Awal Mula Pancasila Secara Langsung Dan Tidak Langsung

Asal mula pancasila- Secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta. Pancasila mengandung dua arti, Panca yang berarti lima dan Syila dengan huruf “i” biasa berarti batu sendi, dasar, atas atau asas. Adapaun syila dengan pengucapan i panjang (syi:la) berarti peraturan tingkah laku yang baik.

Dengan demikian Pancasila dengan huruf “i” biasa berarti berbatu sendi yang berjumlah lima, sedangkan Pancasyila dengan memanjangkan ucapan syi:la bererti lima tingkah laku utama, atau pelaksanaan lima kesusilaan.

Asal Mula Pancasila

asal mula pancasila
http://sosiologis.com

Jika Anda telah mempelajari uraian tentang proses perumusan Pancasila. Melalui uraian tersebut jelas bahwa kelima unsur yang ada ada pada Pancasila benar-benar bersumber pada kekayaan batiniah bangsa Indonesia.

Pernyataan ini ditegaskan oleh Notonagoro. Bahwa unsur-unsur yangterkandung dalam Pancasila sudah terdapat sebagai asas agama-agama bangsa Indonesia. Selanjutnya, setelah Indonesia terbentuk menjadi sebuah negara, unsur-unsur dalam Pancasila mendapat kekdudukan baru yaitu sebagai asa kenegaraan.

Kajian tentang proses pembentukan Pancasila dapat ditinjau dari aspek kausalitas. Adapun asal mula pembentukan Pancasila ditinjau dari aspek kausalitas seperti berikut.

Asal Mula Pembentukan Pancasila Secara Langsung

asal mula pancasila
today.line.me

Menurut Notonagoro asal mula Pancasila meliputi hal-hal berikut.

  1. Asal mula bahan atau kausa materialis, artinya bahwa Pancasila bersumber dari nila-nilai adat istiadat, budaya , dan nilai religius yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia
  2. Asal mula bentuk atau kuasa formalis yaitu yang berkaitan dengan asal mula bentuk, rumusan, dan nama Pancasila yang tertuang seperti dalam pembukaan UUD 1945, merupakan pemikiran Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan para anggota BPUPKI.
  3. Asal mula kaya atau kausa efesien yaitu yang berkaitan dengan penetapan Pancasila sebagai calon dasar negara menjadi dasar negara yang sah oleh PPKI.
  4. Asal mula tujuan atau kausa finalis berkaitan dengan tujuan yang diinginkan BPUPKI dari rumusan Pancasila sebeluh disahkan oleh PPKI menjadi dasar negara yang sah.

Asal Mula Pembentukan Pancasila Secara Tidak Langsung

asal mula pancasila
http://www.hariansejarah.id

Secara tidak langsung, asal mula Pancasila berasal dari mulai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, dan nilai keadilan yang telah ada tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai tersebut menunjukan adanya berbagai nilai seperti nilai adat istiadat, kebudayaan, dan religius, dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara tidak langsung asal mula Pancasila adalah bangsa Indonesia sendiri.

Berdasarkan asal mula Pancasila tersebut, dapat dipahami bahwa nilai adat istiadat, nilai budaya, dan nilai religius telah digali dan dan mewujudkan dalam rumusan Pancasila dan kemudian disahkan sebagai dasar negara Indonesia.

Hal tersebut menjadikan bangsa Indonesia berdasar atas Pancasila dalam tiga perkara atau tiga asas sebagai berikut.

  1. Asas kebudayaan, artinya secara yuridis Pancasila telah dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam hal adat istiadat dan kebudayaan.
  2. Asas religius, artinya bahwa toleransi beragama yang didasarkan pada nilai-nilai religiustelah mengakar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.
  3. Asas kenegaraan, artinya bahwa Pancasila merupakan jati diri bangsa dan disahkan menjadi dasar negara. Dengan demikian, secara langsung Pancasila sebagai asas kenegaraan Indonesia.

Proses terbentuknya Pancasila dari awal gagasan hingga menjadi rumusan yang ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia, telah memenuhi keempat sebab (kausa) terjadinya sesuatu hal (termasuk terbentuknya sebuah ideologi) seperti yang telah dikemukakan oleh Aristoteles berikut.

  • Kausa marerialis atau sebab berupa materi atau bahan. Sebab ini menjawab 
  • pertanyaan, dari bahan apakah sesuatu itu dibuat?
  • Kausa formalis atau sebab sebuah bentuk. Sebab ini memberi jawaban atas pertanyaan, bagaimana bentuk dari sesuatu itu dibuat?
  • Kausa efisien sebab berupa kerja. Sebab ini memberi jawaban atas pertanyaan, siapakah yang memberi barang itu?
  • Kausa finalis atau sebab berupa tujuan. Sebab ini memberi jawaban atau pertanyaan, untuk tujuan apa sesuatu itu dibuat?

Pemenuhan kausa seperti yang dikemukakan Aristoteles pada proses pembentuknya Pancasila dapat dipahami di bawah ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.