Arti Barakallah Fii Umrik Dan Hukum Merayakan Ulang Tahun Dalam Islam

Barakallah Fii Umrik adalah kalimat atau ucapan yang biasa disebutkan oleh umat muslim, ketika ada seseorang yang mengalami penambahan umurnya, kadang ada juga yang beranggapan mengenai makna kalimat ini yang berbeda-beda begi setiap orang.

Ada yang beranggapan bahwasannya mengucapkan selamat kepada orang yang berulang tahun itu tidak diperbolehkan karena sama saja merayakan kematia, karena semakin bertambah umur kita semakin dekat dengan kematian, ya, tentu kematian tidak ada yang tahu.

Ada juga yang gembira bila diberi selamat karena dengan demikian ia akan selalu dipanjatkan doa keberkahan setiap kali umurnya bertambah, kebanyakan orang, terlebih khusus di kalangan kita biasanya akan melakukan perayaan ketika mendapati sesuatu yang menyenangkan disetiap hari kelahirannya.

Dengan begitu dikalangan kita akan mengadakan ide berupa pesta atau syukuran, karena hal tersebut bertambahnya usia kita, terus bagaimana dengan barakallah fii umriik? apakah termasuk kedalam kaetegori “perayaan” atau hanya sebatas doa?

Arti Barakallah Fii Umrik

 Barakallah Fii Umrik

www.qbelet.com

Arti barakallah fii umrik ialah “semoga Allah SWT memberkahi usiamu”.

Jika secara rinci arti barakallah ialah semoga Allah memberkahimu, sedangkan fii umrik merupakan arti didalam umurmu, kalo digabung yang artinya semoga Allah memberkahi di dalam usiamu, hal ini dikatakan hanya orang yang baru bertambah umurnya atau dihari lahirnya seseorang.

Ucapan barakallah fii umrik adalah ungkapan do’a orang yang mengucapkan kepada kita. dengan makna bahwa dia mendo’akan agarmendapatkan keberhakan dan rahmat dari Allah SWT, jika ada seseorang yang mengucapkan barakallah fii umrik kamu juga bisa membalasnya dengan jawaban “wa fiihim barakallah” yang artinya “Semoga Allah memberikan keberkahan bagi mereka”.

“wa fiika baarakallah” bila orang tersebut laki-laki.

“wa fiiki baarakallah” bila orang tersebut perempuan.

“wa fiikum baarakallah” bila orang tersebut jumlahnya lebih dari tiga orang.

Bolehkah Merayakan Ulang Tahun Dalam Islam?

Bolehkah mereyakan ulang tahuna dalam islam? pertanyaan ini sangat bagus untuk kita yang beragama islam, seperti apa yang sudah dijelaskan diatas, dan ada juga ulama yang menyebutkan bahwasannya ulang tahun merupakan perbuatan dosa.

Mereka berdalih hal ini adalah perbuatan yang bid’ah, namun, ada juga ulama yang berpendapat bahwa perayaan ulang tahun itu adalah mubah (boleh).

Kebanyakan orang tidak tahu bahwa budaya merayakan ulang tahun itu dari luar Negeri, bukan dari Indonesia, karena sudah biasa melakukan hal seperti itu menjadi sudah sesuatu hal yang lumrah,.

Namun, perlu kamu tahu, memperingati hari ulang tahun tidak usah merayakannya dengan berlebihan, misalnya seperti mengadakan pesta atau meniup lilin, memperingati hari ulang tahun cukup dengan mengevaluasi diri, cukup dengan berdoa untuk diri kita sendiri.

Dengan berdoa yang baik-baik kepada Allah maka akan menjadi hal yang istimewa ketimbang kita merayakan budaya orang-orang barat yang notabennya bukan orang islam.

Perayaan ulang tahun merupakan hari raya yang dimunculkan oleh orang-orang kafir. Sementara Nabi shallallahu alaihi wasallam telah bersabda dalam hadits Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma:

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ  

Yang artinya: “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari mereka”. (HR. Abu Daud no. 4031)

Ungkapan ini biasa diucapkan oleh para sahabat Nabi SAW, sebagaimana terkutip di dalam sebuah perkataan Ibunda ‘Aisyah ra riwayat Imam An-Nasa’i yang berbunyi:

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Artinya: “Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah Fiikum (بَارَكَاللهُفِيْكُم) [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah (وَفِيْهِمْبَارَكَاللهُ) [semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).

