Contoh Proposal Kegiatan Dan Macam-Macam Proposal

Proposal ialah pengajuan rencana skema secara sistematis dan terperinci yang dituangkan dalam bentuk palning kerja, biasanya sebuah proposal dimaksudkan untuk mendapatkan bantuan dana atau izin dari seseorang maupun instansi agar kegiatan yang direncanakan dapat berjalan lancar.

Sebuah proposal harus disusun sebaiknya supaya dapat memudahkan pemahaman rencana kegiatan yang diajukan, hal ini sangat penting, Karena apa? karena penjelasan yang tertuang di dalamnya akan memberikan peranan yang besar terhadap sebuah proposal bantuan kegiatan.

Proposal kegiatan bukan hanya sekedar tanda tangan dan pencairan dana saja, karena pada penulisan nya lebih dari itu, proposal kegiatan bisa membuka lebih banyak peluang dalam hal promosi relasi bisnis, kerja sama, pendanaan, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa contoh proposal yang biasa dibuat pada umumnya tidak hanya dalam kalangan organisasi namun dilingkungan sekolah juga sering membikin proposal untuk kegiatan dalam lingkup sekolah, contohnya proposal kegiatan pentas seni (Pensi), proposal yang seperti ini sering digunakan dengan tujuan meminta dukungan untuk mensukseskan kegiatan tersebut, selain contoh proposal kegiatan, ada beberapa contoh proposal yang lainnya ialah seperti proposal penelitian, proposal usaha, proposal bisnis dan jenis lainnya.

MAKSUD DAN TUJUAN PROPOSAL

contoh proposal

renespool.wordpress.com

Maksud dan Tujuan proposal berdasarkan perkara penelitian tersebut, penelitian dimaksudkan untuk mengungkap seberapa besar pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri, dengan maksud tersebut maka tujuan penelitian adalah berikut :

  • Untuk menganalisis pengaruh Budaya kerja terhadap Produktivitas kerja pegawai pada pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri.
  • Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja pegawai pada pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian dalam Negeri.
  • Untuk menganalisis pengaruh budaya kerja dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai pada pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian dalam Negeri.

FUNGSI PROPOSAL

contoh proposal

www.slideshare.net

Berikut adalah fungsi-fusngsi proposal yaitu:

  • Guna melakukan penelitian yang berkenaan dengan masalah agama, politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya.
  • Guna mendirikan usaha kecil, menengah maupun besar.
  • Guna mengajukan tender dari lembaga pemerintah atau swasta
  • Guna mengajukan kredit pada bank
  • Guna mengadakan kegiatan atau acara seperti seminar, diskusi, pelatihan dan lain sebagainya.

TUJUAN PROPOSAL

contoh proposal

id.pinterest.com

Tujuan proposal ialah rencana yang dituangkan dalam bentuk desain kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan jeli yang dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian baik itu di bidang penelitian lapangan maupun penelitian di perpustakaan.

  • Mencapai bantuan dana
  • Mencapai dukungan
  • Mencapai perizinan
  • Guna mendapatkan bantuan dana
  • Guna mendapatkan dukungan
  • Guna mendapatkan perizinan

STRUKTUR PROPOSAL

contoh proposal

pintubelajarcerdas.blogspot.co.id

Struktur proposal- dalam membikin proposal ada beberapa konsep kerja yang dituangkan dalam konsep guna memproleh target tertentu, proposal lebih dari satu macam antara lain Proposal Penelitian, Proposal kegiatan, Proposal bisnis dan lainnya.

Dalam pembuatan proposal memiliki tujuan untuk mengajukan konsep kerja yang akan dilakukan untuk proposal kegiatan tersedia lebih dari satu struktur yang mesti diperhatikan dalam pembuatannya.

Meskipun Proposal kegiatan hampir sama dengan makalah namun punya lebih dari satu perihal yang berbeda-beda. untuk struktur dan cara pembuatan proposal kegiatan yaitu sebagai berikut.

Sampul

Proposal kegiatan memiliki sampul memakai simbol kegiatan atau sanggup memakai logo organisasi, disampul termasuk ditulis Nama kegiatan yang akan dilaksanakan, di bagian bawah ditulis instansi pelaksana kegiatan.

