Cara Cepat Melatih Burung Cipoh Agar Gacor Dan Budidayanya

Cara Cepat Melatih Burung Cipoh Agar Gacor Dan Budidayanya

Burung cipoh adalah burung yang tidak kurang populer seperti burung lovebird, namun, burung ini mempunyai pesona tersendiri terutama jika dilihat dari kualitas kicauannya.

Habitat asli burung ini berasal dari Negara Indian dengan nama latin commoniora selain mempunyai kicauan yang khas burung ini juga memiliki ciri khas tersendiri pada warna bulunya yang membuat kita terpesona.

Hal ini yang menjadi pesona tersendiri terhadap daya tarik burung cipoh, itulah mengapa pada saat ini burung cipoh mulai dikenali dan banyak dikoleksi oleh kalangan pecinta burung kicau.

 

Cara Budidaya Burung Cipoh

burung cipoh
www.rumahdesainminimalis.com

Cara budidaya burung cipoh sebagai berikut.

Pemilihan Indukan

Tahapan awal dalam membudidaya ialah memilih indukan yang berkualitas. Sebab kita tidak dapat mengabaikan tujuan budidaya dimana tujuannya tidak lain adalah untuk mengembangbiakan burung cipoh untuk kemudian diperjual belikan atau hanya sekedar dikoleksi.

Oleh karena itu pada tahap awal tentu anda wajib mengetahui mengenai indukan yang berkulitas, ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

  • Burung yang akan dijadikan indukan baik jantan maupun yang betina harus memiliki kondisi badan yang sehat serta tidak mengalami kecacatan.
  • Memiliki paruh lurus dengan ujung paruh yang tajam, mengenai perbedaan jantan dan betina terletak pada sifat dimorfisme seksualnya, pada burung jantan akan terdapat bulu yang berwarna hitam pada bagian kepalanya sedangkan yang betina dominan memiliki warna hijau dibagian kepalanya.   
  • Indukan yang berkualitas dapat dilihat dari warna bulu yang cerah dan mengkilap.
  • Ciri lainnya yaitu burung memiliki tenaga ditandai dengan kepakan sayap kuat serta gerakan yang aktif dan agresif.
  • Burung memiliki kicauan yang lantang dan keras.
  • Agar dapat dijadikan indukan usia burung harus berkisar sekitar 1-1,5 tahun karena usia tersebut merupakan usia yang cukup produktif.
  • Pilihlah indukan yang kuat serta tidak terpapar penyakit.
  • Indukan yang berkualitas harus memiliki kesempurnaan secara fisik dan tidak mengalami kecacatan.

Selain itu ukuran dan bentuk tubuh yang besar dan tegak juga termasuk kedalam ciri indukan yang berkualitas.

Pembuatan Kandang

Tahapan selanjutnya adalah pembuatan sangkar tidak dapat dipungkiri sangkar merupakan pokok terpenting dalam memelihara serta membudidaya burung, sebagaimana cara budidaya burung plecikacamata.

Sangkar yang digunakan dalam memelihara dan membudidaya burung cipoh juga hampir sama dengan budidaya burung kicau lainnya.

Dalam proses pembudidayaan burung cipoh anda harus menyiapkan 2 sangkar, yang pertama yaitu sangkar yang berukuran besar untuk proses perkawinan dan sangkar yang berukuran kecil untuk proses perjodohan, material yang digunakan untuk pembuatan sangkar yaitu dengan rotan dan bambu.

Jika anda repot untuk membuatnya maka anda bisa dengan mudah mendapatkannya dipasar tradisional, sebab sangkar burung jenis ini banyak di jual di pasar-pasar, dan ukuran idealnya adalah 40x40x60 cm.

Didalam sangkar harus dilengkapi dengan tempat makanan dan minuman, serta peralatan tambahan lain seperti alat untuk tempat bertenggernya burung cipoh, sebab dihabitat aslinya burung cipoh sering bertengger di batang pohon atau di ranting-ranting pohon.

Pastikan tenggeran dibuat dengan kokoh untuk mengantisipasi patah, sebab burung cipoh juga memiliki gerakan yang aktif dan tergolong akrobatik.

Pada saat indukan betina akan bertelur maka anda harus menyiapkan sangkar yang nantinya akan digunakan untuk meletakkan telur dan kemudian mengerami telurnya hingga menentas.

Menjodohkan Indukan

Tahapan selanjutnya dalam budidaya burung cipoh ialah dengan cara menjodohkan kedua indukan cara ini sama halnya seperti budidaya burung cendet, prosesperjodohan ini merupakan tahapan alamiah sebelum akhirnya kedua indukan dapat melakukan proses perkawinan.

Perjodohan dilakukan dengan meletakkan kedua indukan baik jantan maupun betina kedalam dua sangkar yang berbeda, selanjutnya keduanya saling didekatkan selama beberapa hari dan dibiarkan saling mengenal satu sama lain.

Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya perjodohan akan ditunjukkan dengan adanya respon baik dari indukan jantan atau betina yang saling berbalas sahutan dan juga dapat terlihat dari tingkah keduanya yang lebih agresif, setelah proses ini berjalan dengan baik proses selanjutnya ialah mengawinkan induk jantan dan induk betina.

