Cara Mudah Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Siapa yang tidak mengenal burung cucak hijau atau biasa yang terkenal dengan nama cucak ijo, tetapi burung ini bukanlah keluarga merbah atau cucak-cucakan, burung cucak hijau sama sekali bukan termasuk dalam keluarga cucakrowo atau burung cucak jawa, burung cucak ijo ini memiliki nama ilmiah yaitu Chloropsis sonnerati, yang artinya burung cica, daun nya yang besar di bagian seluruh badan dominan dengan warna hijau.

Chloropsis sonnerati termasuk ke dalam kategori Chloropseidae, keturunan dekat dengan burung cipoh, dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird, jenis-jenis cica daun juga dikenal dengan yang biasa disebutkan  murai daun, bertubuh sedang dengan panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 22 cm.

Seperti umumnya cica-daun, seluruh tubuh didominasi dengan warna hijau terang hijau dau, termasuk pada sayap dan ekor nya, sementara pada bagian pipi dan tenggorokan burung jantan berwarna hitam berkilau perbedaan dengan cica daun yang lain adalah adanya warna (noktah) biru pada bahu burung jantan. burung betina dengan tenggorokan kuning dan lingkaran mata kuning, kedua jenis kelamin memiliki sepasang setrip malar biru berkilau di sisi dagunya.

Pada bagian tubuh Iris mata berwarna coklat gelap, paruh tebal hitam, dan kaki abu-abu kebiruan, jenis burung ini kadang bersikap ganas  terhadap jenis lain yang berukuran lebih kecil, saat berkicau, cica daun besar akan menundukkan kepala, Makanaan burung ini adalah macam-macam serangga dan buah-buahan hutan.

BURUNG CUCAK IJO GACOR

BURUNG CUCAK IJO

www.youtube.com

Burung Cucak ijo gacor adalah salah satu burung kicau yang populer di Indonesia, burung cucak ijo ini sudah terkenal di kalangan pecinta burung kicau lain nya di seluruh indonesia, burung ini memiliki suara yang merdu dan pandai dapat menirukan suara burung kicau lain nya, selain itu burung ini termasuk dalam kategori burung lomba yang sudah banyak peminat nya, sejak dari dulu sampai sekarang tingkat kepopuleran burung ini cenderung stabil dan tidak pernah sepi.

Ciri khas dari burung cucak ijo adalah dapat menirukan suara burung lain dengan sangat cepat, tentu nya jika mencapai level tersebut dapat di latih terlebih dahulu dengan menggunakan suara burung lain dengan media, suara burung cucak ijo yang sudah gacor bisa menggunakan sebagai suara masteran, salah satu burung cucak ijo yang bagus adalah burung cucak ijo dari banyuwangi yang terkenal lebih baik dalam berkicau.

BURUNG CUCAK IJO BETINA

burung cucak ijo

manukgacor.com

Cara memperbedakan cucak Ijo jantan dan betina dengan mudah, apakah anda rumit membedakan perbedaan antara cucak Ijo jantan dan betina ketika masih bakalan? Burung cucak Ijo atau cica daun yakni salah satu burung kicau yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh para kicau mania baik dengan tujuan untuk dimaster, lomba atau hanya sekedar kicauan dirumah

Banyak sekali orang yang mengecek atau meneliti jenis kelamin cucak Ijo terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli burung ini, kejernihan pada saat membeli Cucak Ijo bakalan nantinya sangat berpengaruh dalam mental, tipe suara, jenis dan kontes atau lomba walaupun agak sedikit lebih sulit ketika membedakan kelamin Cucak Ijo ketika masih bakalan, anakan atau bahan, sebelum membeli kita harus lebih teliti dari segi bentuk.

