Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap | Kejayaan | Peninggalan | Kehidupan Politik

Kerajaan kutai beserta peninggalan kerajaan kutai, kehidupan kerajaan kutai, kejayaan kerajaan kutai, raja-raja kerajaan kutai, lokasi kerajaan kutai, kehidupan ekonomi kerajaan kutai dan masih banyak lagi untuk kita bahas di sini, tau gak sih? bahwa kerajaan ini adalah salah satu kerajaan terbesar di Indonesia loh.

Mau tahu gimana cerita lengkap nya? ok kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai kerajaan kutai yang begitu terkenal di bumi Nusantara ini gimana ceritanya? berikut dibawah ini.

Sejarah Kerajaan Kutai

Histori.id

Sejarah kerajaan kutai- ngomong-ngomong soal kerajaan ini yang mana raja pertama itu adalah sesosok yang bernama maharaja Kudungga, ya, ia adalah raja pertama di kerajaan kutai tersebut, nama kadungga sediri ialah nama asli orang indonesia, menurut para ahli sejarah, dahulu kala kedudukan raja Kadunggu itu ialah kepala suku.

Seiring berjalannya waktu kemudian masuklah pengaruh hindu dan ia mulai merubah pemerintahannya menjadi kerajaan dan ia pun menjadi raja pertama di kerajaan kutai ini, yang terletak di daerah Muarakaman di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Raja Aswawarman dikatakan seperti Dewa Ansuman (Dewa Matahari). Aswawarman memiliki tiga anak, namun yang terkenal ialah Mulawarman, Raja Mulawarman dikatakan sebagai raja yang terbesar di kutai. Ia pemeluk agama Hindu dan tempat sucinya dinamakan Waprakeswara.

Sungai Mahakam adalah sungai yang begitu besar dan mempunyai beberapa anak sungai, yang terletak di pertemuan antara Sungai Mahakam dengan anak sungainya yang di perkirakan terletak di Muarakaman dulu, di sinilah daerah kerajaan itu dapat meningkatkan perekonomiannya untuk masyarakat sekitar dan sangat menguntungkan dari hasil perdagangannya yang begitu maju.

Sumber sejarah Kutai yang pertama ialah prasasti yang dinamakan yupa, yupa adalah sebuah batu yang bertulis dan sebagai tugu peringatan jika ada upacara, prasasti yupa ditulis dengan huruf pallawa dan bahasa sanskerta dan jika di lihat dari tulisan itu menurut ahli sejarah yaitu dibuat pada sekitar abad ke-5 Masehi.

Kejayaan Kerajaan Kutai

http://falah-kharisma.blogspot.com

Kejayaan kerajaan kutai- Masa emas kerajaan ini yaitu pada masa pemerintahan raja Mulawarman, konon katanya ia adalah seorang raja bijaksana dan royal untuk sesuatu yang religius, dan kemudian raja Mulawarman memberikan tanah, emas dan ternak.

Pengadaan upacara sedekah di tempat yang dianggap suci atau Waprakeswara. Dan dibuktikan juga dengan pemberian sedekah kepada kaum Brahmana berupa 20.000 ekor sapi, jumlah 20.000 ekor sapi ini membuktikan bahwa pada masa itu kerajaan Kutai telah memiliki kehidupan yang makmur dan telah mencapai massa kejayaannya

Kehidupan Budaya Dan Agama

Kehidupan budaya dan agama- hubungan dengan raja dan pemuka agama berlangsung erat, hal ini ditunjukan dengan pemberian 20 ribu ekor sapi oleh Mulawarman kepada para Brahmana.

Kehidupan Ekonomi Kerajaan Kutai

Kehidupan ekonomi kerajaan kutai- masyarakat kutai di perkirakan mata pencariaannya bertani  ( sawah dan ladang ) dan melakukan perdagangan.

Kehidupan Sosial Kerajaan Kutai

Dalam kehidupan sosial kerajaan kutai- kehidupan masyarakat sudah teratur dengan dibagi dalam struktur kasta

Kehidupan Politik Kerajaan Kutai

Kehidupan politik kerajaan kutai- berdasarkan yupa yang ditemukan diketahui bahwa ketai mencapai puncak keemasan pada masa raja Mulawarman yang merupakan anak Asmawarman dan cucu Kadunggu

Lokasi Kerajaan Kutai

http://www.ipsmudah.com

Lokasi kerajaan kutai yaitu terletak di daerah Hulu Sungai Mahakam, Muara Kaman, Kalimantan Timur, yang sekarang ini, Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi dari 35 Provinsi di Indonesia, berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara,

Sungai Mahakam sendiri ialah sungai terbesar di Kalimantan timur yaitu panjangannya sekitar mencapaii 920 km, saking panjangannya sampai melewati Kabupaten Kutai Barat sebagai Hulu, hingga hilirnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda.

Runtuhnya Kerajaan Kutai

ibnuasmara.com

Runtuhnya kerajaan kutai- pada saat kemunduran atau keruntuhan kerajaan kutai ini kala itu pada masa pemerintahan raja Dharma meninggal dalam peperangannya menghadapi raja kutai kertanegara ke-13 yang bernama Aji Pangeran Anum Panji Mendapa.

Kutai Kartanegara selanjutnya menjadi kerajaan Islam, sejak tahun 1735 kerajaan Kutai Kartanegara yang semula rajanya bergelar Pangeran berubah menjadi bergelar Sultan (Sultan Aji Muhammad Idris) dan hingga sekarang disebut Kesultanan Kutai Kartanegara.

