Sejarah Sepak Bola Dan Peraturan Sepak Bola Secara Lengkap-Simak Disini

Sejarah sepak bola pertama kali olahraga sepak bola dimulai pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di Negara Cina,  pada masa kerajaan dinasti Han, masyarakat membawa bola kulit dengan menendangnya ke gawang dan disebut dengan Tsu Chu, permainan sepak bola ini dipertandingkan untuk melatih fisik tentara saat kaisar ulang tahun, permainan yang sama juga dimainkan di Negara Jepang dengan sebutan Kemari.

Di Italia permainan menendang masuk pada abad ke-16, sepak bola modern mulai berkembang di Negara Inggris dan menjadi sangat disukai, di beberapa kompetisi, permainan ini banyak menimbulkan kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365, raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk bermain sepak bola.

Pada Tahun 1815, sepak bola mulai berkembang ke beberapa penjuru dunia kemudian terkenal di lingkungan universitas dan sekolah, keadaan fertilitas penduduk pada satu waktu tertentu sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan baku untuk permainan sepak bola.

Bersamaan dengan itu terjadi tidak lagi berhubungan antara rugby dengan sepak bola pada tahun 1869 membawa bola dengan tangan mulai dilarang pada sepak bola selama tahun 1800-an, kemudian olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan Dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia mulai terbentuk dengan nama FIFA (Federation Internationale de Football Asosiation) FIFA dibentuk pada 21 Mei 1904, dan memiliki slogan For The Game, For The World, FIFA terletak di Zurich, Swis, FIFA adalah badan pengatur internasional sepak boal.

FIFA juga mempromosikan sepak bola  mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar pemain terbaik dunia FIFA dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya, ada satu kompetisi terpenting yang diadakan oleh FIFA dalam dunia sepak bola internasional yaitu Piala Dunia Sepak Bola atau yang sering disebut dengan Piala Dunia (dulu indonesia juga pernah menyertai ) turnamen babak final Piala Dunia adalah ajang olahraga yang paling banyak ditonton di dunia bahkan melebihi Olimpiade.

SEJARAH SEPAK BOLA INDONESIA

sejarah sepak bola

lensasecret.com

Sepak bola indonesia dimulai pada tahun 1914 saat Indonesia masih dijajah oleh pemerintah Hindia Belanda, kompetisi antar kota di jawa tersebut hanya dijuarai oleh dua tim atau di dominasi dua tim saja, yaitu Batavia City, Soerabaja City.

Sejarah Sepak Bola Modern di Indonesia dimulai dengan terbentuknya PSSI (Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia ) pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta dengan ketuanya Soeratin Sosrosoegondo, sebagai organisasi olahraga yang dilahirkan di Zaman penjajahan Belanda.

Kelahiran PSSI betapapun terkait dengan kegiatan politik menentang penjajahan. jika meneliti dan menganalisa saat- saat sebelum, selama dan sesudah kelahirannya, sampai 5 tahun pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, jelas sekali bahwa PSSI lahir, karena dibidani politisi bangsa yang baik secara langsung maupun tidak, menentang penjajahan dengan strategi menyamai yang akan dijadikan nasionalisme di dada pemuda-pemuda Indonesia.

Setelah wafatnya Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlalu bagus karena pendirikan tim nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi, pada era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional,

Di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, divisi utama, divisi satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta divisi tiga untuk pemain amatir, selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23).

PENGERTIAN SEPAK BOLA

sejarah sepak bola

www.slideshare.net

Pengertian sepak bola- Sepak Bola berasal dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak atau meyepak bisa di artikan menendang (menggunakan kaki) sedangkan “bola” yaitu alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya.

Sebuah bola disepak atau ditendang oleh para pemain, jadi secara singkat pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola yang dilakukan oleh pemain, dengan menendang ke gawang dan bertujuan memasukan bola ke gawang lawan.

Setelah kita tahu pengertian sepak bola mari kita lanjutkan dengan peraturan sepak bola, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap permainan ada yang naman nya peraturan olahraga yang masing-masing timnya beranggota 11 orang.

