Kumpulan Gambar 2 Dimensi Dan Karya Seni 3 Dimensi

gambar 2 dimensi

Seni rupa yaitu salah satu cabang seni yang membentuk suatu karya seni menggunakan media yang dapat dilihat oleh indra penglihatan dan dapat dirasakan melalui indra peraba, bila dilihat dari segi bentuknya, seni rupa dibagi menjadi dua jenis, yakni seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni yang hanya mempunyai dua sisi, yakni sisi lebar dan panjang,  seni rupa 2 dimensi ini tidak memiliki tempat karena tidak mempunyai ketinggian atau ketebalan, meskipun seni rupa 3 dimensi tidak hanya terdiri sari panjang dan lebar saja, namun mempunyai ruang atau volume.

Dalam seni rupa jika di tinjau dari segi fungsinya di bagi menjadi beberapa karya seni rupa yakni seni rupa terapan dan seni rupa murni, sedangkan jika seni yang di tinjau dari segi bentuknya, lalu seni rupa di bagi atas karya seni rupa 2 dimensi dan juga seni rupa 3 dimensi.

Perbedaan seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi kecuali perbedaan nya bila anda juga bisa mendapati contoh-contoh dari ke dua seni rupa tersebut, jika di bahas sebagai detail tentang pengertian seni rupa 2 dimensi, teknik yang di gunakan pada seni rupa 2 dimensi dan juga contoh seni rupa 2 dimensi.

Unsur-unsur yang ada pada seni rupa 2 dimensi dapat di mengerti oleh seorang seniman agar nanti akan mendapatkan hasil karya yang maksimal, bika dilihat dari dimensinya lalu karya seni rupa dibagi menjadi dua bagian yaitu: Karya seni rupa dua dimensi yang mempunya dua ukuran dan karya seni rupa tiga dimensi yang memiliki tiga ukuran atau mempunyai ruangan.

Bila di lihat dari fungsinya maka karya seni rupa juga ada yang di buatan dengan memberikan pertimbangan utama yakni untuk memenuhi fungsi-fungsi praktis, karya seni rupa seperti ini bisa di kategorikan kedalam jenis karya seni rupa terapan.

Dalam pembuatan karya seni rupa terapan ini maka biasanya melalui beberapa proses seperti proses perancangan desain, untuk memberikan pertimbangan bidang-bidang dalam karya seni rupa terapan juga memiliki fungsi untuk mempercantik dari segala segi bentuk dan tampilan dari sebuah benda dan meningkatkan kenyamanan bagi penggunanya.

GAMBAR 2 DIMENSI YANG MUDAH

gambar 2 dimensi

tekoneko.net

Gambar 2 dimensi yang mudah adalah membuat sketsa, tahap awal dari sebuah lukisan yang belum jadi atau masih kasar dan ringan yang pada umumnya digunakan sebagai kerangka dalam bentuk karya seni lukis atau bisa juga digunakan sebagai proses awal dalam menampakan gagasan, konsep atau ide tentang sesuatu.

Gambar sketsa dapat di golongkan sebagai seni rupa murni, namun tujuannya bisa juga menjadi sebuah seni terapan, pada saat seorang arsitek membuat sketsa untuk rancangan arsitekturnya, bahwa nilai dari pada gambar sketsa tersebut menunjukkan penerapannya dalam ruang lingkup kehidupan sehari-hari.

Media yang digunakan untuk membuat sketsa banyak beragam metode, pada media kering, sketsa bisa dikerjakan dengan menggunakan silverpoint, pensil, arang, pastel, atau grafit.

Selain dari itu juga bisa menggunakan tinta dan pena, pena bolpoin, cat minyak dan cat air, sketsa yang menggunakan cat air dan cat minyak biasa dikenal dengan istilah “sketsa cat air” atau “sketsa cat minyak”, untuk karya tiga dimensi, seorang seniman atau pematung bisa membuat sketsa dari plastisin, wax, atau tanah liat.

JENIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI

gambar 2 dimensi

www.pandaibelajar.com

Jenis karya seni rupa 2 dimensi, berikut adalah beberapa jenis-jenis karya seni rupa 2 dimensi:

1. Seni Grafis 2 Dimensi

gambar 2 dimensi

friscapradistya.blogspot.co.id

Seni grafis yaitu ungkapan visual ke dalam bidang 2 dimensi, seumpama salah satu cara dalam menciptakan karya seni rupa dengan memanfaatkan media cetak mencetak, dengan menggunakan media cetak, sebuah karya dapat direproduksi atau digandakan menjadi banyak dalam jumlah tertentu tanpa mengubah  menghilangkan orisinalitasnya.

