Cara Mudah Merawat Kucing Anggora Yang Baik Dan Benar

Awal mula Kucing Anggora yaitu berasal dari wilayah pegunungan di Turki, cara berkembang biak hewan ini  yaitu dengan mempunyaii bulu-bulu panjang yang berfungsi untuk melindungi badannya, terutama yaitu ketika musim dingin tiba, katanya Kucing jenis Anggora itu berasal dari kucing biasa yang berevolusi seiring dengan tempat hewan tersebut hidup.

Pada masa abad ke 16 Sultan Turki memberi hadiah Kucing Anggora kepada Raja di Inggris, di sini kucing anggora awal mula terkenal di benua eropa, sedangkan jenis Kucing ras ini pertama kali masuk ke Amerika pada tahun 1954, dan sekarang sudah berkembang biak secara baik dan sudah menyebar ke seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Salah satu jenis kucing ras ini paling sering banyak diminati untuk dipelihara adalah Kucing Anggora, kerana kucing lucu ini merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki tubuh yang cantik, cerdas dan pastinya bikin gemas. banyak berbeda-beda jenis kucing, berbeda dengan jenis kucing pada umumnya, hewan ini suka jika dimandikan dan cepat apabila dalam berinteraksi dengan manusia.

Banyak keunikan pada Kucing Ras ini yang membuat banyak orang berminat untuk memeliharanya. salah satu fakta uniknya adalah kucing anggora tercantik di dunia, bersaing dengan kucing ras lainnya, seperti kucing Persia dan kucing cantik lainnya.

ANAK KUCING ANGGORA

kucing anggora

kucingpedia.com

Anak kucing anggora- hal yang perlu di perhatikan adalah apabila anak kucing yang beranjak baru lahir harus di komsumsikan makan susu kolostrum ibunya, sampai berusia sekitar umur 5 minggu, anak kucing yang baru lahir harus mengkonsumsi susu induknya, penyapihan harus dilakukan bertahap, pada tahap ini system pertahanan tubuh anak kucing mulai berkembang.

Makanan anak kucing harus mengandung nutrisi berenergi tinggi, lengkap dan seimbang, mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin dan mineral mikro dan juga sesuai kebutuhan anak kucing, meskipun kucing adalah karnivora sejati, makanannya mungkin mengandung nutrisi biji-bijian berkualitas tinggi, sehingga mudah dicerna dan tidak menyebabkan penyakit.

Seperti itu, kemampuan untuk mencerna pati gandum berkembang secara progresif di anak kucing itu, grain mengandung banyak asam amino esensial untuk pertumbuhan, yang kemudian akan ditambahkan taurin yang berasal dari hewan, taurin mutlak diperlukan oleh spesies kucing.

Untuk memilih jenis pakan harus semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang, isinya dapat diperkaya dengan sejumlah nutrisi yang mendukung pertahanan alami dan dengan EPA dan DHA untuk perkembangan terbaik dari sistem saraf pusat, jika anda tidak ingin anak kucing makan satu jenis makanan, anda bisa memberikan makanna basah dan kering yang penting adalah memilih makanan Kesehatan yang cocok dengan kebutuhan gizi anak kucing dan secara bertahap melakukan transisi dari makanan cair ke makanan padat.

CARA MERAWAT KUCING ANGGORA

kucing anggora

kucingpersia-indonesia.blogspot.co.id

Cara merawat kucing anggora tentu nya kita harus memperhatikan dan menjaga kucing itu tetap dalam keadaan yang baik dan sehat, berikut adalah langkah-langkah yang benar.

1. Memberi Makan

Jika anda melihara kucing yang masih bayi atau baru lahir maka anda harus tahu cara memberinya makan dengan mengganti susu induknya, anda bisa menggantinya dengan berbagai jenis susu bubuk yang bisa dengan mudah di dapatkan di klinik hewan maupun di petshop, tapi anda harus benar-benar teliti dan memperhatikan dosisnya.

2. Gunakan Botol Susu

Untuk memberikan susu pada anak kucing anda di wajibkan untuk menggunakan botol susu khusus kucing yang mempunyai dot khusus pula, cari botol susu tersebut  di toko hewan peliharaan dan bisa juga mencari dan memesan nya di internet, bahkan anda bisa menggunakannya dengan cara meneteskan susu bubuk yang telah di seduh langsung ke mulut anak kucing anggora tersebut, ini biasanya di lakukan jika terjadi suatu keadaan yang mendesak.