Tentu bukan hanya itu, agar permainan dapat berjalan dengan baik dan tertib dan tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan di dalam permainan sepak bola atau bahkan dapat bisa  membahayakan pemain lainnya hanya.

Berikut peraturan-peraturan dalam bermain sepak bola:

PERATURAN SEPAK BOLA

1. Lapangan

SEJARAH SEPAK BOLA

pasone13.blogspot.co.id

  • Panjang lapangan =90 – 120 m
  • Lebar lapangan = 64 – 90 m
  • Luas daerah gawang = 18,35 x 5,5 m
  • Jari-jari lingkaran tengah = 9,15 m
  • Daerah hukuman pinalti = 40,39 x 16,5 m
  • Jarak titik hukuman dengan garis gawang = 11 m

2. Gawang

SEJARAH SEPAK BOLA

perpustakaan.id

  • Tinggi gawang = 2,44 m
  • Lebar gawang = 7,32 m

3. Bola

SEJARAH SEPAK BOLA

www.indosport.com

  • Bahan bola = kulit
  • Bentuk bola = bulat
  • Berat bola = 396 – 453 gram
  • Keliling lingkaran bola = 68 – 70 cm

4. Peraturan Memulai Pertandingan

SEJARAH SEPAK BOLA

www.acehbisnis.co

Sebelum pertandingan dimulai, pemain harus berjabat tangan antar sesama pemain atau lawan dan berbaris ke arah penonton, wasit membawa uang logam dan kapten setiap tim akan memilih sisi uang logam, kemudian wasit melempar uang logam, dan pilihan sisi uang logam yang sesuai oleh kapten bisa memilih bola awal atau gawang.

Jumlah Pemain Sepak Bola

Jumlah pemain sepak bola terdapat dari 2 tim dan masing-masing tim terdiri 11 orang (salah satunya penjaga gawang) jika pemain tim kurang dari 7 atau 5 pemain terkena kartu merah dan keluar maka tim tersebut dianggap kalah, diharuskan setiap tim mempunyai captain, dengan tujuan apabila ada masalah dengan tim maka captain yang akan berdiskusi dengan wasit.

5. Peraturan Dalam Memakai Aksesoris

sejarah sepak bola

www.nugydragon.com

  • Jersey: dalam satu pertandingan kedua tim tidak diperbolehkan memakai jersey satu warna setiap tim harus mempunyai identitas berbeda, setiap tim harus mempunyai 2 warna jersey, 1 untuk pertandingan rumah (Home) dan satu lagi untuk laga tandang (Away).
  • Kaos kaki: dalam pertandingan resmi sepak bola warna kaos kaki harus sama, kaos kaki juga bertujuan untuk melindungi tulang kering yang rawan cidera.
  • Sarung tangan: hanya boleh dipakai kiper (penjaga gawang) untuk mempermudah dalam menangkap bola dan melindungi tangan dari tendangan bola yang keras. Pemain lain juga diperbolehkan memakainya tetapi ketika berada di tempat dingin atau bersalju.
  • Penutup kepala: hanya bisa digunakan pemain yang cidera.
  • Aksesoris yang dilarang, meliputi anting, kalung, gelang, dan lainnya.

6. Wasit

sejarah sepak bola

klikduniabola.blogspot.co.id

Wasit memegang penuh jalannya pertandingan dan memberi keputusan apabila pemain bola melanggar peraturan yang dilakukan, wasit utama dibantu dengan 2 asisten wasit.

7. Asisten Wasit

sejarah sepak bola

www.wbartmuseum.com

Asisten wasit disebut linesman. Memberitahukan kepada wasit utama apabila terjadi offside dengan tanda bendera dan mengawasi apabila terjadi throw in dan tendangan sudut.

8. Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

sejarah sepak bola

www.kabarsport.com

Permainan dilakukan selamat 90 menit dan dibagi menjadi 2 babak, setiap babak mempunyai waktu 45, dengan waktu istirahat tidak lebih dari 15 menit, apabila 90 menit itu habis dan pertandingan membutuhkan pemenang maka dilakukan tambahan waktu (extra time) dengan durasi 2 x 15 menit, jika kedudukan masih sama maka akan memasuki babak adu finalty.

