Teknik Dasar Bola Voli Beserta Sejarahnya

Siapa sih yang gak tau olahraga ini yaitu bola voli dan bola juga merupakan salah satu cabang olah raga yang sangat populer hingga kini, adapaun peraturan dimainkan oleh 2 tim yang saling berlawanan, masing-masing tim tersebut harus terdiri dari 6 orang dan beberapa pemain cadangan

Berbagai bantuk dan variasi bola voli salah satu nya adalah seperti bola voli pantai, yang dari masing-masih tim tersebut 2 pemain saja, permainan bola voli pantai yang berada di lapangan hanya terdiri dari 4 pemain. sedangkan untuk cabang olahraga bola voli dinaungi sama induk organisasi internasional yaitu yang bernama FIVB atau biasa disebut dengan “Federation Internationale de Volleyball”, sedangkan di Indonesia sendiri, organisasi yang menaungi bola voli disebut dengan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Tak perlu di ragukan lagi bahwa permainan bola voli itu memang benar-benar populer di IndonesiaJadi, selain itu para atlit indoneisa juga sangat lah berprestasi sehingga banyak penghargaan dan kemenangan yang sudah diraih para atlet Indonesia dalam kancah Internasional, baiklah saya akan mengajak agan-agan mempelajari sejarah bola voli sebagai berikut.

SEJARAH BOLA VOLI

teknik dasar bola voli

www.volleyballaddict.com

Sejarah bola voli- penemu permainan bola voli sendiri diciptakan oleh William G. Morgan yaitu pada tahun 1895, ia adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Assosiation ( YMCA ) dikota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat, nama permainan bola voli terdahulu adalah ”Mintonette”, yang dimana permainan nya hampir sama dengan bulu tangkis ( Badminton).

Seiring berjalan nya perkembangan William G. Morgan melanjutkan idenya untuk mengembangkan permainan tersebut supaya dapat mencapai cabang olahraga yang dipertandingkan, kemudian permainan berganti nama menjadi ”Volley-Ball” yang artinya kurang lebih memvolley yaitu bola berganti-ganti, perkembangan permainan bola voli pada masa itu di Amerika sangat berkembang pesat dengan usaha yang besar oleh William G. Morgan.

Bertepatan pada saat perang dunia I, Y.M.C.A. mengadakan kejuaraan nasional bola voli di Amerika pada tahun 1922 Pada saat Perang Dunia tentara-tentara sekutu menyebarluaskan permainan ini ke berbagai penjuru Negara Asia dan Eropa terutama negara Cina, Rusia, Jepang, India, Filipina, Perancis, dan masih banyak lagi.

Sedangkan permainan bola voli masuk ke Indoneisa tahun 1928 sejak jaman penjajahan Belanda, guru pendidikan jasmani didatangkan dari Belanda untuk mengembangkan olahraga pada umumnya dan bola voli khususnya, selain guru pendidikan jasmani tentara Belanda juga ikut berpatisipasi dalam mengembangkan permainan bola voli di Indonesia, pada masa itu permainan bola voli bermain di asrama, dilapangan terbuka dan mengadakan pertandingan antar kompeni-kompeni Belanda sendiri.

Permainan ini kemudian sangat berkembang pesat di penjuru Indoneisa, sehingga bermunculan klub-klub dikota besar di seluruh Indonesia, dengan semaking berkembang nya permainan ini maka pada tanggal 22 Januari 1955 PBVSI ( Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia ) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama, PBVSI sejak itu aktif mengembangkan kegiatan-kegiatan baik lokal maupun inter lokal.

INDUK ORGANISASI BOLA VOLI

teknik dasar bola voli

volinesia.com

Induk organisasi bola voli- terbentuk nya organisasi internasional permainan bola voli yaitu pada tahun 1947, ada 14 federasi nasional yang menghadiri pertemuan Kongres Konstitutif pada bulan april 1947 tersebut yang merupakan perwakilan dari 5 benua yang berbeda, pada bersamaan juga entitas ini secara resmi dibentuk dengan Paul Libaud dari Perancis yaitu menjadi presiden pertama, setelah kurun waktu, salah satu tujuan dari kongres 1947 tersebut akhirnya dapat dicapai dengan diselenggarakannya acara kejuaraan voli internasional untuk yang pertama kalinya.

Dengan kesempatan ini juga yaitu pada tahun 1952 turnamen kejuaraan voli perempuan dapat diperkenalkan, pada tahun 1964, IOC mendukung penambahan olahraga bola voli untuk program olimpiade, pada waktu bersamaan juga, jumlah federasi nasional yang bergabung dengan FIVB sudah banyak dan berkembang menjadi 89 anggota, seiring berjalan nya waktu tapat nya pada tahun 1969 diadakan nya ajang kejuaraan internasional piala dunia. Setelah Mr. Libaud dari Perancis tersebut pensiun dan terpilihnya Mr. Rubén Acosta Hernandez dari Meksiko.

Untuk menduduki posisi presiden pada tahun 1984, kantor pusat FIVB yang berletak di Paris, Perancis, dipindahkan ke Lausanne, Swiss, setelah itu kebijakan-kebijakan untuk memajukan cabang olahraga bola voli di seluruh dunia mulai ditingkatkan. Di antaranya adalah membentuk kompetisi laki-laki dan perempuan (Liga Dunia di tahun 1990, serta Grand Prix di tahun 1993), indikasi bola voli pantai sebagai event Olimpiade (1996), dan beberapa perubahan dalam peraturan permainan bola voli dan bertujuan meningkatkan visibilitas publik dan informasi yang terbaru, pada tahun 2010, sebanyak 220 federasi nasional sudah bergabung atau beafiliasi dengan FIVB.

