Pengertian Seni Dan Unsur Unsur Seni Rupa

Unsur unsur seni atau seni rupa ialah cabang seni membuat objek yang dapat dinikmati terutama melalui bentuknya, sedangkan dikutip dari wikipedia Indonesia, pengertian seni rupa ialah cabang seni yang berbentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan, kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Bahkan ada beberapa berpendapat lain bahwa seni rupa dikelompokan menjadi tiga bagian diantaranya yaitu, seni rupa modern,  seni rupa tradisional dan yang terakhir seni rupa kontemporer.

Pengertian seni rupa tradisional ialah seni rupa yang dapat dibuat dengan mengikuti pola, aturan, atau “pakem” tertentu yang menjadi pedoman seni dan dibuat berulang ulang tanpa merubah bentuk aslinya.

Pengertian seni rupa modern ialah seni rupa yang mengutamakan kreativitas dan inovasi sehingga menjadi sesuatu yang baru, sedangkan dalam aturannya masih ada terhadap seni rupa tradisional.  

Pengertian seni rupa kontemporer ialah seni yang mempunyai kreativitas yang modern sehingga menjadi seperti berada disekitar, contoh nya seperti keadaan politik dan lain-lain.  

Pengertian seni rupa ialah hasil ciptaan ekspresi, hasil kualitas, alam keindahan atau sesuatu yang dapat melebihi kenyataannya beserta klasifikasi terhandap objek kriteria terntentu yang ditakdirkan menjadi struktur sehingga dapat dinikmati oleh indera mata dan peraba.

Berikut dibawah ini akan saya bahas tentang unsur unsur seni.

Unsur Unsur Seni Rupa

unsur unsur seni

http://jhonathankenzo.blogspot.com

Unsur unsur seni rupa seperti yang sudah dijelaskan diatas tentang pengertian seni rupa, setelah itu langkah selanjutnya yaitu sebutkan unsur unsur seni rupa, unsur unsur seni rupa tidak sama ya gaes seperti seni musik, seni tari dan seni teater.

Baca juga: Kumpulan Gambar 2 Dimensi Dan Karya Seni 3 Dimensi

Titik

unsur unsur seni

www.slideshare.net

Baca juga: 15+ Cabang Cabang Seni Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Titik ialah unsur seni rupa yang paling awal yang berada pada dimensi satu, karena sangat penting adanya titik untuk membentuk bentuk, garis atau bidang.

Garis

unsur unsur seni

http://dzoel-smktimas.blogspot.com

Garis ialah unsur seni rupa yang hampir sama dengan titik, pada garis seni rupa terdapat goresan atau pembatas dari sesuatu benda, bidang, warna, tekstur, garis, dan lainnya, sedangkan pada garis dibagi menjadi 3 bagian yaitu, menurut wujudnya, jenisnya dan kesannya.

Bidang

unsur unsur seni

rebanas.com

Bidang merupakan unsur dalam seni rupa yang dihasilkan dengan mengabungkan beberapa garis, bidang merupakan dimensi kedua yang mempunyai panjang dan lebar.

Bentuk

unsur unsur seni

rebanas.com

Bentuk ialah unsur  seni rupa yang terbentuk dari gabungan berbagai bidang, yang berbentuk terdiri dari bangun dan bentuk plastis atau form, Shape atau bangun ialah dengan dasar bentuknya seperti persegi, bulat, tidak teratur, ornamental dan lain-lain sedangkan form atau bentuk plastis ialah bentuk subjektif atau tujuan dari adanya benda tersebut sehingga mempunyai nilai seperti kasur yang berbentuk (shape) persegi panjang tapi form nya itu sebagai tempat tidur.

Tekstur

unsur unsur seni

www.slideshare.net

Tekstur sebagai unsur seni rupa ialah yang memiliki sifat dan keadaan suatu permukaan bidang atau permukaan benda yang ada pada karya seni rupa, setiap benda ada yang mempunyai tekstur berbeda, adapun yang sama, tekstur itu sendiri dibagi menjadi 2 jenis sesuatu yang nyata dan semu, pada pengertian tekstur ialah kesan yang berbeda antara penglihatan dan perabaan terhadap sifat dan keadaan permukaan bidang benda karya seni rupa, pengertian tekstur nyata ialah memiliki nilai raba yang sama antara penglihatan dan rabaan.

Ruang

Ruang ialah  unsur seni rupa yang mempunyai 2 sifat saja, dalam karya seni rupa dua dimensi, ruang dapat bersifat semu sedangkan dalam seni rupa 3 dimensi, ruang bersifat hidup, maka dari itu dalam karya 2 dimensi kesan ruang atau kedalaman dapat ditempuh melelui beberapa dengan cara: melalui penggambaran gempal, penggunaan perspektif, peralihan warna, gelap terang, dan tekstur, pergantian ukuran, penggambaran bidang bertindih, pergantian tampak bidang, pelengkungan atau pembelokan bidang, penambahan bayang-bayang.

Warna

Warna ialah tergolong sangat penting dalam seni rupa, karena dapat membuat ciptaan yang dibuat seniman semakin hidup dan lebih eksresif.

Gelap Terang

Gelap terang ialah unsur seni rupa dapat bergantung ssesuatu intensitas cahaya, semakin besar maka menambah terang, begitupula sebaliknya, semakin kecil maka semakin gelap, sedangkan dalam karya seni 2 dimensi atau unsur unsur seni rupa 2 dimensi, yang memiliki unsur gelap terang dibuat berdasarkan gradiensi dan warna yang sudah ada.

Leave a Reply