Perjalanan Pendaki Perdana Gunung Ciremai

gunung ciremai

Gunung ceremai adalah gunung berapi yang masih aktif yang meliputi dua kabupaten yaitu, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Malalengka, provinsi jawa barat, indonesia. gunung ini memiliki ketinggian 3.078 mdpl dan gunung tertinggi di jawa barat.

Gunung ceremai memiliki kawah dan di sebelah selatan lereng terdapat bekas letusan yang di sebut Gowa walet.asal usul nama gunung cereme ini berasal dari kata cereme yang artinya, tumbuhan berbuah kecil dengan rasa asam.

Perjalanan Pendaki Perdana

GUNUNG CIREMAI

Ketika itu sebelum nya saya tidak sama sekali mempunyai keinginan untuk mendaki gunung, karena rasa penasaran saya semakin tinggi dan seperti nya menarik saya mengikut sertakan untuk pendakian, saya melakukan pendakian pertama kali di gunung ceremai tepat nya dua tahun lalu setelah idul fitri.

setelah beberapa kali rapat untuk pendakian kami memutuskan berangkat menggunakan sepeda motor karena gunung tersebut tidak tidak jauh dari desa kami hanya menempuh jarak sekitar 2 jam setengah.

Kami beranggota 14 orang dan mulai berangkat dari Haurgeulis menuju Majalengka kami berencana sebelum mulai pendakian untuk menginap dahulu di kosan  salah satu dari anggota kami yaitu di Majalengka dan melakukan perjalanan menuju basecamp gunung ceremai pada pagi hari pukul 04:30 Wib.

Pukul 04:30 pagi hari kami berangkat dari majalengka menuju basecamp gunung ceremai dan kami berencana untuk melewati jalur apuy, seiring perjalanan menuju basecamp trek yang kami lalui lumayan cukup curam terus menanjak dan berbelok dengan keadaan masih terbilang agak gelap meskipun ada sedikit cahaya kami harus tetap berhati-hati dan akhir nya kami sampai di basecamp gunung ceremai.

Basecamp Gunung Ciremai

GUNUNG CIREMAI

Setelah sampai di basecamp dan tak lama beristirahat kami langsung registrasi, tiket masuk gunung ceremai Rp.50,000 sudah mendapatkan sartifikat dan slayer karena gunung ceremai ini sudah masuk kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC), selesai registrasi kami mulai melakukan perjalanan.

perjalanan menuju pos 1 ini masih beraspal dan menanjak namun tidak begitu curam, di samping itu pepohonan masih sedikit terbuka lalu kami bertemu persimpangan yang konon katanya adalah jalur evakuasi, jalur evakuasi sebelah kanan sedangkan jalur yang kami pilih sebelah kiri tak lama kemudian dan melewati jalur beraspal kami telah sampai di pos 1.

POS 1 (ARBAN)

rifanfauzan.wordpress.com

Sampai di pos 1 kami beristirahat sebentar,di pos ini juga terdapat pendopo tempat untuk berteduh dan beristirahat, setelah beristirahat kami melanjutkan perjalanan menuju pos 2, trek masih sedikit landai kali ini trek sudah tidak beraspal.

Namun lama kemudian trek mulai menanjak terjal dengan akar pohon yang malang melintang, setelah dengan kesabaran dan perjuangan kamipun telah sampai di pos 2.

POS 2 (TEGAL PASANG)

GUNUNG CIREAMI

schodeilham.com

Di pos 2 ini kami beristirahat kembali yang sempat di jalur tadi cukup menguras tenaga, baru di pos 2 sudah mulai terasa cape nya tapi perjalanan masih panjang kami melanjutkan berjalan menuju pos 3.

Masih tetap sama jalur yang kami lalui semakin menanjak belum lagi akar-akar pohon yang malang melintang, sebanar nya bagus juga untuk pijakan tapi harus hati-hati terkadang licin, setelah melalui jalur yang sama seperti sebelum nya kami telah sampai di pos 3.

POS 3 (TEGAL MASAWA)

GUNUNG CIREMAI

Di pos ini cuaca mulai terasa dingin kami memutuskan untuk beristirahat, ngemil dan ngopi terlebih dahulu, pos ini lumayan cukup luas termasuk tempat favorit untuk mendirikan tenda bagi para pendaki yang ingin bermalam di pos ini, setelah cukup beristirahat dengan keadaan dingin kami melanjutkan perjalanan menuju pos 4.