 

9. Peraturan Kick Off

sejarah sepak bola

seputarsepakbola0.blogspot.co.id/

Kick off dilakukan ketika akan memulai suatu permainan, dalam sepak bola dilakukan ketika:

  • Memulai pertandingan
  • Terjadinya sebuah gol
  • Memulai babak yang kedua
  • Memulai babak extra time

10. Peraturan Gol

sejarah sepak bola

kumparan.com

Perhitungan gol dilakukan ketika bola masuk ke dalam jaring dan melewati gawang serta tidak ada pemain dalam posisi offside, pelanggaran, maupun hands ball, semua keputusan ada ditangan wasit yang menentukan gol tersebut sah atau tidak.

11. Peraturan Offside Dan Onside

sejarah sepak bola

www.reddit.com

Offside terjadi ketika teman satu tim mengoper ke pemain lain tetapi berada sedikit didepan bek pertahanan lawan, asisten wasit yang menentukan terjadinya offside atau onside dengan mengangkat bendera, peraturan onside sebaliknya.

12. Peraturan Bola Keluar (Out)

sejarah sepak bola

id.wikipedia.org

Ketika bola keluar dari lapangan samping maka akan terjadi lemparan kedalam, dan jika keluar di samping gawang maka akan terjadi tendangan sudut, wasit berhak memerintahkan pemain untuk mengeluarkan bola jika ada pemain yang mengalami cidera.

13. Lemparan kedalam (Throw in)

seajarah sepak bola

id.wikihow.com

Dilakukan ketika bola keluar dari lapangan, tim yang mengambil lemparan kedalam adalah tim yang tidak mengeluarkan bola, ketika melakukan lemparan, pemain tidak boleh membuang waktu lama dan satu kaki tidak boleh mengangkat.

14. Tendangan Gawang

sejarah sepak bola

www.soccerinfomania.com

Dilakukan ketika bola melewati garis gawang karena pemain lawan, Penjaga atau teman satu tim boleh melakukan tendangan gawang dengan syarat bola tidak melebihi area garis kiper.

15. Tendangan Sudut (Corner kick)

sejarah sepak bola

besthqwallpapers.com

Dilakukan ketika bola keluar melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain bek, tendangan dilakukan oleh pemain lawan, letak tendangan gawang sesuai dengan tempat (kanan atau kiri) bola keluar.

16. Peraturan Pergantian Pemain

sejarah sepak bola

www.topskor.id

Pergantian pemain hanya bisa dilakukan maksimal 3 orang, tetapi jika dalam keadaan pertandingan persahabatan maka pergantian pemain boleh dilakukan 7 kali.

17. Peraturan Terjadinya Pelanggaran

sejarah sepak bola

www.bola.net

Pelanggaran bisa terjadi karena tackle yang terlalu keras, hands ball, mendorong lawan, menarik baju lawan, mengganggu pergerakan penjaga gawang, dan masih banyak lagi, wasit akan mengeluarkan 2 macam kartu yaitu kartu merah dan kartu kuning.

Jika mendapat kartu merah, maka pemain keluar dari lapangan pertandingan, jika mendapat kartu kuning maka mendapat peringatan keras, dan jika dapat 2 kali kartu kuning maka otomatis mendapat kartu merah.

18. Peraturan Tendangan Bebas (Free kick)

sejarah sepak bola

www.fcbarcelona.co.id

Tendangan bebas dilakukan di tempat terjadinya pelanggaran, terdapat 2 pilihan yang biasa pemain lakukan yaitu menendang langsung ke gawang atau mengoper ke teman satu tim.

19. Terjadinya Penalty

sejarah sepak bola

www.pulse.ng

Terjadi karena pemain melakukan pelanggaran di area penjaga gawang, seperti hands ball, tackle, dan pelanggaran lainnya. salah satu pemain akan ditunjuk sebagai orang yang menendang bola.

 

Leave a Reply