doa ketika sakit

Kumpulan Doa Rasulullah Untuk Orang Sakit, Arab, Latin Dan Artinya

Doa ketika sakit– mendoakan atau berdoa orang yang sedang sakit adalah suatu bentuk rasa peduli, sebagai manusia tidak ada salahnya kita mendoakan orang yang sedang sakit, setiap orang yang beragama pasti pernah mendoakan kerabatnya atau keluarganya yang sakit agar cepat diangkat segala penyakitnya.

Berikut kami akan memberikan bacaan doa untuk orang sakit sesuai apa yang telah pernah dibacakan oleh Rasulullah SAW.

 

Doa Agar Penyakit Diangkat Oleh Allah

Doa agar penyakit diangkat oleh Allah- Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa ini yaitu sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sedang sakit, dengan doa ini, Allah diharapkan mengangkat penyakit yang diderita oleh orang tersebut.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya : Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

 

Doa Kesembuhan Penyakit Dalam Islam

doa ketika sakit
www.hijaz.id

Doa kesembuhan penyakit dalam islam- selain doa kesembuhan, kita juga dapat menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan agama dan raga mereka yang bagi orang yang sedang sakit, doa ini yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA sebagaimana riwayat Ibnu Sunni berikut di bawah ini.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya : Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia, (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

 

Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

doa ketika sakit
www.inspiradata.com

Doa untuk orang sakit sesuai sunnah- doa ini  juga salah satu doa untuk meminta kesembuhan yang dibaca Rasulullah SAW untuk keluarganya sebagaimana apa yang telah diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya : Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri, (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

 

Doa Menjenguk Orang Sakit

doa ketika sakit
siraplimau.com

Doa menjenguk orang sakit- kita juga dapat mendoakan kesembuhan dengan menyebut langsung nama orang yang sakit, doa Ini dilakukan Rasulullah SAW ketika menjenguk Sa‘ad bin Abi Waqqash sebagaimana riwayat Imam Muslim berikut, hanya saja kita mengganti nama Sa‘ad dengan nama orang sakit di hadapan kita.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya : Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad, (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

 

Doa Ketika Sakit

doa ketika sakit
wow.tribunnews.com

Doa ketika sakit- sementara dalam lafal doa ini bisa dibaca sebagai alternatif untuk penyakit apa saja, Lafal berikut ini dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk seorang badui yang menderita demam sebagai riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA.

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya : (Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah, (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Banyak bacaan doa yang dapat kita gunakan untuk orang yang sedang sakit, selain menggunakan bahasa Arab, kita juga bisa bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah, agar mudah dipahami, itu sama saja, karena memiliki tujuan yang sama yaitu mendoakan untuk orang sakit.

 

Kata Kata Untuk Orang Sakit

doa ketika sakit
sg.carousell.com

Kata-kata untuk orang sakit- untuk orang yang sedang sakit ketika ia sudah tidak bersemangat lagi ada baiknya kita mencoba untuk membuat kata-kata yang membuatnya termotivasi agar bersemangat lagi, nah, berikut beberapa kata-kata motivasi untuk orang yang sedang sakit di bawah ini.

“Kadang, tuhan menggunakan rasa sakit untuk mengingatkan, mengoreksi, mengarahkan dan menyempurnakan hidup kamu”

“Tuhan menurunkan sakit, dan pula akan menurunkan obatnya, tenang dan bersabarlah”

“Rasa sakit ini hanya sementara, rasa sakit ini ialah penghapus dosa, semoga dibalik semua ini ada hikmahnya”

“Semua itu pasti ada hikmahnya, jangan larut dalam kesedihan ya, semangatlah karena itu akan membuat keadaan lebih baik, kamu harus tahu bahwa sakit itu hanya sebuah penghapus dosa-dosa”

“Saat kamu jatuh sakit, itu mungkin tuhan rindu akan kehadiranmu ketika adzan berkumandang, rindu ingin melihatmu menangis dihadapannya dan berdoa meminta dengannya”

“Bukankah Allah tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan hambanya? dalam Keadaan apapun yang sedang dialami, yakinlah kamu bisa melewatinya walau separah apapun itu, karena Allah itu Maha Benar”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.