2. Seni Lukis

gambar 2 dimensi

rwinardi.blogspot.co.id

Seni lukis yaitu salah satu dari sekian banyak bagian-bagian seni rupa, seni lukis sendiri adalah seni yang mengapresiasikan kreatifitas seorang seniman melalui bidang dua dimensi, seperti kanvas, papan, kertas, dan sebagainya dengan cara melukis. dengan cara melukis, seorang seniman akan menghasilkan sebuah seni yang dinamakan seni lukis.

Melukis sendiri adalah sebuah kegiatan mengolah medium 2 dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu, medium lukisan sering kali dilukiskan diatas kanvas, namun pada saat sekarang ini medianya bisa berupa kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisadianggap sebagai media lukisan, alat yang digunakan dalam melukispun beragam asalkan dapat memberikan imaji tertentu sesuai dengan media yang digunakan.

3. kaligrafi 2 Dimensi

gambar 2 dimensi

gambarkeren.co

Kaligrafi merupakan seni tulis yang berkembang di Jazirah Arab, kaligrafi selalu menjadi suatu seni tulis yang indah dan selalu terdapat di setiap sudut masjid, pada umumnya kaligrafi merupakan tulisan Arab yang ditulis dengan beberapa guratan dengan memperhatikan unsur artistik dari setiap tulisan. tulisan tersebut selalu menjadi hiasan seni rupa yang disukai oleh banyak orang.

Kaligrafi merupakan suatu seni tulisan yang biasanya merupakan kalimat bahasa arab yang indah, setiap seni kaligrafi yang ditampilkan selalu memiliki unsur-unsur keindahan pada setiap pola dan bentuknya, gambar kaligrafi selalu membuat seseorang terpesona dengan keindahan dari gambar kaligrafi.

CONTOH SENI RUPA TERAPAN 2 DIMENSI

gambar 2 dimensi

www.duniaq.com

Contuh seni rupa terapan 2 dimensi lain halnya dengan seni rupa murni, seni rupa terapan selain berfokus pada nilai-nilai keindahan juga benar-benar memperhatikan nilai praktis atau kegunaan dari suatu karya dalam menunjuang kebutuhan hidup manusia, seni ini mengalir dan menyatu dalam benda-benda yang dibutuhkan manusia dalam kehidupannya sehari-hari. adapun beberapa contoh seni rupa terapan antara lain rumah, dekorasi,  busana, dan seni kriya.

CONTOH SENI RUPA 3 DIMENSI

gambar 2 dimensi

noticias.bol.uol.com.br

Contoh seni kriya merupakan salah satu jenis karya seni rupa 3 dimensi yang juga merupakan kombinasi seni rupa terapan dan seni rupa murni, mengapa seperti itu? seni kriya dibuat tidak hanya untuk sebuah fungsi, tetapi juga memandang nilai estetika dari karya yang dibuat, secara singkat, seni kriya dapat diartikan sebagai seni kerajinan tangan, orang yang membuat seni kriya benar-benar mengandalkan keahlian tangannya agar karya yang diciptakannya memiliki fungsi dan elok saat dilihat.

Istilah seni kriya mungkin terdengar elit, karena pada kenyataannya seni kriya itu memang sesuatu yang bisa dianggap mewah, biasanya, hasil seni kriya sering kita temukan di tempat-tempat yang berhubungan dengan pariwisata, misalnya saja di lobby hotel atau rumah makan. Kita bisa menemukan kursi, meja, atau guci yang tidak hanya dipakai sesuai fungsinya, tetapi juga untuk kebutuhan memanjakan mata para pengunjungnya.

Selain di kedua tempat tersebut, seni kriya juga dapat dilihat pada rumah-rumah yang memakai gaya Jawa atau Bali, seni kriya yang dipakai pada rumah-rumah dengan gaya tersebut biasanya terletak pada ukiran pintu, tembok, atau langit-langit rumah.

FUNGSI SENI RUPA 2 DIMENSI

gambar 2 dimensi

www.cabeau.com

Fungsi seni rupa 2 dimensi memiliki beberapa fungsi yaitu: fungsi individu dan fungsi sosial tentu saja ke dua nya memiliki perbedaan.