3. Pancing Anak Kucing Anggora Untuk Bak

Memancing anak kucing untuk BAK ialah salah satu hal yang penting dalam cara merawat bayi kucing, cara merangsangnya tidak begitu sulit, anda hanya perlu melakukan upaya mengusap bagian bawah anak kucing anggora dengan kain kasa atau handuk yang telah di rendam dengan air hangat sebelum melakukan terlebih dahulu sebelum ia makan.

Jika anda ingin membersihkan anus dan bagian kelamin setelah makan kemudian letakkan anak kucing anggura di dalam kotak pasirya agar ia terlatih membuang kotoran sekaligus buang air kecil, untuk menghindari iritasi maka cuculah alat kelamin anak kucing tersebut secara searah bukan bolak balik.

4. Perhatikan Ciri-Ciri Feses Dan Urine Yang Sehat

Perhatikan 2 hal penting tersebut karena anak kucing anggora akan lebih rawan terkena serangan penyakit, biasanya urine anka kucing anggora yang ternyata sehat tidak akan menimbulkan bau yang menyengat dan akan bewarna kuning agak pucat, sedangkan feses yang sehat di tandai dengan bentuk lonjong kecil dan warna kuning agak kecoklatan.

Jika dalam keadaan masalah serius dalam penyerapan nutrisi di makanan anakan kucing anggora akan di tandai dengan adanya feses bewarna putih dan feses hijau di karenakan anak kucing tersebut terlalu banyak makan, sedangkan anak kucing yang megalami dehidrasi akan di tandai dengan adanya feses berbau tajam dan bewarna lebih gelap dari biasanya.

5. Selalu Perhatikan Jadwal Rutin Makan Anak Kucing

Pada saat minggu-minggu pertama maka anak kucing anggora biasanya akan makan setiap 3 atau 2 jam sekali, kebiasaan anak kucing untuk berbicara atau bahasa kucing nya mengeong atau menangis ketika sudah merasa lapar dan mencari puting ibunya adalah hal yang biasa dan juga di lakukan anak kucing anggora, inilah mengapa anda harus memperhatikan jadwal makan pada anak kucing tersebut.

6. Selalu Jaga Suhu Tubuh Anak Kucing

Untuk menjaga supaya tubuhnya tetap hangat, harus melakukan hal yang biasa di lakukan anak kucing anggora ialah tidur di dalam pelukan tubuh ibunya karena di bawah dua minggu kucing tersebut masih belum bisa mengerti dan tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri,oleh karena itu gunakanlah bantalan penghangat dan pastikan tubuh anak kucing anggora anda tetap terjaga kehangatannya. gunakan alat penghangat seperti selimut bulu.

7. Perhatikan Suhu Tubuh Anak Kucing

Bila kucing mengalami gejala kedingian,untuk tetap dalam hal yang benar adalah jangan memberinya makan terlebih dahulu, bila anda menemukan tanda dan merasakan bahwa suhu tubuh anak kucing anggora kedinginan, langkah pertama yang harus anda lakukan ialah menghangatkan suhu secara pasti dan perlahan, biasa nya pertama kali merasakan kedinganan itu di bagian telinga dan kaki anak kucing anggora, itu adalah tanda umum bila anak kucing tersebut mengalami kedinginan.

Bahkan bila suhu tubuhnya memang sangat tidak stabil dan turun secara drastis maka bagian mulut anak kucing anggora akan terasa dingin pula, bila anda tidak segera mengatasi suhu tubuh normalnya maka ini akan mengancam keselamatan nyawa kucing tersebut.

8. Perkenalan Dan Menyapih Makanan

Bila anak kucing anda sudah berusia diatas 4 minggu maka anda bisa langsung mencoba dengan beberapa makanan kucing, biasanya ini akan terjadi secara natural bila sang induk masih bersama anak kucing tersebut dimana sang induk akan perlahan menjauh dan tidak lagi memberikan susu kepada anak-anaknya, tapi bila anda mengadopsi secara terpisah maka anda bisa melakukan proses penyapihan pada usia diatas 4 minggu dan mengenalkan beragam makanan khusus untuk kucing peliharaan.

9. Penyediaan Air Minum

Jika anak kucing anggora sudah belajar makan dan mengurangi menyusui, sebaiknya anda harus segera menyiapkan air bersih di dalam tempat minum kucing ini, karena anak kucing anggora sangat aktif dan seringkali bermain di dalam kandang termasuk menginjak tempat minumnya, maka anda harus rajin mengganti air minum yang telah terlihat kotor dan keruh tersebut.

