Hewan Terbesar Di Dunia Yang Pernah Ada Di Planet Bumi Ini

Hewan atau biasa yang di sebut dengan binatang adalah kubu makhluk hidup dalam dalam benua animalia atau metazoa adalah salah satu dari semua makhluk hidup yang berada didunia, selain itu sebutan kata lainnya adalah fauna dan margasatwa atau satwa.

Sedangkan dalam bahasa inggris hewan disebut dengan animal dan dalam bahasa latin yaitu animalis, yang artinya mempunya napas, nonformal sehari-hari, kata tersebut biasanya mengacu pada hewan bukan manusia, terkadang hewan yang akrab dengan manusia ditunjukan dengan dalam penggunaan nonformal.

Hewan memiliki daya gerak, cepat tanggap terhadap impetus domestik, hewan juga dapat bertumbuh secara besar tertentu, memerlukan makanan bentuk obsesi dan memiliki jaringan tubuhnya yang padat, perbedaan itu berlaku secara umum, dan tentu nya berbeda-beda setiap individu.

Sel hewan mempunyai individual, yaitu dengan adanya sentriol yang berguna pada saat pembelahan sel, adanya organel tersebut menjadi salah satu ciri yang bisa membedakan antara hewan dan tumbuhan, ciri-ciri lain dari sel hewan adalah: sel hewan tidak memiliki dinding sel tapi memiliki vakuola berukuran kecil bahkan tidak memiliki plastida.

Seperti hal nya pada tumbuhan, sel-sel hewan yang mempunyai struktur dan peranan yang sama akan membentuk suatu jaringan, sebagian besar sel tersusun dari air dan elemen kimia, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan asam nukleat, sel tersusun dari dua lapis membran fosfolipid yang besifat selektif permeabel, yang berarti hanya molekul tertentu saja dapat masuk dan keluar sel.

Hewan darat terbesar yang pernah hidup adalah dinosaurus sauropoda titanosaurus seperti Argentinosaurus, yang mungkin beratnya mencapai 73 ton,  

HEWAN TERBESAR DI DUNIA

berikut adalah hewan-hewan terbesar didunia yang pernah hidup:

1. Paus Biru

hewan terbesar di dunia

pixabay.com

Hewan terbesar di dunia yang hidup adalah: paus biru atau bahasa ilmiahnya Balaenoptera musculus, makhluk laut yang berukuran sangat besar ini diyakini makhluk hidup terbesar yang pernah hidup di muka bumi ini, ukuran paus biru ini lebih besar dari dinosaurus, paus biru terbesar yang pernah tercatat mencapai berat 181 ton dan panjang 33 meter, jika diletakkan di atas tanah, paus Biru sama dengan panjang 9 mobil keluarga, ukuran jantung paus biru adalah seukuran mobil, dan saluran pembuluh darahnya begitu besar hingga kita bisa berenang di dalamnya.

2. Titanoboa Cerrejonensis

hewan terbesar di dunia

dinosauralive.wikia.com

Titanoboa adalah ular yang hidup sekitar 60 hingga 58 juta tahun yang lalu satu-satunya spesies dalam genus ini yang diketahui adalah Titanoboa cerrejonensis, ular terbesar yang pernah ditemui, cerrejonensis mempunyai panjang 13 meter dengan masa, lebih dari 1.100 kg, dan memiliki lebar 1 meter, ular titanoboa ini ditemukan di tambang batu bara Cerrejón di Kolombia utara pada tahun 2009 silam.

3. Basilosaurus

hewan terbesar di dunia

id.wikipedia.org

Basilosaurus merupakan paus raksasa yang ada sekitar 34 hingga 40 miliar tahun lalu, namun demikian, ketika ilmuwan menemukan fosil basilosaurus, ilmuwan menganggap Basilosaurus sebagai reptil, fosil basilosaurus berhasil ditemukan di Amerika Serikat Setelah dilakukan pengamatan lebih dalam, Basilosaurus termasuk dalam mamalia laut yang menakutkan.

4. Sarcosuchus

hewan terbesar di dunia

dinopedia.wikia.com

Sarcosuchus adalah buaya purba yang diperkirakan hidup sekitar 112 juta tahun lalu, kerangka dari buaya purba ini ditemukan di Amerika Serikat, sarcosuchus memiliki mata yang mampu meneropong jauh dan moncong ekstra panjang sekitar 75% panjang tengkorak (11-12 meter), mulut monster ini terdapat 35 gigi di rahang atas dan 31 gigi di rahang bawah.

5. Stupendemys

hewan terbesar di dunia

www.youtube.com

Salah satu hewan purba di lautan ada Stupendemys, penyu rakasasa ini berhasil ditemukan di Amerika Selatan dan diperkirakan berusia 6 juta tahun lalu, ukuran penyu ini tak seperti penyu sekarang, yaitu sekitar panjang 1,8 meter.

