Kumpulan Doa Pembuka Rezeki, Nikmat Dan Hikmahnya

Setiap manusia pasti ingin diberikan kelancaran dalam setiap usahanya, selain berikhtiar kita juga harus dibarengi doa agar apa yang kita jalankan mendapatkan ridho oleh Allah SWT dan menjadi sesuatu yang berkah dan halal.

Berikut ulasan mengenai pengertian sedekah, nikmatnya sedekah dan doa pembuka rezeki, semoga apa yang kita baca ini mendapatkan sesuatu yang bermanfaat untuk kita semua, jika ada salah kata, mohon kritik dan sarannya.

 

Pengertian Sedekah

doa pembuka rezeki
konsultasisyariah.com

Sedekah dalam bahasa Arab adalah shadaqoh yang artinya suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai bentuk kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata, sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu’ (sedekah secara spontan dan sukarela).

Di dalam Alquran banyak ayat yang menganjurkan kaum muslim untuk memberikan sedekah dan ayat tersebut yang dimaksud firman Allah SWT yang artinya sebagai berikut:

”Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia, Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS An Nisaa [4]: 114).

 

Nikmatnya Sedekah

doa pembuka rezeki
www.lazharfa.org

Nikmatnya sedekah- sebagai manusia sedekah adalah sesuatu yang sangat dianjurkan, sebagai rasa bentuk sesuatu nikmat yang diberikan oleh Allah atas rezeki yang kita dapatkan hari ini, berikut beberapa nikmat sedekah tersebut.

  • Bahagia
  • Ikhlas
  • Sabar

Itulah beberapa rasa setelah kita bersedekah, ya, memang sedekah membuat harta kita berkurang, namun dalam pandangan islam jika kita sedekah malah akan mendapatkan sesuatu yang lebih besar lagi nanntinya, maka dari itu jangan sungkan untuk sedekah.

 

Doa Pembuka Rezeki

doa pembuka rezeki
kajianperkantoran.org

Doa pembuka rezeki- setiap manusia pasti ingin diberikan kelancaran dalam usahanya, selain berdoa kita juga di harus kan untuk berikhtiar, berikut beberapa doa pembuka rezeki dibawah ini dan semoga kita dapat di ridhoi oleh Allah SWT dalam usahanya yang lancar dan berkah.

Doa Pembuka Rezeki Pertama

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik), (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Do’a dari hadits ‘Ali, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa sebagai berikut.

Doa Pembuka Rezeki Kedua

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”

[HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan]

Doa Pembuka Rezeki Ketiga

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

(Intisari dari doa pada Anas dan hadits Abdurrahman bin Abi Bakrah di sini).

Doa Pembuka Rezeki Keempat

Qala rabbi ighfir lee wahab lee mulkan la yanbaghee liahadin min baAAdee innaka anta alwahhabu.

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Shaad 38: 35)

Doa Pembuka Rezeki Kelima

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.

Artnyai: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku”. (HR. Muslim no. 35, 2697)

Doa Pembuka Rezeki Keenam

Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii”.

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku).” (HR. Ahmad 1: 371. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa haditsnya hasan).

Itulah kumpulan doa-doa pembuka rezeki yang bisa kita bacakan, dalam doa-doa tersebut semoga kita dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT yaitu rezeki yang halal dan berkah untuk kita semua.

 

Hikmah Sedekah

doa pembuka rezeki
www.konfrontasi.com

Hikmah sedekah- orang yang gemar sedekah memiliki hikmah yang begitu istimewa, pasti kita pernah dengar kata kata ini “ tangan diatas lebih baik ketimbang tangan dibawah” nah, itulah mengapa kita harus gemar sedekah, apalagi dalam islam kita harus saling membantu sesama manusia, berikut hikmah-hikmah sedekah dalam islam tersebut.

  • Memperkuat Iman
  • Meningkatkan Empati Sosial
  • Menghindari Sikap Kikir
  • Menyembuhkan Penyakit
  • Mengabulkan Hajat
  • Meringankan Sakratul Maut
  • Menjauhkan Bencana
  • Memperbanyak Rezeki
  • Memperoleh Naungan Hari Kiamat
  • Memperpanjang Umur

Itulah beberapa hikmah yang dapat kita raih jika kita gemar untuk bersedekah, semoga apa yang dapat kita hari mendapatkan sesuatu rezeki yang halal dan berkah, jangan lupa juga untuk bersyukur, perlu digaris bawahi bahwa semua itu adalah titipan Allah SWT.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.