Cara Merawat Rambut Yang Mudah Agar Tetap Sehat Dan Bekilau

Siapa sih yang gak tau rambut setiap manusia memiliki rambut sejak lahir, pengertian rambut ialah sesuatu yang tumbuh keluar dari dalam kulit, rambut tidak memiliki syaraf perasa, tidak seperti bagian tubuh lainnya, ketika rambut itu dipotong tidak akan berasa asalkan jangan ditarik.

Rambut adalah Mahkota bagi semua orang baik itu untuk Perempuan atau Laki-laki, dengan adanya rambut, selain berfungsi untuk menambah penampilan, rambut juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari terik panas nya Matahari, jika rambut ingin terlihat sehat kita harus menjaga dan merawat nya, agar terlihat indah dan berkilau.

Rambut yang sehat ialah rambut yang siklus pertumbuhannya cukup panjang dan memiliki kelembaban yang cukup serta dalam bagian dasar rambut mengandung sel-sel melanosit yang cukup untuk menghasilkan melanin.

Cara Merawat Rambut Secara Alami

cara merawat rambut secara alami

wajahkorea.com

Cara mudah merawat rambut secara alami- Merawat rambut dengan cara alami tentu menjadi sebuah pilihan benar supaya terhindar dari efek samping bila menggunakan obat kimia, karena bahwasanya rambut adalah mahkota bagi semua orang terutama perempuan, maka dari itu sudah sepatut nya kita kita menjaga dan merawat nya agar rambut kita tetap sehat dan berkilau, beberapa orang bahkan rela mengeluarkan banyak isi dompetnya (uang) untuk mendapatkan perawatan rambut sesuai keinginan kita dan tentunya hasil yang di inginkan maksimal.

Bermacam-macam model perawatan rambut baik di bawah ini adalah cara merawat rambut secarwa alami.

Lidah Buaya Dan Alpukat

Lidah Buaya Dan Alpukat

kiatfit.com

Merawat rambut dengan cara alami tentu menjadi sebuah pilihan yang benar supaya terhindar dari efek samping bila menggunakan obat kimia, lidah buaya dan alpukat sama-sama mempunyai manfaat yang bagus sekali untuk kesehatan, bila dikombinasikan, maka keduanya dapat menjadi masker yang melembabkan dan mengeringkan rambut kering, berikut tips mudah yang dapat kamu praktekan di rumah,

  • Siapkan lidah buaya dan potongan alpukat.
  • Campurkan daging lidah buaya dengan alpukat yang sudah dihaluskan.
  • Olehkan masker rambut tersebut secara merata.
  • Siapkan handuk.
  • Tutup bagian rambut selama 30 menit.
  • Yang terakhir bilas dengan air dingin secara keseluruhan.

Minyak Zaitun

minyak zaitun

www.manjadda.com

Bukan hal yang aneh lagi bila minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan kecantikan, bahkan sejak zaman dulu, diolah dari hasil penggilingan buah pohon zaitun, minyak yang sering digunakan oleh masyarakat Mediterania ini mampu meningkatkan kandungan lemak baik,

Karena mengandung banyak vitamin K dan vitamin E, selain banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, menggunakan minyak zaitun juga bisa menjadi salah satu cara untuk merawat rambut loh, beberapa masalah seperti rambut rontok, kasar, ketombe, bercabang dan mengembang, dapat diatasi dengan olesan minyak zaitun.

Bagi kamu yang mempunyai rambut kering, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, lalu pijat secara lembut dan merata, terus tutup kepala dengan handuk bersih selama 20 menit, kemudian cuci rambut hingga bersih, sedangkan untuk yang mempunyai masalah rambut rontok,

Campurkan Dua sendok makan minyak zaitun dengan Satu sendok makan minyak kelapa, oleskan secara merata pada kulit rambut dengan cara dipijat perlahan selama 15 menit, lalu bungkus rambut dengan handuk bersih, terus diamkan semalaman, setelah menginap bilas menggunakan sampo dan air bersih.

Jus Daun Seledri

jus daun seledri

www.gunaguna.com

Dari nama nya saja jus yang berarti minuman yang segar dan jus ini juga menyehatkan badan, tetapi jus daun seledri juga bisa jadikan sebagai salah satu cara untuk merawat rambut, kandungan zinc, protein, dan vitamin A dalam jus ini dapat membantu menghitamkan, meluruskan dan menyuburkan rambut,

Berikut cara membuat Jus Daun Seledri.

  • Bersihkan 6 sampai 9 batang daun seledri.
  • Blender semuanya.
  • Siapkan wadah untuk jus tersebut.
  • Simpan ke dalam kulkas semalaman.
  • Gunakan dipagi hari olehskan secara merata pada rambut.
  • Yang terakhir bilas sampai bersih.
  • Maksimal lakukan 2 kali dalam seminggu.