Latar Belakang

Dalam segi menulis latar belakang harus dikatehui, tidak semertamerta latar belakang di tulis namun latar belakang perlu diawali ke tentang yang berupa umum ke perihal yang khusus.

Nama Kegiatan

Nama kegiatan ialah nama yang akan tuangkan terhadap kegiatan tersebut.

Tema

Tema kegiatan yang ditulis sesuai dengan tema yang diresmikan secara bersama dengan terhadap forum atau tema yang sudah ada sebelumnya.

Tujuan

Tujuan kegiatan ialah target dilaksanakannya kegiatan tersebut dan mecakup alasan kesibukan ini.

Jenis Kegiatan

Jenis kesibukan atau metode yang akan dilaksanakan, seluruh model kegiatan perlu ditulis gara-gara instansi akan memandang banyaknya kegiatan yang sudah direncanakan, setiap kegiatan mesti dijelaskan maksud dan tujuannya.

Promosi

Sarana promosi ialah keuntungan dari sponsor sarana promosi merasa dari umbul-umbul, pakaian, pamplet, browsure, spanduk, audio dan Hitungan bagian persen sponsor, besar persen yang disumbangkan oleh sponsor menentukan besar atau kecilnya simbol sponsor tertentu.

 Anggaran

Etimasi anggaran ialah kuantitas alokasi total dana yang akan digunakan, harus ditulis secara lengkap dengan harganya, mulai dari perlengkapan, administrasi, komsumsi, piala, plakat, panggung, sound dan lainnya sebagainya, atimasi anggaran ialah tentangl penting  yang utama diperiksa oleh instansi yakni anggaran tersebut.

Penutup

Penutup ialah permuhonan tanda terima kasih sekaligus permintaan maaf oleh instansi, tanda tangan dan stempel harus disediakan sah tidaknya proposal tersedia terhadap tanda tangan dan stempel.

Susunan Kepanitiaan

Dalam menentukan susunan proposal tidak semata-mata itu instansi terhitung perlu mampu mengurus seperti kepanitiaan, paham ketua panitia dan penanggung jawab kegiatan, SK terlampir di belakang penutup namun boleh terhitung di awal penutup.

MACAM-MACAM PROPOSAL

contoh proposal

contohmulan.blogspot.com

Macam-macam proposal- proposal merupakan pedoman kerja, gambar atau peta perjalanan lengkap yang akan dilalui selama melakukan kegiatan, dengan gambaran menyeluruh atau lengkap mengenai lingkup dan urutan kegiatannya, tenggang waktu, saat mulai, serta saat harus berakhirnya pelaksanaan dari masing-masing kegiatan, pihak-pihak lain yang terkait dan harus dihubungi, sarana yang harus dibutuhkan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah macam-macam proposal.

Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah proposal yang digunakan untuk mengajukan sebuah kegiatan baik individu atau kelompok, acuan, usulan, konsep dan ide yang terdapat pada proposal ini berisi tentang kegiatan yang akan diselenggarakan, proposal kegiatan bisa berfungsi guna mengadakan acara seminar, diskusi, pelatihan dsb, sebagai berikut, proposal kegiatan pentas seni budaya, ataupun manfaat dari pembuatan proposal kegiatan yaitu.

  • Seperti rencana yang dapat mengarahkan panitia kegiatan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
  • Semacam acuan informasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam melakukan kegiatan tersebut.
  • Secara tidak langsung, sebagai bahan yang dapat menjelaskan pada pihak-pihak yang ingin mengetahui segala kegiatan tersebut.
  • Memberikan kemudahan untuk penyelenggara supaya mendapatkan dukungan.
  • Menyakinkan para sponsor yang dapat memberikan dukungan secara material ataupun finansial untuk mewujudkan kegiatan sesuai dengan rencana tersebut.

Proposal Penelitian

Merupakan jenis proposal yang sering digunakan di kalangan akademik dan berisi tentang pengajuan kegiatan penelitian, proposal ini berisi tentang gambaran singkat mengenai penelitian yang akan dilakukan, seperti topik, masalah yang diangkat, latar belakang penelitian.

