot tanaman berry yang bisa dikonsumsi.

Berikut cara membuat es krim pot.

Es Krim Pot Berry

cara membuat es krim

web.facebook.com

Bahan yang kamu butuhkan :

  • 1 bungkus bubuk es krim instan
  • 350 ml susu kental
  • 8 keping oreo, hancurkan
  • Daun mint
  • Buah berry
  • Pot bunga kecil
  • dan plastik

Cara membuatnya :

  • Pertama-tama, masukkan es krim, susu, dan 3 keping oreo pada wadah. Lalu haluskan dengan mixer dan masukkan dalam pot kecil yang sudah dilapisi plastik. Kemudian dinginkan pada freezer.
  • Lalu taburkan sisa oreo di atasnya agar terlihat seperti tanah.
  • Agar lebih menyakinkan, tambahkan buah berry dan daun mint beserta batangnya.
  • Dinginkan lagi dan siap dinikmati.

sangat mudah bukan dan terimakasih semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply