Manfaat Renang Gaya Bebas Beserta Pengertian Dan Tekniknya

Renang adalah salah satu kegiatan olahraga yang dilaksanakan di dalam air, aktivitas yang dilakukan di dalam air, Olahraga ini sangat banyak manfaat nya untuk anggota tubuh manusia karena dapat melatih beberapa tubuh kita tentu nya renang itu sangat menyenangkan dan merasa senang jika bermain didalam air, baik itu untuk dewasa atau anak-anak.

Karena ini banyak orang menyukai aktivitas Olahraga renang, karena sangat penting juga untuk kita, dalam menjalankan aktivitas renang ini kita harus sangat memperhatikan faktor keselamatan dalam berenang, teknik berenang yang benar juga sangat memengaruhi faktor keselamatan.

Olahraga renang juga harus mempunyai teknik tertentu agar dapat bergerak didalam air yaitu teknik mengapung dan meluncur, teknik ini juga sangatlah penting karena jika kita melakukan Olahraga ini tidak usah panik, sanai saja, rata-rata pada saat sesorang belajar renang kebanyakan panik, ini yang mengakibatkan seseorang tenggelam.

Pengertian Renang Gaya Bebas

renang gaya bebas

alidzakyalarief.com

Pengertina renang gaya bebas- aktivitas ini adalah salah satu cabang Olahraga aquatik, renang ialah upaya untuk menggerakkan mengapung atau mengangkat  semua bagian tubuh kita ke atas permukaan air, renang ialah cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh yang paling utama adalah bagian tangan dan kaki.

Berikut dibawah ini pengertian olahraga renang dari beberapa sumber:

  • Kata Muhajir (2004:166), renang ialah olahraga yang menyehatkan, karena hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.
  • Kata Budiningsih (2010:2), renang ialah salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di air, contoh nya menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air.
  • Kata Abdoelah (1981:270), Renang ialah aktivitas olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupun di air asin atau laut.
  • Kata Erlangga (2010:75), Renang adalah olahraga air yang sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk kekuatan otot tubuh, jantung, paru-paru dan membangkitkan perasaan berani.

Sejarah Renang Gaya Bebas

 Renang Gaya Bebas

staffnew.uny.ac.id

Sejarah renang gaya bebas- Di lihat dari zaman kuno sejarah renang gaya bebas yaitu dari dunia Barat yaitu pada tahun 1844 tepat nya di London, sejak itu perenang asal India mengalahkan perenang asal Inggris, diwaktu yang sama pria asal Inggris tersebut menganggap gaya renang bebas tidak keren karena gaya yang ia lakukan banyak gemercik air bertaburan, walaupun seperti itu perenang asal Inggris tetap mempertahankan gaya dada nya.

Ketika itu pergi ke Argentina pada tahun 1870 dan 1890, pelatih renang yang bernama John Arthur Trudgen melatih gaya renang bebas dari warga Negara Amerika Selatan, yang konon katanya banyak berpendapat pada tahun yang berbeda-beda, banyak yang setuju yaitu pada tahun 1873, tapi di Inggris John Arthur Trudgen memakai gerakan renang nya yaitu gaya samping.

Seiring berjalan nya waktu gaya renang Trudgen dikembangkan oleh perenang Australia yaitu yang bernama Richmond putra dari instruktur renang dari asal Inggris “Profersor” Frederick Cavil yang mempertahankan kehidupannya sejak 1879, yang di karunia Enam anak laki-laki semuanya itu perenang yang propesional, nama anak-anak itu adalah, Charles, Ernest, Richmond (Dick), Arthur (Tums), Sydney dan Percy.

Ketika itu Dick dan Tums mengembangkan gaya renang John Arthur Trudgen kedua anak itu melihat perenang lain yang bernama Alick Wickman yang gaya renang nya dengan kaki lurus melucut naik turun, Alick ialah penduduk kepulauan Solomon yang bertempat di Sydney, dalam lomba renang Internasionala pada tahun 1902, Richard juara satu lomba renang mendapatkan 100 yard dengan waktu 58,8 detik, gaya renang nya yaitu seperti merangkat (crawl).

Pada tahun 1905, ketika itu bertemu perenang asal Australia yang bernama Barney Kieran kemudian mengadakan tur di Inggris tepat nya pada tahun 1905, perenang gaya trudgen yang berasal dari Amerika Serikat bernama Charles Daniels menggunakan gaya renang krol Australia yang belajar dari Kieran, gaya renang ini kemudian sedikit diubah oleh Daniels yang menjadi gaya renang bebas seperti yang disebut nya sekarang.