6. Jaekelopterus

hewan terbesar di dunia

www.pinterest.com.au

Kalajengking laut raksasa bernama Jaekelopterus ini telah hidup selama 400 juta tahun lalu dan ukuran dari kalajengking raksasa ini sekitar 2,5 meter, kalajengking ini biasa hidup di danau air tawar dan hidup disungai.

7. Arthropleura

hewan terbesar di dunia

www.youtube.com

Arthropleura adalah kaki seribu raksasa yang hidup lebih dari 300 juta tahun lalu, Arthropleura ditemukan di kawasan Skotlandia dan Amerika Utara.

8. Argentavis Magnificens

hewan terbesar di dunia

id.pinterest.com

Argentavis Magnificens pada masanya termasuk dalam burung terbang terbesar, hal tersebut diperkuat dengan ukuran sayapnya yang mencapai 4-6 meter. ukuran tersebut masih terlalu kecil dibandingkan dengan sebuah burung yang sudah punah yang sangat menakjubkan bernama Pelagornis sandersi, yang diidentifikasi oleh para ilmuwan pada hari Senin dari fosil yang digali di South Carolina, yang hidup 25 sampai 28 juta tahun lalu dan dianggap sebagai sayap burung terbesar dalam sejarah, sekitar 6,1 sampai 7,4 meter.

9. Dromornis Stirtoni

hewan terbesar di dunia

gondwanafragment.blogspot.co.id

Dromornis Stirtoni adalah burung yang kerap di daratan, tinggi dari Dromornis Stirtoni ini mencapai sekitar 3 meter dengan leher panjangnya, selain memiliki tinggi, pergerakan dari Dromornis Stirtoni ini sangat lincah dan gesit biarpun besar tapi jago rawit,  burung darat ini diklaim hidup sekitar 30.000-8 miliar tahun silam, hewan ini berkembang di kawasan Benua Australia.

10. Josephoartigasia Monesi

hewan terbesar di dunia

9gag.com

Josephoartigasia Monesi adalah hewan purba jenis pengerat terbesar, ukurannya sekitar 10 kaki atau sekitar 3 meter, hewan ini telah punah pada 2-4 juta tahun lalu. ukuran tengkoraknya saja mencapai 21 cm dengan gigi seri 0,3 meter, josephoartigasia Monesi termasuk dalam hewan predator.

11. Shantugosaurus

hewan terbesar di dunia

commons.wikimedia.org

Nama spesies Shantugosaurus adalah Shandong lizard karena ditemukan di kawasan Kapur Wangshi, china oleh Kelompok Shandon Peninsula, shantugosaurus ini tergolong hewan purba raksasa karena fosil pada tulang paha saja berukuran 1,7 meter. sedangkan panjang kerangka berukuran sekitar hingga 15 meter, selain itu, hewan ini memiliki gigi kecil dan tajam yang banyak pula.

12. Pliosaurus Funkei

hewan terbesar di dunia

imgur.com

Kerangka dari Pliosaurus Funkei ini ditemukan di Norwegia selatan dan telah disimpan di Universitas Oslo Natural History Museum, pencarian dan penggalian fosil dari hewan purba ini membutuhkan waktu 8 tahun, hewan raksasa di lautan ini tergolong dalam kategori predator, ukurannya diperkirakan sekitar 10 hingga 12 meter.

13. Spinosaurus

hewan terbesar di dunia

kids.nationalgeographic.com

Spinosaurus adalah kadal raksasa dengan genus Theropoda dinosaurus, spinosaurus ditemukan di kawasan Afrika Utara sekitar 97 hingga 112 miliar tahun lalu. Kadal raksasa ini berukuran 12-18 meter, meski menyerupai kadal, ada yang berpendapat bahwa Spinosaurus cenderung menyerupai buaya modern.

14. Arctodus Simus

hewan terbesar di dunia

www.artstation.com

Arctodus Simus adalah hewan beruang yang memiliki muka pendek, beruang ini telah ada pada zaman Pleistosen di Amerika Utara, beruang bermuka pendek ini termasuk dalam mamalia karnivora terbesar, akan tetapi beruang Arctodus Simus telah punah pada 10.900 sebelum masehi.

15. Amphicoelias Fragillimus

hewan terbesar adi dunia

facts.dinoanimals.com

Amphicoelias Fragillimus memiliki panjang sekitar 58 meter, komparasi ukuran para raksasa ini jadi bukti jika di masa lalu dunia ini seperti tempat tinggal para monster, dan kita harus bersyukur hewan-hewan ini sudah punah sekarang karena sangat berpotensi memusnahkan manusia.