 

  • Fungsi Individu

 

Fungsi seni rupa individu yaitu berupa untuk memuaskan diri sendiri, artinya seseorang menciptakan karya seni itu hanya untuk mengekspresikan dirinya untuk memuaskan batin.

Tentu saja hasil karyanya akan memancarkan aura yang sangat mendalam karena menumbuhkan hasil luapan ekspresi dari seseorang entah itu senang, sedih dan lain sebagainya.

 

  • Fungsi Sosial

 

Sedangkan fungsi rupa sosial dari seni merupakan yang menciptakan kepuasan banyak orang, seumpama dari seni dalam bidang rekreasi yang bisa dinikmati banyak orang, seni dalam komunikasi agar bisa menarik di hadapan banyak orang, serta seni di bidang rohani.

Sedikit membagi informasi yang cukup padat seputar keseniaan, dari berbagai penjelasan di atas, sekarang ini kamu jadi lebih tau kan apa saja yang di maksud seni rupakhususnya  seputar pengertian, unsur, macam-macam seni, serta fungsi dari seni rupa.

CONTOH SENI KRIYA 2 DIMENSI

gambar 2 dimensi

satujam.com

Contoh seni kriya 2 dimensi sangat banyak macam atau jenis seni kriya dan juga kita mudah untuk menemukanna di berbagai daerah nusantara, berikut ini merupakan jenis dan contoh seni kria yang terdapat di Indonesia.

Ada banyak bahan yang bisa kita gunakan sebagai media untuk membuat seni kriya dua dimenis ini contohnya kertas, kayu, kulit dan yang lainnya. untuk saat ini perkembangan dari seni kriya dua dimensi sangat pesat, ada yang menggunakan teknik yang sederhana dan juga menggunakan teknik modern.

Media yang dipakai juga tidak terbatas terhadap media umum saja, melainkan juga media-media lain yang jarang dipungsikan untuk seni seperti tubuh manusia dan lain-lain

Contoh seni kriya yang kedua ini adalah seni kriya untuk membuat sebuah kerajinan tangan dengan hasil memiliki panjang, lebar, dan tinggi atau suatu seni yang memiliki volume juga menempati ruangan, berikut ini beberapa cara membuat seni kriya 2 dimensi dengan bahan-bahan yang mudah di dapati.

Seni Kriya Dari Bahan Keramik

gambar 2 dimensi

id.aliexpress.com

Contoh seni kriya tiga dimensi yang pertama ini biasanya dibuat dari tanah liat sebagai bahan dasarnya, di Indonesia sendiri kerajinan ini sudah ada semenjak zaman dahulu dan sampai sekarang karya seni ini masih tetap bertahan, contoh dari kerajinan berbahan keramik adalah gucci, vas bunga, kendi, teko, peralatan rumah tangga dan lain-lain.

Seni Kriya Dari Bahan Kulit

gambar 2 dimensi

senibudaya-ind.blogspot.co.id

Contoh seni kriya tiga dimensi yang ketiga ini sangat beragam bentuk dan juga jenisnya. Umumnya bahan kulit digunakan untuk oembuatan kerajinan seperti tas, jaket, wayang kulit, sepatu dan alat musik rebana.

Seni Kriya Anyaman

gambar 2 dimensi

bobo.grid.id

Contoh seni kriya tiga dimensi yang terakhir ini biasanya memakai bahan dasar berupa tali, bambu, plastik, dan daun, bahan-bahan itu dibuat untuk berbagai kerajinan tangan yang mempunyai keelokan serta seni yang tinggi dan juga nilai jual, untuk saat ini sudah mulai sulit untuk menemukan seni kriya anyaman. Penyebabnya adalah banyak yang sudah tergantikan dengan barang yang lebih modern. Contoh kerajinan anyaman ialah topi, tudung nasi, tikar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seni Kriya Dari Bahan Kayu

gambar 2 dimensi

cinderamatacirebon.wordpress.com

Contoh seni kriya tiga dimensi yang ini tercipta berbagai jenis kerajinan semisal topeng, patung, wayang golek, dan hiasan ukir-ukiran.

Seni Kriya Dari Bahan Logam

gambar 2 dimensi

www.tokopedia.com

Contoh seni kriya tiga dimensi yang kedua ini adalah kerajinan yang berbahan dasar dari logam, seperti perak, perunggu, emas, besi, alumunium dan kuningan.

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.