Proses Perkawinan

Proses perkawinan dimulai dengan cara memasukkan indukan jantan dan betina kedalam satu sangkar, secara alamiah keduanya akan melakukan proses perkawinan, proses ini sama dengan cara budidaya burung nuri kepala hitam, waktu yang dibutuhkan untuk mejalani proses perkawinan ini berkisar selama kurang lebih 5-7 hari.  

Jika proses ini berjalan dengan baik akan ditandai dengan kedua indukan ini saling bersikap tenang, namun bila betina bersikap lebih agresif maka hal itu dapat menandakan bahwa si betina hendak bertelur.

Oleh karena itu anda harus kembali memisahkan keduanya. Selanjutnya indukan betina dibiarkan untuk bertelur sedangkan indukan jantan dapat dikawinkan kembalidengan indukan betina lainnya.

Menetaskan Telur

Proses penetasan telur dapat berlangsung paling cepat selama 14 hari dan paling lambat sekitar 21 hari, telur yang belum menetas dalam jangka waktu tersebut menandakan bahwa kualitas telur kurang  baik hal ini sama seperti cara merawat burung cucak rowo.

Dalam sekali bertelur Burung cipoh dapat menghasilkan 2-5 telur, dan biasanya tidak semua telur dapat menetas karena beberapa faktor yang mempengaruhi pada saat pengeraman serta karena kualitas telur yang kurang baik, paling sedikit 1 sampai 3 telur yang dapat menetas sempurna.

Setelah telur menetas maka biarkan anak burung cipoh berada dalam satu sangkar dengan indukannya, hal ini bertujuan untuk menjaga agar keduanya tidak mudah stres atau kepanikan dan agar keduanya dapat berinteraksi sehingga memudahkan proses pertumbuhan anakan burung cipoh.

Setelah budidaya sudah berjalan dengan lancar proses selanjutnya adalah pemeliharaan intensif.

 

Cara Agar Membuat Burung Cipoh Cepat Gacor

burung cipoh
www.jalaksuren.net

Berikut merupakan tips atau cara agar burung cipoh menjadi  cepat berbunyi dan gacor, untuk hasil yang lebih memuaskan Kalian harus mengikuti pola yang sesuai, mulai dari kebutuhan pakannya.

Pemilihan sangkar yang baik dan berkualitas, pemilihan master dan masih banyak lainnya, cara-caranya dapat diuraikan sebagai berikut.

Memilih Master Burung

Memelihara burung cipoh dari hasil tangkapan bukanlah hal yang tergolong mudah, hal ini disebabkan karena burung cipoh cepat merasa terganggu kepada lingkungan barunya belum lagi burung cipoh seringkali takut saat melihat manusia karena mereka terbiasa hidup di alam bebas.

Agar bisa membuat burung cipoh sering berkicau, terutama yang akan kalian jadikan masteran untuk burung kicau lainnya, kalian akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses perjinakan.

Hal yang harus diperhatikan untuk membuat burung cipoh agar cepat jinak, yang pertama adalah menggantung sangkar burung di tempat terbuka karena di habitat asli mereka merupakan alam bebas dan burung ini terbiasa hidup di alam bebas.

Jika tidak digantung di tempat terbuka, burung cipoh akan merasa panik hal ini dapat menyebabkan burung cipoh tidak berkicau, serta Kebanyakan para kicaumania seringkali memelihara burung cipoh jantan untuk pemasteran.

Memperhatikan Pakan Burung

Dalam pemeliharaannya hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas burung cipoh ialah dengan memperhatikan pakan yang akan diberikan kepada burung cipoh, kalian bisa memberikan pakan berupa biji-bijian seperti milet merah atau putih, atau serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto.

Selain itu Kalian juga bisa memberikan mereka sayur karena burung cipoh merupakan jenis burung yang termasuk kedalam golongan omnivora yaitu jenis hewan pemakan segalanya termasuk kedalam nya serangga dan juga tumbuhan,

Jika anda tidak memiliki persediaan pakan untuk burung cipoh anda dapat memberikan pakan berupa biskuit dan roti.

Hal ini menunjukkan bahwa burung cipoh mudah dalam pemeliharaannya, termasuk dalam hal pakan. Tapi agar lebih jinak dan membuat mereka cepat gacor, disarankan untuk memberikan pakan kering seperti voer dan biji-bijian.

Membersihkan Bulu Burung cipoh

Pada umumnya burung cipoh yang didapatkan dari pasar burung dan biasanya didapatkan pedagang dari pemikat hal ini biasanya akan membuat aroma bulunya menjadi tidak sedap. Oleh karena itu jika burung sudah terbiasa beradaptasi dengan lingkungan baru, kalian harus memandikannya terlebih dahulu.

Bahan yang dibutuhkan ketika memandikan burung cipoh adalah dengan menggunakan shampo bayi atau dengan air rebusan daun sirih guna membantu merawat bulunya menjadi berkilau dan sehat jika kalian menemukan burung cipoh di pasar burung, yang biasanya didapatkan pedagang dari pemikat.