Ceramah Ustadz Abdul Somad Hukum Merayakan Ulang Tahun 

Begitulah ceramah Ustadz Abdul Somad tentang hukum ulang tahun dan cara melakukannya dengan baik dan benar.

Tulisan Barakallah Fii Umrik 

barakallah fii umrik

ibnudin.net

Tulisan barakallah fii umrik arab cukup gampang untuk tulisan, kamu juga bisa menulisnya untuk sebuah ucapan ulang tahun sahabatmu, dengan seperti itu tentu sangat berbeda dengan seseorang yang mengucapkan pada umumnya.

Ucapan Barakallah Fii Umrik

 Barakallah Fii Umrik

www.liputan6.com

Ucapan Barakallah Fii Umrik- untukmu yang sedang mencari kata-kata tersebut dari pada bingung-bingung memikirkannya disini saya akan memberikan beberapa ucapan selamat ulang tahun islam untuk kamu jadikan referensi.

Namun diperhatikan pula saat kamu mengucapkan kalimat ini, Jangan sampai niat kita bagus tapi dalam praktiknya menyimpang, inginnya membuat senang saudara kita namun berbuat yang dilarang agama. berikut ini contoh ucapan selamat ulang tahun islami keren untuk kamu.

Barakallahu fii umrik sahabatku semoga kamu bisa bisa menjadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi, dan semoga engkau ditambah kekuatan untuk dapat bisa berdakwah lagi

 

Barakallahu fii umrik semoga diberi umur yang berkah, sehat selalu dan bahagia dunia akhirat, semoga allah SWT melimpahkan rezeki yang halal untukmu, semoga engkau tetap menjadi pribadi yang selalu beriman dan bertaqwa kepada-Nya

 

Ya Allah Ya Karim, di hari ulang tahun anak hamba ini berikanlah dia selalu kesehatan dan keselamatan, jadikanlah dia menjadi seorang anak yang sholeh dan sholehah, anak yang berbakti kepada orang tua, mencintai Rosul-Mu serta selalu taat kepada-Mu ya Allah

 

Barakallahu fii umrik semoga dengan bertambahnya usia menjadikan diriamu insan yang mulia disisi-Nya, semakin menjadi orang yang bertaqwa dan beriman

 

Barakallahu fii umrik semoga dihari lahirmu engkau menjadi orang yang lebih bertaqwa dan beriman lagi, semoga engkau tetap diberikan kesehatan dan rezeki yang banyak.

Barakallah Untuk Bayi Yang Baru Dilahirkan

Anak merupakan salah satu karunia dan rezeki yang diberikan Allah yang wajib disyukuri,

maka sebab itu sudah sepatutnya disyukuri dan bila teman, sahabat, dengan mendengar kabar gembira ini sudah sepantasnya kita ucapapkan dengan do’a yang baik-baik.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

“Baarakallahu laka fii mauhub, waa syakartaa al wahib, waa balagha assyuddahu, wa ruziqta birrahu”

Artinya : Semoga allah memberikan keberkahan kepadamu pada anak yang telah dikaruniakannya kepadamu, semoga kamu dapat mensyukurinya kepada tuhan yang maha pemberi, semoga anak itu akan mencapai umur matangnya serta semoga kamu diberikan rezeki kebaikannya.

Barakallah Fii Umrik Untuk Imamku

Barakallahu fii umrik duhai imamku, ada banyak do’a untukmu… Semoga umurmu selalu diberikan keberkahan oleh Allah, semoga dirimu semakin dewasa dalam menyikapi kehidupan ini. Ingatlah bertambahnya umur, berarti semakin berkurang jatah kita hidup di dunia ini.

Semoga makin giat lagi dalam mendekatkan diri kepada-Nya, maafkan jika diriku belum bisa menjadi istri yang baik untukmu, semoga kamu tak pernah lelah untuk selalu membimbingku agar selalu berada dijalan-Nya, semoga semua keinginanmu segera dikabulkan oleh Allah. Amiin..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.