[Lengkap] Burung Merak, Indonesia, Putih, Kongo Dan Penjelasannya

Burung merak adalah salah satu burung memiliki bulu yang sangat indah di Dunia, apalagi ketika burung itu melebarkan sayapnya, sehingga pada bagian bulu itu terdapat bulatan beragam warna dan memiliki beberapa titik yang hampir mirip seperti bola mata, jika ingin melihat dengan jelas coba saja dekati burung tersebut.

Burung merak memiliki beberapa warna, yang mana salah satu warna dari burung merak itu adalah, burung merak merah, burung merak hijau, burung merak putih dan burung merak biru, dari semua jenis burung merak semua sangat indah ketika sayap yang terdapat pada bulunya ketika mekar.

Sedangkan burung ini juga dapat ditemukan di India, Nepal, Srilangka, Pakistan,Indonesia dan lain-lain, namun, hal sangat disayangkan dari burung merak, kini keberadaannya semakin berkurang akibat beberapa dampak yang menimpa pada burung tersebut.

 

Burung Merak Indonesia

burung merak
pixabay.com

Burung merak Indonesia- di Indonesia sendiri memiliki beberapa jenis burung merak yang terdapat di pulau jawa dan daerah lainnya, dan habitat burung merak di Indonesia ini banyak ditemukan di hutan, tapi sayang, beberapa waktu lalu hutan yang mengandung adanya burung tersebut kini kebakaran.

Sehingga membuat beberapa jenis burung merak java green tersebut berkurang dan bahkan hampir punah, dari hasil yang didapatkan jumlah burung tersebut kini sekitar kurang dari seribu ekor.

Burung merak memang mempunyai bulu yang sangat indah sehingga dari bulu tersebut bisa digunakan untuk membuat salah satu kesenian Indonesia yaitu Reog Ponorogo, namun kini jumlah burung merak tersebut kian berkurang sehingga beberapa orang pengrajin Reog Ponorogo mengimpor bulu merak itu dari India.

 

Burung Merak Hijau

burung merak
pixabay.com

Burung merak hijau adalah salah satu jenis burung dari tiga spesies burung merak dari suku Phasianidae, sama seperti burung merak lainnya yang memiliki bulu nya sangat indah dan cantik, warna hijaunya juga agak keemesan, sedangkan burung betina ukurannya besar kira-kira sekitar tiga meter, dalam bagian atas kepalanya terdapat seperti jambul.

Habitat Burung Merak Hijau

Habitat burung merak hijau banyak ditemukan di hutan terbuka misalnya seperti yang memiliki padang rumput di Tiongkok (RRC) dan lain-lain, sedangkan di Indonesia burung ini terdapat di Pulau Jawa atau daerah lain nya dan banyak ditemukan di hutan atau sesuatu tempat yang tinggi, tapi, keberadaannya kini berkurang bahkan hampir punah.

Selain itu burung merak yang satu ini juga bisa kita temukan di taman nasional alas purwo, provinsi jawa timur, dan dapat diperkirakan masih ada burung merak ini di taman nasional ujung kulon, dan yang terakhir di taman nasional meru betiri.

Burung yang sangat indah ini yang terdapat pada bulunya, sehingga banyak diburu secara liar, untuk dijadikan hewan peliharaan atau bisa juga untuk kebutuhan sesuatu, hal ini sangat disayangkan, karena hewan yang satu ini tergolong satwa yang dilindungi.

Sedangkan menurut hasil dari burung merak di pulau jawa ini kini diperkirakan kurang dari 800-an, akibat dampak dari kebakaran hutan tersebut jumlah nya berkurang, meskipun burung ini besar namun tidak kemungkinan bahwa burung merak susah terbang, bahkan burung ini jika terbang terlihat terampil.

Burung merak jantan akan mengibaskan bulu ekornya yang indah dan cantik itu ketika berhadapan dengan burung betina, dan terdapat yang hampir mirip seperti bola mata ketika burung merak itu mengibasnya, burung merak Hijau betina biasanya menetaskan tiga hingga enam butir telur.

Makanan Burung Merak Biru

Sedangkan makanan burung merak biru yaitu beragam macam biji-bijian, bisa juga makan serangga, beragam macam daun, dan yang terakhir bisa juga ia memakan cacing atau laba-laba.

 

Burung Merak Biru

burung merak
pixabay.com

Burung merak biru atau biasa disebut dengan Merak India ini mempunyai nama ilmiahnya yaitu Pavo cristatus, jenis burung ini adalah salah satu burung dari tiga spesies jenis burung merak, burung Merak Biru ini mempunyai bulu yang warna biru gelap mengkilap dan cantik.

Untuk burung jantan yang sudah dewasa ukuran tubuhnya besar, dan panjangnya sekitar 230 cm, yang dilengkapi penutup ekor begitu panjang dengan warna hijau yang metalik, pada bagian atas kepalanya dihiasi dengan jambul yang tegak berwarna biru yang membentuk mekar mirip kipas.

Sedangkan burung merak betina ukurannya lebih kecil bila dibandingkan burung jantan yang memiliki ukuran lebih besar, bagian bulu-bulunya tidak terlihat mengkilap, warnanya coklat agak kehijauan dengan garis-garis hitam dan tanpa dilengkapi dengan hiasan bulu penutup ekor.

Burung Merak jantan adalah poligami spesies, punya pasangan yang lebih dari satu saat musim berkembang biak, burung jantan akan memamerkan bulu bagian ekornya di hadapan burung yang betina.

Makanan Burung Merak Biru

Sedangkan makanan burung merak biru yaitu beragam macam biji-bijian, bisa juga makan serangga, beragam macam daun, dan yang terakhir bisa juga ia memakan cacing atau laba-laba

 

Burung Merak Kongo

burung merak
www.bernas.id

Burung Merak Kongo jantan dewasa yang memiliki panjang sekitar 70 cm dan punya bulu berwarna biru gelap yang dihiasi warna hijau serta ungu mengkilap dan cantik, sedangkan pada warna kulit lehernya merah dan bagian atas kepalanya terdapat jambul tegak berwarna putih.

Sedangkan populasi burung merak Kongo ini hanya bisa ditemukan di hutan dataran rendah seperti Afrika dan makanan burung ini juga sama seperti burung merak lainnya, yaitu seperti biji-bijian, daun dan beberapa hewan kecil.

 

Burung Merak Putih

burung merak
paxabay.com

Burung merak putih ini termasuk burung yang sangat susah ditemukan karena jumlah populasi nya terbatas dan hanya ditemukan di India dan Srilangka, di kedua Negara tersebut juga populasi nya sedikit, sedangkan burung merak yang bisa kita jumpai di Indonesia sendiri itu di kebun binatang yaitu dari jenis merak hijau (java green) di jawa timur, Taman Nasional Baluran.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.