15+ Kado Pernikahan Unik Yang Berkesan Untuk Sahabatmu

Kado pernikahan- menikah itu sesuatu yang diinginkan setiap manusia, apalagi di zaman sekarang, kebanyakan orang ingin menikah muda, katanya menurut orang nikah muda itu enak, untukmu yang udah masuk umur nikah, gak usah gelisah karena umur udah tua, kamu harus tau minikah itu bukan lomba yang harus cepat-cepat sampai.

Hilang kan aja hal yang seperti itu, rasa iri pada mereka yang duluan udah nikah, bukan berarti kamu gak laku, tapi memang Allah belum memutuskan waktu untukmu.

Jika kamu bertanya-tanya kenapa kamu masih sendiri, kenapa Allah masih belum mengirimkan jodoh untuku, tak usah khawatir soal hal seperti itu sekalipun umur udah tua, kamu juga harus sadar bahwasanya menikah itu bukan hal yang sembarangan, yang harus dilihat dari luarnya saja.

Gak usah risau, tetaplah bersabar dalam penantianmu, soal siapa jodohmu, karena jodohmu gak akan menjadi jodoh orang lain, pasti dia akan datang, walaupun terlambat yang penting kamu masih ada usaha dan sabar.

Untukmu yang ingin mencari kado pernikahan buat sahabatmu, sebelum itu kami akan membahas dulu mengenai hukum nikah dalam islam, bahasa nikah yaitu menghimpun atau mengumpulkan, sedangkan menurut  istilah syara, nikah ialah suatu aqad, yang menghalalkan seorang laki-laki dengan perempuan yang bukan muhrim.

Untuk bersatu menjadi suami istri dengan ucapan ijab dan qabul yang disaksikan oleh beberapa orang saksi dan wali dengan syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh hukum syara, menikah  ini dilakukan dengan tujuan untuk membina suatu rumah tangga yang bahagia berdasarkan tuntunan Allah SWT, dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Hukum Menikah

kado pernikahan

pixabay.com

Hukum menikah- pada dasarnya menikah hukumnya ialah sunnah muakkad yaitu sunnah yang sangat-sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. tapi. bisa berubah sesuai dengan kondisi dan niat seseorang.

Bila seseorang menikah dengan niat untuk menjauhi dari perzinahan, maka hukumnya sunah, namun bila diniatkan untuk sesuatu yang buruk, maka hukumnya menjadi makruh, bahkan haram.  

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Ar-Ruum ayat 21 yang berbunyi:

Artinya : “Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang, sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir”. (Q.S. Ar-Rum: 21).

Dalam Al-Qur’an Surah Ar-Ra’du ayat 38 Allah SWT berfirman:

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan, dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat) melainkan dengan izin Allah, bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu). (QS.Ar-Ra’du: 38).

Rukun Nikah

Rukun nikah- Agar pernikahan menjadi sah, maka harus memenuhi beberapa rukun nikah. rukun nikah ada 5 yaitu;

  • Adanya mempelai yang akan menikah
  • Adanya wali yang menikahkan
  • Adanya ijab dan qabul dari wali dan mempelai laki-laki

Ijab yaitu:  lafad menikahkan yang diucapkan oleh wali atau yang mewakilinya.

Qobul yaitu : lafad menerima yang diucapkan oleh suami.

  • Adanya dua orang saksi lelaki
  • Kerelaan kedua belah pihak (tanpa paksaan)

Syarat Nikah

Syarat syarat nikah yaitu:

  • Calon suami telah baligh dan berakal
  • Calon istri yang halal dinikahi
  • Lafaz ijab dan qabul harus bersifat selamanya

Dihadiri oleh dua orang saksi atau lebih, dengan syarat-syarat saksi sebagai berikut:

  • Laki-laki
  • Baligh dan berakal
  • Islam
  • Merdeka
  • Orang yang adil
  • Dapat melihat
  • Minimal dua orang saksi

Adanya Wali

Adanya wali- dari Abu Musa Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah salahsatu pernikahan tanpa wali.” (H.R. Abu Dawud).