Ini biasanya akan membuat bulu burung berbau tak enak, untuk itu, jika burung kalian sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, kalian harus memandikannya terlebih dahulu,

Kalian bisa memakai shampo bayi ataupun memakai air rebusan daun sirih, caranya mudah, kalian hanya perlu membuat buku basah dengan shampo atau air sirih.

Agar bau tak sedapnya hilang, kalian bisa mengeringkannya, lalu menjemurnya, pastikan burung cipoh tidak memiliki kutu ataupun tungau kulit, setelah proses penjemuran, kemudian burung cipoh dikeringkan dengan menggantungkan sangkar di alam terbuka atau bisa di teras rumah.

kalian bisa menyemprotkan larutan freshaves, larutan ini  bertujuan untuk membuat burung fresh dan terhindar dari kutu dan sejenisnya.

Caranya adalah dengan mencampurkan freshaves dengan air dan masukkan kedalam botol sprayer, lalu semprotkanlah ke tubuh burung, setelah burung bersih, selanjutnya ialah melakukan perawatan harian.

Pemberian Pakan Tambahan

Pemeliharaan selanjutnya ialah dengan memberi pakan tambahan seperti ekstra foding, kalian bisa memberikan ulat hongkong, jangkrik, atau kroto, ekstra foding ini bisa membantu burung cipoh  menjadi cepat gacor, untuk pemberian pakan tambahan kalian dapat memberikannya dua kali dalam seminggu.

Melakukan Penjemuran

Proses selanjutnya kalian juga harus memperhatikan masalah penjemuran, untuk proses penjemuran waktu yang kalian butuhkan hanya 2 jam saja, mengingat burung cipoh merupakan burung yang biasa tinggal di alam.

Sedangkan masalah memandikan kalian bisa mengajari burung untuk mandi sendiri, caranya adalah dengan menyediakan cepuk atau tempat untuk menampung air agar mereka bisa mandi sendiri, jika tidak kalian bisa menyemprotkan burung cipoh terlebih dahulu.

Melatih Dengan Burung Yang Sudah Bisa Gacor 

Sedangkan jika ingin memancing suara burung cipoh kalian bisa menyandingkannya dengan burung master atau burung lainnya yang terbiasa berbunyi dan yang sudah terlatih sebelumnya, karena hal seperti ini akan dengan mudah memancing burung cipoh untuk berbunyi dalam jangka waktu yang dekat.

Memelihara Lebih Dari Satu Burung

Memelihara burung cipoh lebih dari satu akan memudahkan proses ini, hal Ini berguna untuk memancing burung cipoh saling bersautan agar lebih cepat gacor, karena pada saat di alam bebas koloni burung cipoh memiliki kebiasaan yaitu saling bersautan antara satu dengan yang lainnya.

Tapi pastikan diantara burung cipoh tidak saling kelihatan atau kalian bisa memisahkan tempatnya di tempat yang berbeda, Ini bertujuan untuk membuat gacor burung cipoh bertahan cukup lama.

Membuat Latihan Dengan Tepat Waktu

Selanjutnya adalah pemilihan waktu yang tepat untuk melatih burung cipoh agar cepat gacor, disarankan kalian membuat jadwal latihan di pagi hari sebelum pukul  11.00, serta membuat jadwal latihan di sore sebelum pukul 17.00.

Kalian juga dapat melatih mereka dengan memberikan pakan voer atau buah-buahan saat mengeluarkannya dari sangkar, akan lebih baik lagi jika kalian menutupi sangkar sehingga burung cipoh menjadi lebih fokus.

Membuat Jadwal Latihan

Saat membuat jadwal latihan untuk burung cipoh perhatikan pula durasinya. Kalian dapat memberikan jadwal latihan di pagi hari dengan berdurasi 30 hingga 60 menit, pastikan untuk rutin melakukann latihan setiap harinya.

Kalian bisa membuka penutup sangkar selesai sesi latihan. Kalian juga dapat memberikan mereka pakan seperti serangga favorit mereka atau buah kesukaannya, jika kalian ingin mengulangi pelatihan, kalian perlu penutup sangkarnya kembali.

Lalu lakukan pelatihan dengan memutarkan suara selama 20 hingga 30 menit. Jika kalian menerapkan latihan ini dengan rutin, terutama pada anak burung cipoh dalam jangka waktu seminggu bisa dipastikan jika burung cipoh kalian sudah menghafal sebagian suara dari pelatihan.

Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan sangkar adalah salah satu hal yang sangat penting bahkan mempengaruhi keberhasilan pelatihan. Agar burung cipoh tidak mudah stres saat didalam sangkar kalian harus rutin membersihkannya.

Mengingat burung cipoh merupakan burung yang terbiasa hidup di alam bebas, sehingga keadaan sangkar yang kotor akibat sisa pakan atau tumpukan kotoran akanmembuat burung cipoh menjadi stres karena ketidaknyamanan dilingkungannya.

Jika kalian jarang membersihkan sangkarnya ini juga bisa membuat burung terserang virus atau bakteri berbahaya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.