Pendakian Gunung Slamet Dan Pos Yang Terkenal Kemistisan nya

Gunung Slamet adalah gunung yang masih aktif, ada di pulau jawa, indonesia. Tepatnya di provinsi jawa tengah, gunung ini melintasi beberapa kabupaten yaitu : kabupaten banyumas, kabupaten brebes, kabupaten tegal, kabupaten purbalingga, dan kabupaten pamalang. ( Wikipedia )

PEMBERANGKATAN KE BASECAMP BAMBANGAN

gunung slamet

Sebelum berangakat ke basecamp bambangan dari hasil rapat kami sepakat untuk menggunakan jasa tranportasi kereta api dan memilih jalur bambangan, selain pemandangan yang indah jalur ini juga banyak diminati para pendaki, karena jalur ini standar untuk para pendaki.

Kami beranggota lima orang dan perjalanan kami di mulai dari stasiun Haurgeulis dengan menggunakan kereta api ekonomi kutojaya tujuan purwokerto pada tanggal 14 Oktober 2016 dengan tarif normal Rp.95000/ orang.

Dari haurgeulis kereta tiba pada pukul 07:25 Wib sampai di purwokerto sekitar pukul 10:50 Wib. Tibalah di stasiun purwokerto kami pun berdiskusi karena anggota kami tidak ada satupun yang tau jalan alias buta peta, selesai diskusi kami pun melanjutkan perjalanan untuk menggunakan angkutan umum dengan tujuan terminal purwokerto.

Sampai di terminal purwokerto dengan memakan waktu sekitar 45 menit dan tarif angkot Rp. 7000, baru saja turun dari kendaraan, anggota kami di datangi sekelompok orang saya kira wartawan ternyata bukan ini adalah para calo, kami berusaha untuk tidak menghiraukan mereka dan terus berjalan untuk melanjutkan perjalanan.

Di terminal ini kami melanjutkan perjalanan menggunakan bus yang bertujuan pertigaan bobot sari, dengan memakan waktu sekitar 1 jam dan tarif bus Rp. 25,000, sampai di pertigaan bobot sari kami masih melanjutkan perjalanan menuju Basecamp Bambangan dengan perjalanan menggunakan angkutan umum.

Sebelum menaiki angkutan umum anggota kami beristirahat sejanak untuk berbelanja sedikit makanan ringan, selesai istirahat dan belanja kami belanjutkan perjalanan, sebelum berngkat kami agak sedikit berbicang untuk bernegosiasi sama supir tentang tarif kendaraan, setelah sudah sepakat kamipun melanjutkan perjalanan menuju Basecamp Bambangan.

Dari pertigaan bobot sari menuju Basecam bambangan memakan waktu sekitar satu setengah jam dengan tarif kendraan Rp. 25,000, sebelum sampai di Basecamp Bambangan Berhenti sejenak di pertengahan perjalanan kami belanja sayuran untuk menambah menu logistik, setelah sudah mendapatkan sayuran kami melanjutkan perjalanan sampai di Basecamp Bambangan pada pukul 15:30 Wib.

JALUR PENDAKIAN GUNUNG SLAMET

GUNUNG SLAMET

najihullah.blogspot.co.id

ada beberapa jalur resmi gunung slamet antara lain yaitu:

  • Jalur Bambangan, desa Bambangan Kabupaten Pemalang
  • Jalur Kaliwadas, desa Dawehan, kecamatan Sirampong, kabupaten  Brebes
  • Jalur Guci, desa Guci, kecamatan Coblong, kabupaten Tegal
  • Jalur Baturaden, kabupaten Purwokerto
  • Jalur Sawangan, desa Sigedong, kecamatan Bumijawa, kabupaten Tegal
  • Jalur Kaligua, desa Pandasari, kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes

 

MULAI PENDAKIAN

GUNUNG SLAMET

Kami mulai pendakian dari Basecamp bambangan, setelah selesai beristirat dan menyeselaikan registrasi kami beranjak untuk memulai pendakian gunung slamet yaitu pada pukul 16,30 Wib dengan tujuan ngecamp di pos 1 (pondok gemirung) dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 30 menit tiba di pos 1 pada pukul 18,30 Wib

POS 1 (PONDOK GEMIRUNG)

gunung slamet

banyuwangi.club

Waktu berlarut malam dan kabut semakin pekat Sebelum pos 1 (pondok gemirung) di anatara anggota kami di kejutkan dengan kejadian-kejadian aneh, tak heran bila di gunung terdapat kejadian seperti itu, biasa saja terus berjalan sembari berdo’a, kami telah sampai di pos 1 segara mungkin untuk mendirikan tenda dan mempersiapkan makan malam

Menjelang pagi atau hari ke dua setelah bermalam di pos 1 kami di kejutkan dengan keindahan awan yang begitu mempesona,setelah menikmati keindahan alam dan hangat nya kopi di pagi hari, kami bergegas kembali mempersiapkan untuk melanjutkan perjalanan.