Manfaat Renang Gaya Bebas

renang gaya bebas

erminus4.com

Manfaat renang gaya bebas selain menyenangkan olahraga renang mempunyai berbagai untuk tubuh kita, karena apa? Olahraga renang dapat membuat hampir semua anggota tubuh kita gerak seluruh otot turus-menerus, karena bila diam saja maka dapat dipastikan kita akan tenggelam seperti batu ke dasar air, oleh sebab itu ada beberapa manfaat yang didapatkan kita kita melakukan renang gaya bebas diantaranya yaitu:

Menambah Tinggi Badan

Sudah banyak yang kita dengar betapa manfaatnya olahraga yang satu ini untuk perkembangan tinggi badan sehingga olahraga ini sudah dapat diajarkan dari kecil tapi khusus gaya renang bebas karena manfaat ini baik dan lebih berdampak karena gerakannya yang sangat dinamis yang membuat tubuh tertarik ke depan dan ke belakang dan kaki yang terus bergerak naik turun.

Melatih Otot

Gaya renang dinamis dapat membuat otot tubuh kita menjadi lebih berisi seperti otot bahu, perut dan kaki nya terus bergerak dan dapat terlatih, maka orang yang rutin Olahraga ini tidak akan mudah terkena kram atau kejang otot.

Melatih Daya Tahan Tubuh

Salah satu nya melatih daya tahan tubuh orang yang rajin renang dengan gaya bebas dapat meningkatkan daya tahan tubuh nya dan tidak mudah cape, karena ini menyebabkan telah melatih pergerakan secara terus menerus sehinga lama kemudian daya tubuh kita meningkat pesat.

Meningkatkan Pernapasan

Renang gaya bebas membutuhkan pengaturan pernapasan yang baik, karena pada saat kita renang disitu kita harus mengatur napas yang benar dan baik sehinnga tidak cepat mengurangi energi dan napas kita, dengan rajin nya seperti itu kita juga dapat meningkatkan pengaturan pernapasan kita yang sudah terbiasa terlatih.

Membentuk Postur Tubuh

semua orang iri dengan postur tubuh yang ideal, karena dengan postur tubuh seperti ini daya kepedean kita akan meningkat, salah satu cara nya yaitu dengan rajin berenang sehingga dapat menjadikan tubuh kita berbentuk atau sixpack.

Macam Macam Gaya Renang

gaya renang bebas

www.dakwahpost.com

macam macam gaya renang juga berbeda-beda, kita dapat memilih dan tentunya sudah menguasai hasil dari belajar kita, teknik dasar renang untuk pemula adalah mengapung, bila sudah menguasai teknik tersebut maka sangatlah mudah untuk kita melatih gaya renang yang lainnya, contoh gaya renang seperti dibawah ini.

Gaya Renang Dada

renang gaya bebas

www.kabarsport.com

Gaya dada ialah teknik renang yang begitu mudah dan tentunya sangat menyenangkan, berenang gaya model ini sangat bagus untuk melatih bahu, leher dan lengan, teknik dasar seperti sangat sederhana gerakannya, langkah kesatu tendang kedua kaki ke belakang, lalu meluncur sedikit dan tarik badan dengan lengan, bila melatih nya terus menerus dapat mengusai teknik ini dalam waktu yang cepat.   

Renang Gaya Kupu Kupu

renang gaya bebas

www.vemale.com

Renang gaya kupu-kupu adalah pengembangan dari gaya dada, gaya kupu-kupu ialah gaya berenang yang dikerjakan dengan kedua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan, dedua tangan membentang lalua mengepak untuk mengayuh maju ke depan, gerakan kedua tangan tersebut seperti gerakan sayap kupu-kupu, untuk praktekan gaya renang tersebut tenaga harus besar, irama dan kordinasi gerak yang baik, konon gaya renang ini sangat sulit dipelajari.

Renang Gaya Bebas

renang gaya bebas

foto.okezone.com

Renang gaya bebas ialah gerakan yang dilakukan dengan cara menelungkupkan badan, dimana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air, pada renang gaya ini posisi tubuh berada di datar atas air, dan bahu agak ke belakang, sementara kaki berada beberapa inci di bawah permukaan air, selain itu, hal yang perlu diperhatikan ialah mempertahankan wajah dan pandangan nya harus ke depan.

Renang Gaya Punggung

renang gaya bebas

www.google.co.id

Renang gaya punggung merupakan gaya berenang dengan posisi terbalik atau punggung yang menghadap air, gerakannya sama seperti gaya renang bebas, pada gaya punggung wajah perenang berada di atas permukaan air atau menghadap ke langit, mudah untuk bernafas dan lebih mudah membuka mata, tapi, pada gaya punggung, akan sulit menentukan arah gerak karena mata yang menghadap ke atas, pada gaya punggung kaki lebih aktif bergerak ke atas, pergelangan kaki harus diusahakan tetap rileks.

 

Leave a Reply