16. Kaprosuchus saharicus

hewan terbesar adi dunia

id.pinterest.com

Kaprosuchus saharicus merupakan salah satu genus yang sudah punah dari mahajangasuchid crocodyliform, hal tersebut diketahui dari penemuan tenggorak buaya di Upper Cretaceous Echkar Formation di Nigeria, nama dari hewan predator ini dalam bahasa Yunani “Kapros” yang berarti babi hutan, penamaan ini mengacu pada gigi besarnya yang berbentuk taring mirip dengan taring babi hutan.

Buaya ini diperkirakan mempunyai panjang badan sekitar 6 meter karakteristik unik yang dimiliki jenis Buaya zaman purba ini yaitu memiliki tanduk berkerut yang terbentuk dari tulang squamosal dan parietal yang keluar dari tengkoraknya.

17. Shastasaurus

hewan terbesar di dunia

minecraftfanfictions.wikia.com

Shastasaurus adalah predator laut yang tampak seperti lumba-lumba modern. makhluk ini mampu mencapai ukuran besar selama periode Triassic lebih dari 200 juta tahun lalu, shastasaurus adalah spesies reptile laut terbesar yang pernah ditemukan.

Hewan ini bisa mencapai sekitar panjang 20m, jauh lebih panjang daripada kebanyakan predator laut lainnya, tapi salah satu makhluk terbesar di lautan ini sebenarnya tak begitu mengerikan, makanannya ini adalah adalah ikan-ikan yang berukuran kecil.

18. Tylosaurus Proriger

hewan terbesar di dunia

kids.nationalgeographic.com

Tylosaurus adalah kadal laut,  bukan termasuk dinosaurus, predator laut dalam yang dominan di jamannya, hewan ini mempunyai tubuh yang panjang ramping dengan permukaan atas berwarna gelap dan sisi bawah lebih terang, yang menyamarkan keberadaannya dalam air.

Hewan ini mengibaskan ekornya ke kanan dan kiri dan sisi lain sewaktu berenang, tylosaurus memiliki tengkorak yang panjangnya 1,75 m dengan rahang penuh gigi tajam berbentuk kerucut, yang dengan mudah merobek tubuh mangsanya, biasanya hewan ini makan kerang, plangton dan hewan kecil lainnya tapi Tylosaurus dia juga menyukai daging, di masa Kretaseus, populasi hewan ini tak begitu banyak.

19. Liopleurodon

hewan terbesar di dunia

dinosaurpictures.org

Liopleurodon termasuk dalam keluarga Pliosaur (reptil laut dari Periode Jurassic dan Cretaceous), pemakan daging yang memiliki ukuran sangat besar dengan panjang tubuhnya hingga 10 meter.

Raksasa ini memiliki empat kaki yang bentuknya menyerupai dayung yang besar dan kuat, membuatnya menjadi perenang yang baik dengan kecepatan yang luar biasa, Liopleurodon dianggap sebagai penguasa laut pada jaman Jurassic dan Cretaceous awal karena termasuk dalam predator terbesar pada masanya.

20. Mosasurus

hewan terbesar di dunia

dark-heresy-rp.wikia.com

Mosasaurus adalah hewan kolosal. menunjukkan bahwa Mosasaurus bisa mencapai sepanjang 15 meter, membuatnya menjadi salah satu predator laut terbesar dari periode Cretaceous, kepala Mosasaurus seperti buaya, dilapisi dengan ratusan gigi setajam pisau cukur yang bisa membunuh bahkan musuh yang paling yang dilapisi kulit sangat tebal sekalipun.

21. Dakosaurus

HEWAN TERBESAR DI DUNIA

trivia.id

Dakosaurus pertama kali ditemukan di Jerman dan dengan tubuh reptil ikan yang aneh, adalah salah satu predator teratas di lautan selama sisa jaman Jurassic

Fosil-fosil dakosaurus ditemukan di banyak tempat di seluruh dunia, dari Inggris hingga Argentina, hewan predator ini sering dihubungkan dengan buaya modern, dan bisa mencapai panjang hingga 5 meter dengan giginya yang besar dan tajam membuat para ilmuwan meyakini bahwa hewan ini adalah predator puncak di masanya.

22. Palaeomastodon

hewan terbesar di dunia

www.pinterest.co.uk

Adalah genus Proboscidea yang telah punah, fosil Palaeomastodon telah ditemukan di Afrika, hidup sekitar 36-35 juta tahun lalu, mereka dipercaya sebagai nenek moyang dari gajah ataupun mastodon, genus ini berkerabat dengan Moeritherium Palaeomastodon memiliki gading, baik atas maupun bawah.

Hewan yang satu ini mempunyai belalai dan tinggi hewan ini mencapai 1 sampai 2 meter dan beratnya mencapai 2 ton, gading bawahnya berbentuk pipih ketimbang berujung kerucut, dan kemungkinan digunakan untuk menyekop tumbuhan dari perairan berawa.

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.