Tutorial Cara Membuat Anyaman Kertas Yang Mudah Untuk Pemula

Cara membuat anyaman adalah salah satu kerajinan tangan yang sangat kreatif, biasa nya kerajanan tangan ini sangat banyak dilakukan oleh anak-anak sekolah, salah satu yang dikerjakan oleh anak sekolah ialah, cara membuat anyaman dari kertas, bukan hanya anak-anak saja bahkan sampai orang dewasapun membuatnya, biasa nya orang dewasa membuat anyaman dari hal yang rumit sampai mudah, salah satu yang terbilang rumit ialah, salah satunya terbuat dari bambu, yang berbentuk ikan.

Seni kerajinan anyaman ini perkembanganya memasuki Indonesia bisa dibilang telat, berbeda sama kerajinan tangan lainnya, dari bahan apa saja seni kerajanian tangan bisa dibuat dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Asal muasak terbentuknya anyaman ialah sebuah kerajinan sederhana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan, tapi, seiring berjalan nya waktu, seni yang satu ini terus berkembang dengan bahan apa saja, salah satunya adalah, dari bambu, yang menjadikannya benda hias, barang kebutuhan, aksesoris, dan masih banyak lagi.

Kerajinan tangan anyaman termasuk dalam kategori seni rupa terapan 2 dimensi atau 3 dimensi, kenapa disebut 3 dimensi karena mempunyai ukuran yang panjang, tinggi dan lebar, jika dilihat dari beberapa sudut, menjadi tampak benda yang hidup, sedangkan disebut dua dimensi karena bentuk dari anyaman ini dapat berupa sebuah lembaran yang datar.

Cara Membuat Anyaman

cara membuat anyaman

silanesia.com

Cara membuat anyaman ini sangat bagus untuk meningkatkan kreatif dan dapat menjadikan nilai jual yang tinggi dipasaran, salah satunya yang memiliki nilai jual tinggi ialah cara membuat anyaman dari daun kelapa, disini saya akan membahas cara membuat anyaman dari bahan kertas.

Alat Dan Bahan

cara membuat anyaman

plus.google.com

Alat dan bahan cara membuat anyaman kertas simak dibawah ini.

  • Sediakan kertas dengan warna yang berbeda, pakailah dua kertas asturo atau kertas manila, agar motif dari anyaman itu tampak jelas dan menarik, kamu bisa memilih warna apa saja sesuai keinginan.
  • Sediakan gunting, karena sangat berguna untuk pemotong dan juga merapikan sisa-sisa kertas pada anyaman.
  • Sediakan penggaris, karena sangat berguna untuk membuat pola garis pada anyaman, alat ini juga berfungsi untuk membantu saat proses pemotongan dengan menggunakan silet, supaya potongan bisa lurus dan lebih rapi.
  • Sediakan kater atau silet, karena sangat berguna untuk memotong lembaran secara kecil pada kertas anyaman, sehingga menjadi rapi dan siap digunakan untuk membuat anyaman.
  • Sediakan pensil, karena sangat berguna untuk membuat garis-garis pola pada kertas yang akan dibuat sebagai bentuk anyaman.
  • Sediakan lem kertas, karena sangat berguna untuk perekat anyaman, alat ini juga berfungsi untuk perekat pada figura yang bisa digunakan dan hasilnya akan menjadi hiasan dinding.

Step By Step Cara Membuat Anyaman Kertas

cara membuat anyaman

sarungpreneur.com

Step by step cara mebuat anyaman kertas, cara membuat anyaman ini cukup simpel ya gaes, sebenarnya sih banyak anyaman dan caranya terbilang cukup gampang-gampang susah, salah satu nya anyaman tersebut ialah, dengan menggunakan koran dari sedotan, anyaman ketupat, disini kita akan membahas cara membuat anyaman kertas dari yang mudah dulu ya gaes.

  1. Hal yang pertama yang anda harus ialah membuat pola pada lembaran kertas yang akan dibuat menjadi anyaman, gunakan pensil dan penggaris untuk membuatnya, beri jarak antar garis 1-1,5 cm saja, Sisihkan jarak 2 cm pada tepi kertas, anda juga bisa mengatur jarak ini sesuai keinginan anda.
  2. Potonglah pola garis yang telah dibuat menggunakan silet atau kater, kemudian gunakan penggaris untuk membantu potongan supaya menjadi rapi.
  3. Ambil kertas yang kedua, lalu gunting memanjang dengan jarak 1 cm atau 1,5 cm. Pastikan jarak antara kertas yang pertama dengan yang kedua sama.
  4. Setelah itu anda bisa langsung menganyam, jika anda baru mencoba membuatnya, anda bisa membuat anyaman dengan yang mudah saja gak usah yang rumit, jika ada perkembangan anda bisa membuatnya yang lebih rumit.
  5. bila sudah selesai menganyam, maka selanjutnya rapikan ujung kertas yang masih berantakan, anda bisa gunakan gunting ataupun kater untuk merapikannya.
  6. Kemudian langkah terahir ialah gunakan lem untuk merekatkan kertas pada bagian tepi, fungsinya ialah agar anyaman yang sudah anda buat tidak mudah lebas.
  7. Supaya anyaman anda lebih menarik untuk dilihat, maka gunakan figura dan masukan atau tempelkan anyaman anda ke dalamnya, terus pajang anyaman tersebut di tempat yang anda inginkan.

Anyaman Kertas Yang Sudah Jadi Dibuat

cara membuat anyaman

satujam.com

Anyaman yang sudah jadi dibuat akan menampilkan sesuatu kreatifitas yang baik dan menarik dan dapat menjadikan nilai yang bagus untuk dilihat, itulah tutorial cara membuat anyaman kertas, semoga bermanfaat ya gaes.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.