Waktu dan tempat penelitan, proposal penelitian juga berfungsi untuk melakukan penelitian yang bersangkutan dengan agama, sosial, politik, ekonomi, budaya,sebagai contoh, proposal penelitian untuk membuat skripsi, tesis dan penelitian lainnya, maupun manfaat dari pembuatan proposal penelitian berikut ulasannya :

  • Sebagai acuan peneliti bilamana melakukan penelitian.
  • Bisa juga memberikan gambaran singkat mengenai rencana penelitian yang meliputi latar belakang permasalahan, landasan teori dan metodologi yang akan digunakan.
  • Sebagai bahan evaluasi atau pertimbangan pihak terkait yang berwenang untuk menyetujui maupun menolak rencana penelitian.
  • Bisa juga sebagai sarana yang dapat digunakan untuk mengajukan dana penelitian terhadap pihak terkait.

Proposal Usaha

Rancangan rencana kerja yang ditujukan kepada sekelompok orang untuk melakukan suatu usaha biasanya ditujukan kepada para investor, proposal ini berasal tentang gambaran singkat mengenai profil usahanya, kelebihan dari usaha yang ditawarkan, penggambaran keuntungan dan kerugian yang diterima adapun hak-hak dan kewajiban dari masing-masing pihak yang harus dipenuhi, rincian anggaran operasional, peraturan-peraturan yang mengatur hubungan sekelopok pihal, contohnya: investor dengan pemilik usaha, antar investor, ya seperti itu.

Proposal Wirausaha

Yang harus diperhatikan dalam pembuatan proposal kepada siapa proposal tersebut ditunjukan, apakah kepada:

  • Owner: pihak intern orang yang tingkatnya tidak rendah, contoh: yayasan, ikatan dari departemen kaderisasi KMPM kepada KMPM.
  • Mitra: partner yang akan diajak kerjasama disini harus ada kerjasama antara masing-masing pihak.
  • Sponsor: yang penting dapat menggambarkan feedbackprofit untuk pihak sponsor.
  • Lembaga Perijinan.

Biasanya lembaga atau pengusaha sponsor pencairan dana kegiatan dikarenakan:

  • Sesuai dengan pedoman dan kriteria sponsor, pendonor.
  • Persoalan nya serius.
  • Ragam kegiatan nya inovatif dan sangat strategis.
  • Dapat dukungan data dan urgen.
  • Terus menerus dan tidak berhenti atau berkelanjutan.
  • Tidak bertentangan dengan pembangunan.
  • Dapat memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.
  • Kesan pertama proposal.
  • Bersih, rapih, mudah dibaca dan dapat dimengerti.
  • Menarik penampilannya, sehingga dapat membuat orang tertarik untuk melihat dan membacanya.
  • Isinya singkat, padat, dan jelas.
  • Menjajikan hal yang positif.

BENTUK PROPOSAL

contoh proposal

satujam.com

Bentuk proposal dalam segi bentuknya dibagi menjadi 3 yakni sebagai berikut :

Proposal Formal

Pada proposal formal, isi proposal terdiri dari 3 bagian utama yakni pendahuluan, isi dan pelengkap penutup, pada bagian pendahuluan, penulis harus mencantumkan sampul dan halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi dan permohonan. Sedangkan pada bagian isi terdiri dari latar belakang, pembahasan masalah, tujuan penelitian, teori dasar, metodologi.

Maupun  susunan panitia, keuntungan atau kerugian, waktu dan biaya jika di masukan tak apa, setelah itu pada bagian penutup, penulis dapat mencantumkan kesimpulan dan saran, daftar pustaka, lampiran, tabel, harus diingat bahwa bagian masing-masing proposal formal pun berbeda sesuai dengan tujuanya.

Proposal Semi Formal

Isi dari proposal semi formal itu tidak selengkap proposal formal dan hampir sama dengan proposal non formal.

Proposal Non Formal

Proposal non formal ini umumnya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat dan setidaknya mengandung hal-hal berikut seperti masalah saran, pemecahan dan permohonan.

 

Leave a Reply