POS 2 (PONDOK WALANG)

gunung slamet

dari pos 1 ke pos 2 memakan waktu 2 jam, trek agak menanjak dan lebih berat dari sebelum nya, seperti biasa setiap pos kami berhenti sejenak untuk beristirahat dan tak lupa mengabadikan momen atau berpoto-poto.

Selesai beristirahat di pos 2 (pondok walang) kami melanjutkan perjalanan ke pos 3 (pondok cemara) pos 2 ke pos 3 ini bisa di bilang jalur neraka, karena jalur ini begitu terjal dan terus menanjak, jarak tempuh pos 2 ke pos 3 sekitar 1 jam setengah.

POS 3 (PONDOK CEMARA)

gunung slamet

tonydreamtheater.wordpress.com

Sampai di pos 3 (pondok cemara) di pos ini kita masih bertemu warung dan ngopi sejenak, kami berlanjut menuju pos 4 (samarantu) kali ini trek agak sedikit bersahabat namun tetap menanjak, pos 3 menuju pos 4 memakan waktu sekitar 1 jam setengah.

Di tengah perjalanan menuju pos 4 (samarantu) hujun pun tiba kami bergegas memakai jas hujan dan bertemu bapak-bapak, bapak itu menyampaikan pesan supaya agar jangan mendirikan tenda di pos 4 (samarantu) karena pos ini terkenal dengan aura mistisnya.

POS 4 (PONDOK SAMARANTU)

gunung slamet

mamangganteng.blogspot.co.id

Kali ini kami tidak beristirahat di pos 4 (pondok samarantu) dan melanjutkan perjalanan ke pos 5 (MATA AIR).

POS 5 (MATA AIR)

GUNUNG SLAMET

simple-wanderer.blogspot.co.i

pos 4 menuju pos 5 ini sedikit cepat karena pos ini berjarak tidak jauh sekitar 45 menit, pos ini terdapat sumber mata air, dan tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda (selain pos 7), Selesai beristirahat kami melanjutkan perjalan ke pos 6 (samyang RANGKAH) dengan jarak sekitar 30 menit.

POS 6 (SAMYANG RANGKAH)

GUNUNG SLAMET

najihullah.blogspot.co.id

Di pos 6 ini trek mulai sedikit landai dan tanah sempit yang ada di jalur pendakian, sebelum pos 7 ada dataran yang bisa di dirikan tenda, setelah melewati trek tanjakan sempit akan tiba di pos 7.

POS 7 (SAMYANG KENDIL)

gunung slamet

mepauns.wordpress.com

Tiba di pos 7 kami mendirikan tenda dan untuk ke puncak pagi hari, pos ini tempat favorit untuk para pendaki karena pos ini tidak jauh dari puncak, Mengejar Sunrise adalah hal yang kami tunggu-tunggu ketika mendaki gunung, Pada pukul 04:30 kami melanjutkan perjalanan Summit ke puncak gunung slamet.

Hujan rintik-rintik tidak menghalangi kami untuk melakukan Summit dan terus berjalan se akan kaki ini tak mudah menyerah, trek masih menanjak dan sedikit terbuka ketika sudah melewati hutan dan batas vegetasi dari sini puncak gunung slamet sudah mulai terlihat dan masih ada beberapa pos yang harus kami lalui.

POS  8 (SAMYANG JAMPANG)

gunung slamet

mepauns.wordpress.com

Setelah melintasi batas vegetasi dan melewati pos 8 (SAMYANG JAMPANG) trek semakin menarik jalur yang kami lewati cukup membuat kami berhati-hati selain licin trek ini juga rawan longsor karena babatuan mudah jatuh dan bisa membahayakan pendaki lain yang berada di bawah, Dengan sangat hati-hati dan perlahan tapi pasti akhir nya kami sampai di atap puncak tertinggi di jawa tengah (Gunung Slamet).

PUNCAK GUNUNG SLAMET

gunung slamet

Telah sampai ke puncak gunung slamet ternyata sudah ada dua anggota pendaki lain nya yang sudah duluan sampai ke puncak gunung slamet, kamipun menghampiri mereka dan bersalaman, Sesudah itu apa yang harus di lakukan pendaki ketika sampai di puncak gunung? tentu saja untuk mengabadikan momen atau berpoto-poto, letsgooo…

Leave a Reply