Trek yang kami lalui menuju pos 4 ini mulai ada adegan manjat memanjat dengan tali yang sudah di sediakan cukup berhati-hati jika melewati jalur yang menggunakan tali karena resiko nya besar harus tetap fokus dalam pijakan di setiap langkah, setelah melewati adega manjat memanjat tak lama kemudian kami sampai di pos 4.

POS 4 (TEGAL JAMUJU)

simplyindonesia.wordpress.com

Sampai di pos 4 (TEGAL JAMUJU) kami beristirahat nampak nya dari anggota kami mulai kelelahan dan agak sedikit kesal juga karena sebagian logistik penting yang berada di teman kami masih tertinggal di belakang, setelah lumayan lama beristirahat dan menunggu teman sudah datang kami melanjutkan perjalanan.

Kali ini trek lebih berat dari sebelum nya di jalur menuju pos 5 masih ada adegan manjat memanjat menggunakan tali jadi kami harus sangat berhati-hati karena tenaga kami sudah mulai terkuras.

Dengan kesabaran, semangat juang kami, kami dapat melewati nya dan sampai di pos 5 yang menjadi tempat tujuan kami untuk mendirikan tenda dan melakukan summit.

POS 5 (SANGHYANG RANGKAH)

GUNUNG CIREMAI

pos 5 ini adalah tempat favorit para pendaki untuk melakukan summit karena tempat ini luas, cukup untuk mendirikan banyak tenda sesampai di pos ini nampak nya kami tidak berungtung karena lahan di pos ini sudah penuh dan terpaksa kami harus mencari tempat lain yaitu dengan tujuan camp di pos 6 (GOA WALET)

Menuju pos 6 di trek ini membuat putus asa dari salah satu anggota kami yang sempat sebelum nya tenaga mulai terkuras habis akibat dengan tanjakan-tanjakan yang begitu sadis.

Perjalanan menuju pos 6 ini memang kami di manjakan dengan trek yang terus menanjak dan sempit yang tak ada habis nya dan pepohonan mulai terbuka hanya ada tumbuhan ilalang dan edelweis.

dengan keadaan antara mampu dan tidak kami menemui titik terang yang sebentar lagi sampai, kami melewati persimpangan antara jalur apuy dan jalur palutungan, tak jauh dari persimpangan kami melihat pos 6 dan akhir kami sampai.

POS 6 (GOA WALET)

eldesimedis.blogspot.com

Sampai di pos 6 kami berencana untuk mendirikan tenda dan melakukan summit dari sini yang terbilang relatif lebih dekat dengan puncak ketimbang di pos 5,

Setelah sempat mau mendirikan tenda tiba-tiba salah satu dari anggota petugas gunung ceremai menghapiri kami dan menyampaikan supaya jangan mendirikan tenda di area pos 6 kami semua terdiam dan berdiskusi mencari solusi dan akhir nya kami serentak turun kembali dengan muka yang sedikit kecewa.

Dengan sedikit keluhan dan mencari tempat yang baik untuk mendirikan tenda akhir nya kami menemukan lahan yang lumayan cukup untuk 3 tenda yang bertepatan di pertengahan pos 6 samping jalan, kami langsung mendirikan tenda untuk bermalam dan melakukan summit dari sini.

Summit Attack Dan Puncak

GUNUNG CIREMAI

Kami mulai melakukan summit dari pertengahan menuju pos 6 pada pukul 04:30 Wib sebelum melakukan summit rupanya sebagian dari anggota kami tidak ikut, karena faktor kelelahan karena kami harus mengulang kembali trek yang begitu terjal dan sempit.

Setelah melalui trek yang harus mengulang kami telah sampai di pos 6 (GOA WALET)

dari pos 6 menuju puncak nampak nya trek yang kami lewati berbeda, kali ini trek banyak di dominasi batu-batu yang besar dan menempel pada jalur yang kami lewati,setelah melewati trek bebatuan kami telah sampai ke puncak tertinggi di Jawa Barat yaitu puncak gunung ceremai.