Manfaatkan Cuka Apel

manfaat cuka apel

cukaapel.org/

Manfaat cuka apel untuk rambut yang harus diketahui di antaranya ialah untuk mengatasi rambut berketombe, rontok, membuat rambut berkilau, dan membuat rambut menjadi lebih halus, berikut cara membuat cuka apel.

  • Siapkan bahan cuka apel, air, lavender dan rosemary essential oil.
  • Campur secara merata.
  • oleskan pada rambut kemudian pijak secara merata selama 5 menit.
  • Diamkan 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Cara lain yang dapat kamu praktekan, yakni campurkan 2 sendok cuka apel dengan air hangat, tambahkan beberapa tetes aroma terapi, lalu aplikasikan pada rambut kamu dan diamkan selama 15 menit, kemudian yang terakhir bilas dengan sampo sampai bersih.

Cara Merawat Rambut

cara merawat rambut

khromabeauty.eu

Cara merawat rambut- karena rambut adalah mahkota bagi semua orang terutama perempuan, maka dari itu sudah sepatut nya kita kita menjaga dan merawat nya agar rambut kita tetap sehat dan berkilau, beberapa orang bahkan rela mengeluarkan banyak isi dompetnya (uang) untuk mendapatkan perawatan rambut sesuai keinginan kita dan tentunya hasil yang di inginkan maksimal.

Banyak cara merawat rambut dan salah satu nya bisa dipraktekan sindiri tidak usah ke salon, dan bisa dilakukan sendiri di rumah berikut ini adalah tips nya.

Memilih Produk

Anda harus tahu jenis rambut seperti apa yang anda miliki, baik itu kering atau berminyak, anda harus menyesuaikannya dengan sampo dan conditioner yang yang sesuai model rambut anda, memakai sampo yang sesuai dengan rambutmu akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut patah, bercabang dan rontok.

Keramas Dengan Air Dingin.

Disini kadang terasa bingung antara keramas dengan air biasa atau air dingin, ternyata memang benar keramas dengan dingin dapat bisa mengatasi rambut rontok, dalam bagaimana cara merawat rambut sehat, ternyata air dingin itu mengandung peredaran darah menjadi lancar, selain air dingin mampu menjaga kekuatan akar rambut, air dingin juga bermanfaat menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut.

Menggunakan Masker

Anda bisa menggunakan masker rambut dengan bahan yang mudah didapatkan, anda tinggal memilih entah itu masker telur, santan, alpuket, buah-buahan atau lidah buaya saya kasih saran sbaik nya menggunakan lidah buaya, karena lidah buaya dapat berfungsi membuat rambut menjadi hitam alami dan menjaga kulit kepala dari ketombe, cara mebuat nya juga sangat simpel yakni mengambil dagingnya dan menggunakan secara merata pada rambut yang telah dibasahi air hangat, terus tunggu hingga 15 menit saja, setelah itu bilaslah dengan air.

Menggunakan Baking Soda

Menggunakan baking soda dapat mengurangi zat kimia yang terkandung dari sisa produk stylingyang baru anda lakukan, cara membuatnya juga tidak rumit, anda tinggal menuangkan Tiga sendok makan baking soda ke dalam air yang akan anda pakai untuk membilas rambut, bilas rambut dengan campuran tersebut secara merata dan semuanya selesai.

Menyisir Rambut Dengan Benar

Terkadang menyisir rambut dalah hal yang sangat sepele, tetapi menyisir rambut dapat berpengaruh kesehatan rambut, cara menyisir yang benar ialah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu setelah itu baru bagian atasnya, menyisir dari atas akan membuat rambut rontok dan patah karena rambut nanti nya akan kusut.

sisir yang terbuat dari plastik dapat memiki daya listrik statis dan membuat rambut anda menjadi rusak, jadi sebaiknya anda menghindari sisir yang bahannya plastik.

Mengonsumsi Vitamin D

Vitamin D merupakan sumber kalsium, bila banyak orang berpikir bahwa kalsium hanya baik untuk tulang, oleh sebab itu sebenarnya kalsium juga baik untuk kesehatan rambut, saat kadar kalsium dalam tubuh berkurang, maka itu berpengaruh juga untuk kekuatan rambut sehingga membuat rambut mudah rontok, mengonsumsi vitamin D akan membantu mendapatkan rambut tumbuh lebih sehat.

Mengonsumsi Oatmeal

Mengkomsumsi Oatmeal ialah salah satu makanan terbaik untuk mencegah rambut rontok, kandungan biotin yang ada dalam makanan ini sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kelembaban pada rambut, bukan hanya untuk rambut, oats juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengontrol tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak Menyisir Rambut Saat Masih Basah

sesudah keramas, biarkan rambut kering terlebih dahulu sebelum menyisirnya, menyisir rambut dalam keadaan basah hanya akan membuat rambut rontok dan patah karena kusut.

Membungkusnya Dengan Handuk

Pada dasar nya rambut itu mudah rapuh apabila di gosokan menggunakan handuk apalagi dalam keadaan basah, maka dari itu lebih baik membungkusnya ketimbang di gosok, karena akan mengakibatkan kerusakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.