Raja Raja Kerajaan Kutai

Dibawah ini berikut daftar raja kerajaan kutai

  1. Kudungga
  2. Asmawarman
  3. Mulawarman
  4. Irwansyah
  5. Aswawarman
  6. Warman
  7. GajayaWarman
  8. Tungga Warman
  9. Jayanaga Warman
  10. Nalasinga Warman
  11. Nala Parana Tungga
  12. Gadingga Warman Dewa
  13. Indra Warman Dewa
  14. Sangga Warman Dewa
  15. Singsingamangaraja XXI
  16. Candrawarman
  17. Prabu Nefi Suriagus
  18. MaAhmad Ridho Darmawan
  19. Riski Subhana
  20. Sri Langka Dewa
  21. Guna Parana Dewa
  22. Wijaya Warman
  23. Indra Mulya
  24. Sri Aji Dewa
  25. Mulia Putera
  26. Nala Pandita
  27. Indra Paruta Dewa
  28. Dharma

peninggalan kerajaan kutai

Peninggalan Sejarah Kerajaan Kutai di abad 21 sampai sekarang ini, beberapa peninggalan sejarah Kerajaan Kutai yang masih bisa kita temukan dan kita lihat yaitu di Museum Mulawarman yang letaknya ada di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, apa saja peninggalan kerajaan kutai itu berikut dibawah ini.

1. Prasasti Yupa

Prasasti Yupa ialah salah satu peninggalan sejarah kerajaan kutai pertama dan paling tua, benda bersejarah satu ini adalah bukti terkuat adanya kerajaan hindu salah satu terbesar di Indonesia yang berada di daerah Kalimantan.

2. Ketopong Sultan

Ketopong ialah mahkota Sultan kerajaan kutai yang terbuat dari emas dan beratnya itu mencapai 1,98 kg saat ini masih tersimpan di Musium Nasional di Jakarta, Ketopong sultan kutai ketika itu ditemukan pada tahun 1890 di daerah Muara Kaman, Kutai Kartanegara, sedangkan di Musium Mulawarman, itu adalah ketopong tiruan.

3. Kalung Ciwa

Kalung Ciwa ialah peninggalan sejarah kerajaan Kutai yang ditemukan pada masa pemerintahan Sultan Aji Muhammad Sulaiman, penemuan terjadi yaitu pada tahun 1890 yang ditemukan oleh seorang penduduk di sekitar Danau Lipan, Muara Kaman, Kalung Ciwa sendiri hingga saat ini masih digunakan sebagai perhiasan kerajaan dan sampai saat ini masih dipakai oleh sultan saat ada pesta penobatan sultan baru.

4. Kalung Uncal

Kalung Uncal ialah kalung emas seberat 170 gram yang dihiasi liontin berelief cerita ramayana, kalung ini menjadi atribut kerajaan Kutai Martadipura dan mulai digunakan oleh Sultan Kutai Kartanegara pasca Kutai Martadipura berhasil di taklukan.

5. Kura-Kura Emas

Kura-kura emas benda yang satu ini sekarang ada di Musium Mulawarman, ukurannya sebesar setengah kepalan tangan. Dan berdasarkan label yang tertera di dalam etalasenya, benda unik ini ditemukan di daerah Long Lalang, yaitu yang lokasi nya di hulu sungai Mahakam.

6. Pedang Sultan Kutai

Pedang Sultan Kutai yaitu terbuat dari emas padat, pada gagang pedang terukir gambar seekor harimau yang sedang siap menerkam, sementara pada ujung sarung pedang dihiasi dengan seekor buaya, pedang Sultan Kutai saat ini dapat kamu lihat di Museum Nasional, Jakarta.

7. Tali Juwita

Tali juwita ialah peninggalan kerajaan kutai yang menyimbolkan 7 muara dan 3 anak sungai (sungai Belayan, Kadang Pahu dan Kalinjau).

8. Keris Bukit

Keris bukit ialah keris yang digunakan oleh Permaisuri Aji Putri Karang Melenu, permaisuri Raja Kutai Kartanegara yang pertama, menurut legenda, permaisuri ini ialah putri yang ditemukan dalam sebuah gong yang hanyut di atas balai bambu, dalam gong tersebut, selain ada seorang bayu perempuan, di dalamnya juga ada sebuah telur ayam dan sebuah keris.

9. Kelambu Kuning

Kalumbu kuning konon katanya benda yang satu ini memiliki kekuatan magis, benda ini ditempatkan dalam kelambu kuning untuk menghindari tuah dan bala yang bisa ditimbulkannya.

10. Singgasana Sultan

Singgasana sultan adalah peninggalan sejarah kerajaan kutai yang masih tetap terjaga sampai saat ini, benda ini terletak di Museum Mulawarman.

11. Meriam Kerajaan kutai

Meriam kerajaan kutai merupakan senjata pertahanan yang kuat, dan masih memiliki 4 lagi yang masih hingga kini terjaga yaitu Meriam Gentar Bumi, Meriam Sapu Jagat, Meriam Sri Gunung dan Meriam Aji Entong.

12. Tombak Kerajaan Majapahit

Tembok kerajaan majapahit yang mana tembok ini berumur sangat tua yang berasal dari Kerajaan Majapahit  merupakan peninggalan sejarah kerajaan kutai.

13. Keramik Kuno Tiongkok

Keramik kuno tiongkok diperkirakan berasal dari berbagai dinasti di kekaisaran zaman Cina kuno yang sempat ditemukan tertimbun di sekitar danau Lipan membuktikan bahwa kerajaan kutai dan kekaisaran china telah melakukan hubungan perdagangan yang erat pada masa silam.

14. Gamelan Gajah Prawoto

Gamelan gajah prawoto sampai saat ini masih berada di Museum Mulawarman saat ini juga terdapat seperangkat gamelan, gamelan ini konon katanya berasal dari pulau Jawa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.