Kali ini saya akan memberikan informaasi dalam pebedaan antara cucak ijo jantan dan betina, berikut ulasan nya:

CARA MUDAH MEMBEDAKAN CUCAK IJO JANTAN DAN BETINA

burung cucak ijo

www.kata.co.id

Cara jitu untuk membedakan jenis kelamin antara cucak Ijo jantan dan betina dapat dilihat dari segala bentuk tubuh mengenai beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

1. Lingkar Mata

bila burung cucak Ijo telah berusia usia tua atau dewasa biasanya akan timbul lebih jelas perbedaan pada bagian lingkar mata, untuk cucak Ijo jantan akan memiliki bulatan lingkar mata yang cenderung berwarna kuning jelas, sedangkan untuk cucak Ijo betina biasanya mempunyai lingkar mata yang tampak jelas berwarna putih.

2. Pupil Mata

Bila kita melihat secara seksama pada bagian mata burung cucak Ijo, kita akan mendapati lingkaran gelap pada bagian bola matanya. dari situ kita dapat membedakan cucak Ijo jantan dan betina, jika pupil mata Cucak Ijo betina biasanya berwarna hitam ke coklatan, sedangakan yang berkelamin jantan pupil akan terlihat hitam jernih.

3. Paruh Bawah

Pada bagian paruh bawah cucak Ijo Jantan akan mempunyai warna cokelat gelap, sedangkan burung Cucak Ijo betina bagian paruh bawah tampak lebih jelas mempunyai warna putih bersih.

4. Tulang Supit / Supit Urang

Cucak Ijo jantan memiliki tulang supit yang keras dan kaku, sedangkan burung cucak Ijo berkelamin betina memiliki tulang supit yang sedikit agak lentur dan terlihat bergeser ke kiri atau ke kanan.

5. Leher

Ketika sudah tiba di usia sekitar 4 sampai 6 bulan, warna leher pada burung cucak Ijo betina terlihat berwarna kuning, namun lama kemudian yang berwana kenung pada bagian leher burung cucak ijo tersebut akan berubah menjadi putih dan kehijauan, sedangkan untuk cucak Ijo jantan warna leher akan terlihat kuning ketika masih bakalan dan lama kemudian akan berubah warna menjadi hitam.

6. Sisik Kaki

Ketika beranjak remaja dan kaki telah bersisik, biasanya cucak Ijo jantan terdapat trotol atau bintik hitam, sedangkan cucak Ijo bentina yang telah bersisik tidak mempunyai warna bintik hitam.

7. Tes DNA Akurat 99%

Cara membedakan kelamin cucak Ijo jantan dan betina dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu, keakuratan tes DNA cucak Ijo diklaim mencapai 99 persen, DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung cucak Ijo betina dan jantan.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan 

  • Mempunyai warna lingkar mata kuning yang pekat dan tegas.
  • Memiliki tulang supit yang keras serta jarak sisi kanan dan kiri rapat.
  • Ketika masih anakan atau bakalan warna paruh coklat gelap.
  • Warna pupil mata tampak hitam dan jernih.
  • Bila diamati kulit kaki terlihat bersisik akan ada bintik hitam.
  • Warna leher kuning ketika umur 4 – 6 bulan, serta berubah menjadi putih dan kehijauan.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Betina :

  • Mempunyai warna lingkar mata kusam serta warna kuningnya tampak memutih.
  • Memiliki tulang supit yang lembek serta jarak sisi kanan dan kiri renggang.
  • Ketika masih anakan atau bakalan warna paruh putih.
  • Warna pupil mata tampak coklat.
  • Bila diamati kulit kaki terlihat bersisik tidak terdapat bintik hitam.
  • Warna leher kuning ketika umur 4 – 6 bulan, serta berubah menjadi hitam.

Ciri Cucak Ijo Mini

Ciri-ciri cucak Ijo mini secara keseluruan sangat mudah dikenali, sebab hampir seluruh badannya didominasi warna hijau, letak kemudahan juga terdapat untuk mengenali ciri jantan dan betina cucak Ijo Mini, betina tidak mempunyai warna hitam di wajah seperti si jantan, untuk jantan dan betina usia muda tidak mempunyai warna kuning di bagian dagu serta leher.