PERATURAN BOLA VOLI

teknik dasar bola voli

dentmasoci.com

Peraturan bola voli dalam setiap pertandingan ya, kita tau itu sudah ada peraturan nya, begitupula dalam olahraga bola voli, ada beberapa peraturan yang tidak boleh dilanggar oleh pemain, sebagai berikut beberapa peraturan pertandingan bola voli.

  1. Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim.
  2. Didistribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.
  3. Setiap tim harus terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan memiliki 4 pemain cadangan.
  4. Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
  5. Pertandingan tidak akan ditunda bilamana salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.
  6. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang.
  7. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.
  8. Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.
  9. Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.
  10. Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.

Formasi Permainan Bola voli

Pemain nomor 1 dinamakan server, pemain ke 2 dinamakan spiker, pemain ke 3 dinamakan set upper atau tosser,pemain nomor 4 dinamakan blocker, pemain nomor 5 dan 6 dinamakan libero, lebih jelasnya dibawah ini.

  1. Tosser / setter atau pengumpan orang dapat ditugaskan untuk mengumpankan bola kepada teman-temannya dan mengatur perfoma permainan, permainan voli menuntut kemampuan otak yang prima, yang harus dijaga adalah tosser,  karena tosser itu sangat penting untuk mengatur jalannya permainan, tosser harus memutuskan apa yang harus dia perbuat dengan bola yang dia dapat, dan semuanya itu dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan.
  2. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan.
  3. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-wreck bola ke seberang net.
  4. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.

Durasi Permainan Bola Voli

Setiap tim harus mengumpulkan angka sampai 25 dalam 1 set, untuk tim pemenang dapat digunakan 2 sistem;

  1. Two winning set, yaitu pertandingan berakhir dengan salah 1 tim memperoleh dua set kemenangan langsung.
  2. Three winning set, yaitu pertandingan berakhir jika salah satu tim memperoleh 3 set kemenangan langsung.

Jenis pelanggaran dalam permainan voli adalah seperti berikut:

  1. Mempengaruhi wasit
  2. Berbicara tidak sopan terhadap lawan atau wasit
  3. Sering menegur wasit
  4. Menerima petunjuk dari luar lapangan pada saat pertandingan berlangsung
  5. Meninggalkan lapangan tanpa seizin wasit

Penghitungan Angka Permainan Bola Voli

Aturan permainan dari bola voli adalah:

  1. Bila pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah lawan maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai.
  2. Serven yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh, bila tidak, maka musuh akan mendapat nilai.

Sistem Pertandingan Bola Voli

  1. Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.
  2. Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan.
  3. Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
  4. Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.
  5. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang.
  6. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.
  7. Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan      akan ditambah 2 poin. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.

PENGERTIAN BOLA VOLI

teknik dasar bola voli

arti-pengertian.com

Pengertian bola voli sebenarnya sangat singkat bahwa permainan ini merupakan salah satu cabang olah raga bola yang terdiri dari 2 tim, masing-masing tim harus beradu ketangkasan untuk memantulkan bola di atas net melalui tangan, yang artina disebut dengan mem-volly. Tujuan dari gerakan memantulkan bola tersebut ialah untuk menjatuhkan bola ke dalam petak lapangan musuh, tim yang lebih banyak sukses menjatuhkan bola ke dalam petak lapangan musuh, maka itulah pemanang nya.

TEKNIK DASAR BOLA VOLI 

teknik dasar bola voli

apkpure.com

Teknik dasar bola voli- berikut ini adalah beberapa teknik-teknik dasar permainan bola voli.

  • Passing Bawah
  • passing Atas
  • Sevice Bawah
  • Service Atas
  • Service Samping
  • Service Lompat
  • Smash (Spike)
  • Membendung (Blocking)

UKURAN LAPANGAN BOLA VOLI

teknik dasar bola voli

www.contohsuratmu.com

Ukuran lapangan bola voli sebagai berikut. Ukuran Luas :

Panjang Dan Lebar Lapangan :

  • Ukuran panjang lapangan : 18 Meter
  • Ukuran lebar lapangan : 9 meter
  • Ukuran Lebar Garis Serang : 3 Meter
  • Ukuran Lebar Garis Tengah (Center Line) : 5cm
  • Ukuran area servis (serving area) : 3 meter

Ukuran Tiang Dan Net

  1. Tinggi tiang net : 2,55 meter (Dua setengah meter lima lebih)
  2. Tinggi Net Untuk Laki-laki (Man) : 2.43 meter
  3. Tinggi Net Untuk Perempuan (women) : 2.24 meter
  4. Lebar Net : 1 meter
  5. Panjang Net : 9.5 meter
  6. Mata jala net  : 10 centimeter
  7. Pita Bagian tepi atas net  : 5 centimeter
  8. Pita samping net : 5 centimeter
  9. Jarang Tiang Net Dengan pinggir lapangan :0.6meter
  10. Tinggi Antenna : 80 cm

Leave a Reply