Doa Setelah Sholat Hajat Yang Mustajab | Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Orang yang sedang mengalami banyak masalah atau kesulitan yang menimpa manusia entah itu untuk pribadi dianjurkan untuk melakukan sholat hajat agar Allah mengabulkan apa yang sedang menjadi hajat kita, boleh dikerjakan dua rakaat atau 12 rakaat.

Waktu Sholat Hajat

sholat tasbih

www.dream.co.id

Waktu sholat hajat sebenarnya pelaksanaan sholat hajat ini tidak memiliki waktu yang khusus yang berarti dapat dilakukan kapan saja akan tetapi tidak bisa dilakukan waktu terlarang, misalnya setelah sholat subuh dan sholat ashar, waktu yang lebih baik dalam sholat hajat ini sebaiknya dikerjakan pada saat sepertiga malam.

Sama hal nya seperti sholat tahajud yang dapat dikerjakan ketika sepertiga malam, namun sedikit berbeda dalam pelaksaannya, yang mana sholat hajat itu dikerjakan setelah bangun tidur, sedangkan sholat tahajud tidak diharus kan tidur terlebih dahulu.

Niat Sholat Hajat

doa setelah sholat dhuha

mozaik.inilah.com

Niat sholat hajat berikut di bawah ini.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Niat Sholat Hajat Latin

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Arti Niat Sholat Hajat

Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Doa Setelah Sholat Hajat

doa setelah sholat istikharah

banjarmasin.tribunnews.com

Doa setelah sholat hajat- setelah sholat hajat hendaknya seseorang memuji Allah dan membaca shalawat untuk Rasulullah SAW, meski Allah SWT sudah tahu apa yang hambanya minta akan tetapi sebaiknya ia berdoa seperti yang diajarkan Rasulullah SAW sebagai berikut.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Doa Setelah Sholat Hajat Latin

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Arti Doa Setelah Sholat Hajat

Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.

Tata Cara Sholat Hajat

doa setelah sholat dhuha

www.blogkhususdoa.com

Tata cara sholat hajat- kita dapat menyimpulkan bahwa sholat hajat bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Sholat dua rakaat (atau 12 rakaat).
  • Dianjurkan membaca Surat Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Al-Ikhlas (atau Surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya).
  • Membaca shalawat.
  • Doa yang warid, doa hajat.
  • Doa kepada Allah menyatakan hajat pribadinya.

Keutamaan Sholat Hajat

doa setelah sholat dhuha

www.kabarmakkah.com

Keutamaan sholat hajat- dalam Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq menyebutkan keutamaan sholat hajat yang mengutip hadits shahih dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda.

مَنْتَوَضَّأَفَأَسْبَغَالْوُضُوءَثُمَّصَلَّىرَكْعَتَيْنِيُتِمُّهُمَاأَعْطَاهُاللَّهُمَاسَأَلَمُعَجِّلاًأَوْمُؤَخِّراً

Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat (HR. Ahmad).

Sesuai hadist diatas yang dijelaskan mimiliki beberapa keutamaan sholat hajat diantarnya yaitu sebagai berikut.

  • Keinginan Atau Keperluan Cepat Atau Lambat Akan Dikabulkan

Allah selalu menganjurkan supaya dalam segala keperluan dan kebutuhan sebesar apapun atau sekecil apapun agar selalu meminta kepada-Nya, dengan melakukan sholat hajat maka segala keperluan kita akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah ketimbang orang yang tidak berdoa.

Salah satu contohnya seperti bila ada anggota keluarga kita yang akan melakukan pernikah, maka dianjurkan dan mengerjakan sholat hajat dengan berdoa meminta agar acara pernikahan itu berjalan lancar atau sesuatu masalah seperti hujan, dan memohon agar tidak hujan.

  • Pasrah Dengan Segala Ketentuan Allah SWT

Sebagaimana manusia kita hanya pasrah terhadap ketentuan yang diberikan oleh Allah SWT, ya, walaupun kita sudah rutin mengerjakan sholat hajat atas doa-doa yang kita panjatkan, namun tetap saja Allah yang menentukan.

  • Ikhlas Menerima Bila Keinginan Kita Tidak Sesuai Dengan Rencana

Salah satu hal yang mungkin berat yang dapat kita terima adalah Ikhlas, namun kita harus tahu apa sudah menjadi ketentuan dan jalan hidup kita, kita harus pasrah dan ikhlas apa yang menjadi ketentuan Allah, percayalah bahwa Allah mempunyai rencana yang lebih baik.

  • Dapat Mengendalikan Segala Kebutuhan

Pada kenyataannya manusia itu memiliki kebutuhan entah itu kebutuhan pokok atau lain-lain yang dapat kita perlukan, salah satu contohnya seperti membeli paket internet, karena di zaman sekarang ini teknologi semakin canggih dan sudah pasti memerlukan banyak uang yang harus dikeluarkan.

  • Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Dengan bertambahnya ibadah kita sehingga membuat kita lebih dekat dengan Allah dan membuat kita menjadi orang yang beriman dan bertaqwa.

  • Termotivasi Untuk Berusaha Menjadi Lebih Giat

Dengan mengerjakan sholat hajat secara rutin membuat kita termotivasi menjadi lebih rajin lagi dari sebelumnya, contoh nya seperti dalam pekerjaan kemudian kita naik jabatan ia akan lebih rajin lagi dalam bekerjanya.

  • Menghindar Dari Bisikan Setan

Pada dasarnya setan itu bertugas untuk membujuk atau membisikan manusia kejalan yang tidak benar, dengan kita mengerjakan sholat hajat maka kita akan mencegah dari hal-hal itu.

  • Selalu Siap Dengan Apapun Yang Terjadi

Orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah akan senangtiasa menerima segala takdir yang sudah menjadi ketentuan Allah, sesudah usaha dan doa bahkan solat hajat kita kerjakan semua kita serahkan kepada Allah dengan segala apapun keputusannya dan mengharapkan pemberian yang terbaik dari Allah.

Adapun itu cepat atau lambat bahkan bila keinginn kita tidak dikabulkan sekalipun kita tetap berfikir positif atau berhusnudzon kepada Allah, kita selalu berfikir pasti ini adalah jalan yang terbaik yang sudah menjadi ketentunnya, atau mungkin Allah merencanakan sesuatu yang indah buat kita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.