Akan tetapi burung cucak ijo cenderung bewarna hijau dengan garis biru pucat, perbedaan jantan betina juga dapat dirasakan dari segi suara, menurut sebagain penghobi, suara gacor CI mini jantan lebih bervariasi dan berkarakter, selain itu mentalnya juga dianggap lebih berani dan bahkan lebih sering Ngentrok daripada si betina.

sedangkan pada ukuran tubuhnya terbilang lebih kecil dibandingkan dengan kerabatnya yang ada di pulau Jawa dan Kalimantan namun dalam segi kicauan maupun mental, burung cucak Ijo mini sudah tidak usah diragukan lagi, burung yang dalam literatur internasional lebih dikenal dengan nama lesser green leafbird (Chloropsis cyanopogon) ini juga sudah sangat terkenal di mata penghobi burung di Indonesia.

Selain itu sudah menjadi burung peliharaan terfavorit gara-gara memiliki kualitas suara istimewa yang bisa digunakan untuk memaster jenis burung lain, burung mungil tersebut juga mempunyai perawakan indah yang sangat pantas juga disebut sebagai burung hias.

PERBEDAAN CUCAK IJO MINI DAN CUCAK RANTE

burung cucak ijo

www.agrobur.com

Perbedaan Cucuk Ijo Mini dan Cucak Rante dapat kita dilihat dari warnanya, warna cucak Ijo mini secara didominasi berwarna hijau, sedangkan cucak rante mempunyai warna hijau kekuningan, jika dari segi ukuran, keduanya memiliki ukuran yang berbeda, cucak Ijo mini mempunyaii ukuran lebih kecil dari pada cucak rante, cucak Ijo mini mempunyai suara yang bervariasi dan dianggap lebih pandai mengikuti suara burung dibandingkan suara burung cucak rante.

SUARA CUCAK IJO BETINA

burung cucak ijo

rebanas.com

Selain murai batu dan kacer, salah satu burung yang juga bisa disebut sebagai pengicau premium ini, ternyata tak jarang pula berada dalam kondisi yang kurang bagus, bersamaan dengan itu, salah satu masalah yang paling tidak diharapkan dengan setiap kicau mania selaku pemilik dari burung yang dikelompokkan pada genus Chloropsisini ini, yaitu masa-masa dimana ia sedang derita malas dalam berkicau.

Terlebih lagi dalam hal masa-masa malas dalam berkicau atau malas buka paruh, yang menjadi permasalahan nya adalah jika gejala itu melanda cucak ijo jantan, kalau hal semacam itu sampai terjadi, tentunya penampilan lomba akan cenderung kurang maksimal, sehingga otomatis akan mendapatkan fase-fase sulit untuk mendapatkan gelar juara.

Cucak ijo jantan yang yang malas dalam berkicau dapat terjadi karena faktor-faktor tertentu, selain pada pola perawatan yang kurang di harapkan, birahi yang tidak stabil ataupun belum memuncak juga banyak dipercaya bahwa bisa memicu penyebab kemalasan, kalau sang pejantan menjadi malas buka paruh lantaran tingkat birahinya belum memuncak, di dalam fase inilah suara cucak ijo betina dapat memanggil jantan cukup dapat diandalkan.

Sebab suara yang dihasilkan oleh si betina, memang kerap dibilang mampu meningkatkan birahi, dan pada akhirnya pejantan akan menjadi terpikat sehingga berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukkan kebolehannya dalam berkicau guna menarik perhatian dari lawan jenisnya.

Meskipun suara cucak ijo betina banyak diklaim bahwa bisa meningkatkan birahi burung jantan, sehingga dapat membuatnya lebih rajin berkicau, akan tetapi setidaknya akan memperoleh hasil yang lebih maksimal jika diimbangi dengan pemberian pakan-pakan terbaik serta pola perawatan harian yang baik, benar, teratur, konsisten, dan sesuai dengan karakter daripada itu sendiri.

Namun dalam hal tersebut itu tidak diterapkan, juga belum tentu kalau nantinya burung akan cenderung tidak mau berkicau, namun hanya sekedar untuk mendukung tingkat keberhasilan dimana agar cucak ijo jantan bisa lekas rajin buka paruh, maka tidak ada salahnya jika beberapa metode semacam itu juga lebih diperhatikan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.