Wali yang paling utama ialah ayah dari pengantin wanita, misalkan gak ada boleh memakai kakeknya, terus saudara lelaki seayah seibu atau seayah, kemudian anak saudara lelaki, sesudah itu barulah kerabat-kerabat terdekat lainnya kemudian yang terakhir adalah hakim.

untuk menjadi Wali nikah, harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut:

  • Laki-laki
  • Balig dan berakal
  • Beragama islam
  • Merdeka
  • Memiliki hak perwalian
  • Tidak ada halangan untuk menjadi wali
  • Adil

Hikmah Menikah

Hikmah menikah dalam pernikahan yaitu :

  • Untuk menjalankan perintah Allah
  • Untuk mengikuti sunnah rasul
  • Untuk memperoleh keturunan
  • Untuk menjaga diri dari perbuatan zina
  • Untuk mencurahkan rasa cinta dan  kasih sayang antara suami dan istri
  • Untuk membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah .
  • Untuk bertanggung jawab menerima hak dan kewajiban sebagai suami istri, dan
  • Dapat memenuhi hajat manusia

Inspirasi Kado Pernikahan

kado pernikahan

pixabay.com

Inspirasi kado pernikahan- jika kamu sering menghadiri pernikahan pasti kebanyakan orang terdekat memberikan kado untuk pasangan pengantin, mencari kado yang itu-itu saja akan terlihat bosan, maka dari itu gimana caranya memberikan kado yang unik dan berkesan untuk orang yang spesial berikut caranya:

  • Gak usah pusing-pusing mencari kado yang mahal, tapi gak ada manfaatnya
  • Kamu harus tau hobi pasangan pengantin itu apa
  • Perhatikan kesukaan kedua pasangan
  • Yang jelas sesuai isi dompet kamu untuk memberikan kado tersebut
  • Kreatif kamu juga sangat dibutuhkan, misalnya seperti ahli dalam memotret, edit foto dll, ini jelas sangat berkesan

Banyak sekali untuk memberikan kado yang gak hanya itu-itu aja, memberikan kado yang unik akan lebih berkesan, hal ini harus melihat kebiasaan sang pengantin lakukan atau kesukaan pengantin, seperti apa yang sudah dijelaskan diatas, kamu harus mengeluarkan ide mencari prudk apa yang ingin dijadikan kado pernikahan atau bisa juga mengeluarkan kreatifitas kamu, seperti sebagai berikut:

Karikatur Pernikahan

kado pernikahan

hadiaku.com

Untuk memberikan kado yang unik salah satu nya adalah gambar karikatur yang berfoto pasangan pengantin, tentu hal ini sangat berkesan bagi pengantin baru, pasti akan lebih bermanfaat, dengan begitu sang pasangan akan memajang foto tersebut.

Souvenir Gelas

kado pernikahan

http://britsouvenir.com

Nah, yang satu ini cukup unik ya, karena galas ini bergambar foto pasangan pengantin tersebut, ini juga bisa jadikan referensi buat kamu yang selama ini pusing untuk mencari kado pernikahan buat sahabatmu.

Jam Kayu

kado pernikahan

www.tedswoodworking.com

Dengan tema yang lebih manarik dari jam biasanya, jam yang satu ini cukup unik untuk memberikan kado pernikahan buat sahabatmu.

Kado Bantal Pernikahan

kado pernikahan

www.tokopedia.com

Kado bantal pernikahan yang satu ini juga sangat menarik pasalnya akan memberikan nilah tambahan bagi pangantin tersebut, apalagi bantal itu dijadikan tempat sehari-hari ia digunakan, tentu akan terasa ingat terus ketika ia dimasa baru menikah, bagus juga nih.

Kamera Polaroid

kado pernikahan

pixabay.com

Kamera yang satu ini juga sangat bagus dan cocok ketika sahabatmu memotret sesuatu, terlebih ketika ia berlibur ke suatu tempat, pasti ini akan sangat berguna.

Kado Pernikahan Handuk

kado pernikahan

kadopernikahan.id

Kado pernikahan handuk juga sangat menarik, pasalnya pasti pengantin baru kadang lupa membawa sesuatu yang kecil, misalnya seperti handuk, tentu dengan memberikan handuk yang bertulisan pasangan pengantin tersebut akan sangat berkesan dan sangat ia sukai untuk dipakai sehari-hari.

Lilin Aromaterapi

kado pernikahan

www.asmaraku.com

Ketika kamu memberikan kado pernikahan lilin yang satu ini bilang aja seperti ini, “untukmu sahabatku maaf saya hanya bisa memberikan lilin aromaterapi ini, aku cuma berharap membuat malam pertamamu lebih berkesan, khusus untukmu pengatin baru yang siap untuk memasuki pedan perang dengan diiringi lilin yang bersuasana remang-remang ini” hehee..

Lampu Tidur Karakter

kado pernikahan

id.aliexpress.com

Dengan tema lampu yang seperti ini tentu akan menjadi kamar barumu bernuansa romantis sekali, kamu patut untuk mencobanya deh, pasti sangat indah ketika dimalam hari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.