Apakah Fungsi Seni Itu? Berikut Penjelasannya

Fungsi seni atau seni pada dasarnya ialah proses oleh manusia, baik itu seni rupa, seni tari dan seni musik, yang memiliki fungsi berbeda-beda, seni dapat dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia, seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung nilai keindahan sendiri.

Seni bisa dibilang sulit untuk dinilai dan sulit dijelaskan, karena masing-masing individu dari artis itu sendiri memilih peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni ialah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.

Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin, fungsi seni yang memiliki nilai kehidupan gambar yaitu seperti, seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Fungsi Seni

fungsi seni

www.slideshare.net

Fungsi seni dibagi menjadi dua yaitu fungsi sosial dan fungsi individu.

Baca juga: Kumpulan Gambar 2 Dimensi Dan Karya Seni 3 Dimensi

Fungsi Individu

fungsi individu

http://masa-bro.blogspot.com

Fungsi individu adalah suatu fungsi seni yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan pribadi, berikut penjelasannya.

  • Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Pada hakekatnya manusia ialah makhluk homofaber yang mempunyai kecakapan untuk apresiasi pada nilai keindahan dan pemakaian suatu benda, seni terapan memang mengacu kepada pemuasan kebutuhan fisik sehingga menjadi sesuatu hal yang sangat penting.

  • Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Emosional  

Seorang memiliki sifat yang bebeda dengan manusia lain, bisa dinilai dari kehidupan seseorang itu sendiri, dilihat dari segi pengalaman hidup nya, apakah seseorang itu pernah mengalami sesuatu problem masalah hidup seperti, galau, marah, sedih, sakit, lelah, cinta, senang dan lain-lain, manusia dapat merasakan hal semacam itu, dan memang sangat wajar/normal.

Baca juga: 10+ Macam Macam Seni Dan Penjelasannya

Maka dari itu hal yang penting untuk kebutuhan emisional manusia memerlukan dukungan dari seseorang agar dapat bersifat gembira tidak stres lagi, salah satu contoh agar dapat menyenangkan hatinya ialah dengan cara melakukan aktivitas seperti jalan-jalan di tempat rekreasi melihat festival musik dan masih banyak lagi.

Seseorang yang mempunyai estetikanya lebih banyak maka memiliki kepuasan yang lebih banyak pula. Sedangkan seniman ialah seorang yang mampu mengapresiasikan pengalaman dan perasaannya dalam sebuah karya seni, baik itu seni kriya, seni patung atau seni rupa murni, yang diciptakannya, hal ini juga diyakini olehnya sebagai sarana memuaskan kebutuhan emosional dirinya, dan menjadikan nilai yang kreatif, sedangkan dalam segi sosial sebagai berikut.

Fungsi Sosial

 

fungsi sosial

tangamesyu.blogspot.com

Fungsi sosial juga sangat penting untuk dukungan fungsi seni karena manusia adalah makhluk sosial yang artinya adalah memang ada sejak lahir dan berikut penjelasnya.

Baca juga: Pengertian Seni Dan Unsur Unsur Seni Rupa

  • Fungsi Agama 

Fungsi sosial memiliki fungsi keagamaan dan religi, contoh nya ialah kaligrafi, busana islami dan musik islami, sedangkan seni bisa digunakan untuk festival atau upacara pernikahan, dan lain-lain.

  • Fungsi Pendidikan

Sedangkan dalam fungsi pendidikan dapat dilihat dari dalam musik, seperti ansambel karena dilakukan berkelompok, tidak sendiri atau sesuatu yang berkelompok lain nya ialah seperti gamelan dan angklung, yang mempunyai musik pendidikan, dan terdapat nilai sosial.

  • Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi sebagai media komunikasi contohnya seperti kritik sosial, kebijakan, gagasan, guna memperkenalkan kepada masyarakat, contohnya  wayang orang, wayang kulit, seni teater, seni lukis, dan masih banyak lagi.

  • Fungsi Rekreasi

Fungsi rekreasi terbilang memiliki kesan yang penting, karena untuk menghilangkan kejenuhan, kegalauan, stres, dan lain-lain, menghilangkan kepenatan yang ada dalam pikiran yaitu dengan berjalan-jalan karena bisa membantu menengkan pikiran.

  • Fungsi Artistik

Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dengan menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersil, contohnya musik kontemporer, seni rupa kontemporer, seni rupa modern, atau seni yang tidak bisa dinikmati oleh pengunjung dan hanya bisa dinikmati oleh para seniman saja.

  • Fungsi Guna

Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) atau pun dalam proses penciptaan mempertimbangkan aspek kegunaannya, seperti perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dari rotan atau gerabah.

  • Fungsi Kesehatan

Seni juga bisa bersifat sebagai fungsi kesehatan, contohnya, pengobatan penderita gangguan physic atuapun medis distimulasi melalui terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien), disini peran musik begitu penting karena bisa menyembuhkan, yang mengandung autisme, gangguan psikologis atau sesuatu kejadian seperti trauma.

Leave a Reply