Mengenal Ikan Patin Dan Dan Beberapa Manfaatnya Untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui

Ikan patin adalah ikan air tawar yang tergolong dalam jenis genus Sangasius, ikan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat indonesia dengan ke lezatan nya pada tubuh daging ikan patin ini yang tak kalah dari ikan-ikan sejenis nya, Ikan patin berbadan panjang untuk ukuran ikan tawar lokal.

Warna putih seperti perak, punggung berwarna kebiru-biruan, pada bagian kepala ikan patin relatif kecil, mulut terletak di ujung kepala yang terletak di sebelah bawah yang mempunyai ciri khas golongan catfish, pada sudut mulutnya terdapat dua pasang kumis pendek yang berfungsi sebagai peraba.

Sirip punggung terdapat sebuah jari-jari keras bergerigi dan besar, Sementara di bagian jari-jari lunak sirip terdapat enam atau tujuh buah, pada punggungnya juga terdapat sirip lemak yang berukuran kecil. pada sirip ekornya berbentuknya simetris, ikan patin tidak memiliki sisik, pada sirip perutnya terdapat enam jari-jari keras yang dapat berubah menjadi senjata yang dikenal dengan nama patil.

HABITAT IKAN PATIN

ikan patin

www.semuaikan.com

Habitat ikan patin- Patin adalah ikan sungai, muara-muara sungai dan danau, larva patin dapat hidup pada perairan sampai salinitas 5 ppt. ikan patin dikenal sebagai hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktif pada malam hari dan sebagai dasar tampak dari bentuk mulutnya yang agak ke bawah, tempat persembunyian ikan ini adalah di liang-liang di tepi sungai.

Benih patin di alam biasanya berkelompokl dan sering kali muncul dipermukaan air untuk menghirup oksigen langsung dari udara pada saat menjelang fajar, kebiasaan ikan patin ini dimanfaatkan oleh nelayan dan petani ikan dalam melakukan penangkapan benih, kemunculan benih patin dalam jumlah besar biasanys menjelang akhir musim hujan, penangkapan benih patin biasanya menggunakan alat berupa seser atau jala.

Karena mampu bertahan pada lingkungan perairan yang tidak begitu baik, ikan patin dapat dipelihara di kolam tadah hujan, kolam tadah hujan adalah kolam yang mengandalkan air hujan sebagai sumber air sehingga kualitas air menjadi penghambat bagi produksi ikan.

Pilihannya adalah memelihara ikan-ikan yang dapat hidup pada kondisi air yang tidak begitu baik, artinya, patin bisa dipelihara di kolam terpal, teknologi budidaya ikan di kolam terpal adalah salah satu alternatif bagi pengembangan budidaya ikan di lahan kritis, sempit dan sulit air. Khusus lahan kritis seperti lahan bertanah porous dan sulit air, sebaiknya memilih ikan-ikan yang dapat bertahan pada kondisi air jelek, seperti patin, dan lele.

MAKANAN IKAN PATIN

ikan patin

mitrakaryajaya.blogspot.co.id

Makanan ikan patin adalah sumber energi yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan, produksi, dan kelangsungan hidup ikan, bila jenis pakan yang diberikan sesuai yang kebiasaan makan patin dan mengandung gizi yang tinggi, pertumbuhan ikan patin bisa terpacu lebih cepat.

Ikan Patin adalah ikan omnivor (pemakan segala) dan cenderung menjadi karnivor (pemakan hewan dan daging), di alam, patin memakan ikan-ikan kecil, cacing, detritus, serangga, biji-bijian, potongan daun tumbuh-tumbuhan, rumput-rumputan, udang-udang kecil dan moluska, dalam membudidaya, patin dapat memakan pakan buatan seperti artificial foods berupa pelet.

Pakan alami adalah jenis makanan hidup bagi larva dan benih ikan, biasanya, pakan alami berukuran sangat kecil sehingga lebih cocok diberikan pada larva atau benih ikan, pakan alami mengandung komposisi gizi yang lengkap dan mudah dicerna oleh usus larva ikan.

MANFAAT IKAN PATIN

IKAN PATIN

www.tanyoe.com

Manfaat ikan patin- Ikan patin merupakan jenis ikan yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, terlebih untuk ibu hamil, bayi atau anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan, dengan memiliki segudang manfaat dari ikan patin, tidak heran jika cukup banyak masyarakat yang mulai membudidayakan ikan patin ini.

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang masih sejenis dengan ikan lele, rasa dari ikan ptin ini juga tidak kalah lezat sama ikan lele, kandungan gizinya yang cukup tinggi membuat ikan patin wajib masuk dalam daftar lauk yang sangat lezat untuk di makan.

Berikut adalah beberapa manfaat ikan patin.

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular Atau Jantung

Kandungan lemak pada tubuh ikan patin cukup tinggi, hal ini akan membantu mengontrol kolesterol yang ada pada tubuh. Sehingga akan membuat jantung menjadi sehat karena lemak jahat akan berkurang atau hancur.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Bayi

Manfaat ikan patin untuk ibu hamil dan bayi ini cukup besar, dalam ikan patin selain terkandung protein dan juga kalsium, juga terdapat kandungan omega 3 dan juga DH A yang memiliki banyak manfaat bagis kesehatan, kedua kandungan ini sangat baik sekali bagi ibu hamil atau bayi, tidak diragukan lagi bukan, bahwa omega 3 dan DH a sangat pentng untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bayi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak usah di ragukan lagi kandungan kalsium yang tinggi dalam ikan patin mampu dapat menjaga kesehatan tulang, dengan mengkonsumsi ikan patin yang cukup, tulang kita akan terjaga kesehatan dan kekuatannya di masa tua nanti, Ikan patin inilah slah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, selain utnuk menjaga kekuatan tulang, kalsium ini juga sangat baik untuk anak anak dalam proses pertumbuhan.