10. Ajari Menggunakan Tempat Makan

Anak kucing anggora yang sudah beranjak remaja bisa memakan makanan khusus kucing dan tidak lagi harus bergantung pada susu bubuk, seperti hal nya cara merawat kucing persia medium, anda harus di biasakan anak kucing anggora makan pada tempatnya, anda bisa menggunakan susu dengan cara menuangkannya ke mangkok kucing dan biarkan sang anak kucing tersebut menjilatinya, campurkan makanan khusus kucing secara perlahan dengan susu tersebut hingga makanannya berubah menjadi lebih padat.

11. Perkenalan Dengan Hal Baru

Proses penting yang perlu di haruskan saat anak kucing anggora masuk kedalam umur 4 hingga 9 minggu ialah biarkan kucing tesebut mengenal hal-hal baru, anak kucing akan mulai terbuka dan terbiasa degan hal-hal di sekitarnya bila ia tumbuh mulai besar nantinya, membiarkan anak kucing anggora untuk menjelajah dan mengenal berbagai hal baru akan mempermudah ia untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

12. Perhatikan Kotak Pasirnya

Untuk memilih tempat pilihlah tempat untuk meletakkan kotak pasir kucing yang lebih aman dan bersih, pilih juga jenis kotak pasir yang nantinya tidak mudah untuk menggumpal, karena nantinya kotak pasir ini akan lebih sering dipakai oleh sang kucing maka di perhatikan dalam memilih tempat nya.

Anak kucing anggora biasanya akan berhenti menggunakan kotak pasir tersebut bila tempat nya sudah kotor maka hal yang harus dilakukan adalah dibersihkan, bahkan anak kucing anggora yang terkenal aktif tersebut bisa saja tanpa sengaja memakan gumpalan pasir, maka cara yang baik ialah carilah yang tidak mudah menggumpal dan tidak akan mengganggu pencernaannya.

13. Biarkan Anak Kucing Tetap Di Kandang

Kenapa anak kucing harus tetap tinggal di kandang? karena pada dasar nya anak kucing itu akan lincah dengan sendiri nya, tapi apabila masih terlalu kecil dan masih terlalu cepat untuk membiarkan anak kucing anggora untuk berkeliaran bebas di dalam maupun di luar rumah, namun, anda bisa membiarkan anak kucing bermain di luar rumah bila di awasi dan memastikan agar tetap bisa pulang dan tidak tersesat.

karena perlu beberapa waktu anak kucing anggora untuk menghafal dan mengenai lingkungan sekitarnya, secara perlahan perkenalkanlah anak kucing tersebut dengan lingkungan rumah dengan cara membawanya kucing tersebut.

14. Menjaga Kesehatan

Dalam masa kesehatan anda juga harus memperhatikan keadaan kucing tersebut, anda harus tetap merawat dan memelihara hewan peliharaan anda dengan baik dan benar, bertanggung jawab penuh bila anda mulai mengadopsinya, bahkan pertimbangkanlah untuk memberikan vaksin atau membawanya kesalon khusus kucing, jangan Melalaikan kesehatan anak kucing tersebut, segeralah meminta bantuan dokter hewan bila terjadi gejala-gejala yang serius.

15. Jauhkan Dari Hal-Hal Berbahaya

Pastikan anak kucing anggora anda agar tetap aman dan terhindar dari berbagai mara bahaya contoh nya adalah binatang penggangu misalnya predator dan benda-benda berbahaya, bahkan anak kucing yang masih super aktif ini bisa saja menggigiti benda berbahaya seperti kabel listrik, maka anda harus memperhatikan nya dan melakukan antisipasi agar kejadian berbahaya tersebut tidak menimpa dan menggangu anak kucing anggora peliharaan anda.

Salah satu penanganan yang mudah adalah mengunci kandang hewan tersebut dan jangan biarkan kucing bermain sendiri dalam waktu yang lama tanpa pengawasan, demikianlah tata cara perawatan anak kucing anggora, tidak terlalu sulit untuk mendapatkan kucing anggora yang gemas dan jinak sedari sewaktu kecil, jika anda melakukan perawatan yang benar maka semua hal tersebut dapat tercapai.

No Responses

  1. Pingback: Anonymous June 3, 2018

Leave a Reply