4. Menjaga Dan Meningkatkan Kekuatan Otot

Salah satu manfaat ikan patin ini juga untuk menjaga meningkatkan kekuatan pada otot pada tubuh manusia ikan patin ini mengandung tinggi protein, protein sebagai salah satu zat pembangun akan mampu menjaga dan meningkatkan kekuatan otot kita.

5. Membuat Kulit Menjadi Halus

Kandungan vitamin D pada ikan Patin bisa membuat kulit menjadi lebih halus, vitamin D juga membangkitkan untuk keluarnya hormon serotonin, yang membuat seseorang merasa senang dan tidak stres, perasaan senang dan tidak stres dapat membuat kulit jadi halus dan bersinar.

6. Mencegah Penyakit Periodontal

Penyakit periodantal adalah penyakit yang menyerang gusi dan gigi, Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan jaringan penyangga gigi sehingga gigi rentan goyah, penyebab penyakit periodontal biasanya karena gingivitis misalnya sehingga gusi turun, kurangnya konsumsi kalsium dan fosfor juga memicu jaringan penyangga gigi rusak, dampak penyakit periodontal yang fatal tentu saja adalah tanggalnya gigi, padahal kalau sudah ompong, gigi tidak bakalan bisa kembali.

JENIS JENIS IKAN PATIN

ikan patin

www.slideshare.net

Jenis-Jenis Ikan Patin- Ikan patin  merupakan salah satu komoditi perikanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, permintaan lokal dan ekspor ikan patin semakin meningkat dari tahun ke tahun, hal ini disebabkan karena ikan patin mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, serta memiliki rasa daging yang khas, enak, lezat, dan gurih menjadikan ikan patin sangat digemari.

Berikut adalah jenis-jenis ikan patin.

1. Pangasius Nieuwenhuisii

ikan patin

www.semuaikan.com

Ikan patin pati lawang adalah spesies ikan patin yang berasal dari Jawa, Sumatera, Kalimantan panjang ikan patin ini bisa mencapai 60 cm, ikan ini mempunyai moncong yang runcing dengan gigi kecil yang bersatu dalam bidang lebar.

2. Pangasius Macronema

Nama ikan rios juga terkenal dengan nama lain dari jenis ikan patin, riu yang artinya lancang, atau jaura, ikan patin ini mempunyai sungut lebih panjang dan lebih panjang dari ukuran bagian kepala nya, ikan ini mempunyai gigi veromine yang terpisah-pisah dan terdapat 37-45 sisir saring tipis pada lengkung insang pertama, ikan patin ini berasal dari daerah Kalimantan Barat dan ikan ini relatif lebih kecil yang hanya berukuran yaitu sekitar 20 cm.

3. Pangasius Micronemus

Ikan patin ini mempunyai sungut rahang atas memanjang sampai ke bagian belakang mata atau melampauinya, ikan patin ini mempunyai mata sangat besar, yakni kira-kira seperempat panjang kepala nya, Selain itu, ikan ini memiliki moncong berbentuk persegi dan tonjolan tulang lengan pada pangkal sirip dada nya sangat pendek, penyebaran ikan ini terdapat di Kepulauan Sunda dan Thailand dan ikan ini mempunyai  panjang sekitar mencapai 60 cm.

4.  Pangasius Nasutus

Ikan patin yang berasal dari daerah Jawa, Kalimantan Sumatera, Malaysia dan ikan ini memiliki panjang sekitar 90 cm, ikan ini mempunyai bentuk moncong yang runcing  dan tajam dengan kumpulan gigi veromine, yaitu gigi yang lterletak di atas atau langit rongga mulut di belakang gigi utama berbentuk seperti duri halus dan berfungsi menahan mencengkeram makanan yang masuk, matanya berukuran kecil dan terletak di atas garis sudut mulut, jari-jari sirip dubur pada patin ini jumlahnya relatif sedikit, moncong ikan ini bentuknya runcing tajam dan sangat mencolok.

5. Pangasius Polyuranodon

Ikan patin ini memiliki bentuk tubuh agak tinggi dan berwarna putih dengan punggung yang kehitam-hitaman, kepalanya agak kecil dan di dekat lubang hidungnya terdapat sungut peraba dari rahang atas yang berpangkal di sudut mulut dan ujung mulut sampai ke pangkal sirip dada, sungut peraba yang terdapat di rahang bawah lebih pendek.

Pada sirip punggung terdapat 7 jari-jari lunak dan 2 buah jari-jari keras dan satu di antara jari-jari tumbuh menjadi patil yang kuat, pada punggung terdapat sirip lemak yang ukurannya sangat kecil, sementara sirip ekornya bercagak simetris, panjang tubuh patin jenis ini bisa mencapai 50 cm, ikan patin ini biasa di temukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Thailand.

6. Helicophagus Waandersii

Adalah ikan patin yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan timur yang biasanya memiliki panjang maksimum 50 cm.

7. Pangasius Lithostoma

Merupakan ikan yang berasal dari daerah Kalimantan dan memiliki panjang yang mencapai 20 cm.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.