Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap | Peninggalan | Keruntuhan | Kejayaan

Kerajaan Majapahit berserta peninggalan kerajaan, kehidupan kerajaan, berdirinya kerajaan, kejayaan kerajaan, raja-raja kerajaan dan peninggalan sastra kerajaan dan masih banyak lagi untuk kita bahas di sini, tau gak sih? bahwa kerajaan ini adalah salah satu kerajaan terbesar di Indonesia loh, bahkan daerah kekuasaanya itu sampai ke Negara tetangga.

Mau tahu gimana cerita lebih lengkap nya? ok kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai kerajaan majapahit yang begitu terkenal di bumi Nusantara ini gimana ceritanya? berikut dibawah ini

Berdirinya Kerajaan Majapahit

kerajaan majapahit

sejarahmajapahitlengkap.blogspot.com

Berdirinya kerajaan majapahit yaitu pada penobatan Raden Wijaya, tanggal 15 bulan Kartika pada tahun 1215 saka atau tanggal 10 November 1293, dan beliau resmi dengan sebutan Kertajasa Jayawardhana.

Kemudian kerajaan majapahit menghadapi beberapa masalah seperti pemberontakan, namun, tidak berhasil dan usaha Sora dan Nambi itu sia-sia, ketika itu pemberontakan di usung oleh Panji Mahajaya, Ra Jaran Waha, Ra Lintang, Ra Arya Sidi, Ra Tosan, Ra Tati dan Ra Gelatik.

Seperti itu kisah singkat mengenai berdirinya kerajaan majapahit tersebut dan masih banyak lagi kisah-kisah tentang sejarah kerajaan ini.

Kehidupan Singkat Kerajaan Majapahit

kerajaan majapahit

www.dictio.id

Kerajaan Majapahit ialah kerajaan Agama hindu-budha dan salah satu kerjaan terbesar yang pernah ada di Indonesia, kerajaan ini berdiri kurang lebih yaitu pada tahun 1293 sampai tahun 1500 Masehi yang pasti kamu belum lahir hehehe, dimana pada waktu itu di masa kejayaannya dipimpin oleh raja bernama Raden Wijaya.

Di awal-awal masa kejayaan yang dipimpin oleh Raden Wijaya yang dimana ia menduduki singahsana kerajaan yaitu sekitar kurang lebih pada tahun 1293 sampai 1309 setelah itu diteruskan oleh Jayanegara yang konon katanya raja tersebut amat jahat dan ia hanya menguasai kerajaan majapahit pada tahun 1309 sampai tahun 1328 Masehi.

Setelah itu kemudian Jayanegara dibunuh, maka digantilah oleh Tribhuwana Tungga Dwi disinilah kerajaan majapahit kembali berjaya ketika diganti oleh beliau dan ia hanya menguasai pada tahun 1328 sampai tahun 1305 Masehi, dan digantikan oleh raja-raja berikutnya.

Kejayaan Kerajaan Majapahit

kerajaan majapahit

nusantara.news

Kejayaan kejayaan majapahit ketika itu dikuasai oleh Hayam Wuruk dan ia berkuasa di tahun 1350 sampai tahun 1389 Masehi, di sinilah puncak kerajaan majapahit berjaya dan berhasil menguasai Borneo, Sumatra, Semenanjung Melayu bahkan sampai ke Negara tetangga.

Pada masa emas majapahit ketika itu terbilang menjadi kerajaan yang sangat besar dalam sejarah Indonesia, kerajaan ini juga mempunyai misi yang begitu mulia yaitu agar bumi Nusantara ini menjadi damai.

Begitu serius tentang misi nya itu untuk mempersatukan Nusantara, kemudian gajah mada mengucapkan sumpah, yang mana sumpahnya itu diberi nama sumpah palapa ialah, “saya tidak akan mundur dari jabatan sebelum mempersatukan bumi Nusantara ini ucap beliau”.

Kemajuan Ekonomi Kerajaan Majapahit

kerajaan majapahit

http://www.sumbersejarah.com

Kemajuan ekonomi kerajaan majapahit pada waktu itu lembah sungai brantas dan bengawan solo menjadi salah satu faktor nya, karena dengan begitu pertanian semakin maju dan sukses, selain itu pemerintahan majapahit juga memiliki program membangun infrastruktur irigasi.  

Tidak hanya itu kemajuam ekonomi kerajaan ini juga disebabkan karena pelabuhan-pelabuhan kerajaan majapahit ini berperan penting sebagai pangkalan mendapatkan komoditas rempah-rempah Maluku.

Karena pajak pada komuditas rempah-rempah yang melewati daerah ini juga sangat penting dan besar untuk kerajaan ini, Nagarakretagama bilang bahwa kemashuran penguasa Wilwatikta telah menarik banyak pedagang asing, yaitu dari berbagai Negara seperti China, India, Siam dan Khmer.

Dengan masuknya pedagang asing tentu menjadi sangat penting terutama pada pajak yang khusus dikenakan pada orang asing yang menetap semi-permanen di Jawa dan melakukan pekerjaan selain perdagangan internasional.

Majapahit mempunyai pejabat sendiri untuk mengurusi pedagang dari berbagai Negara ituI yang menetap di ibu kota kerajaan maupun berbagai tempat lain di wilayah Majapahit di Jawa.

Runtuhnya Kerajaan Majapahit

kerajaan majapahit

www.youtube.com/watch?v=dMIXu0Re96E

Setelah meninggalnya Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, Majapahit mulai meredup, sebelum menjadi semakin lemah akibat menguatnya kekuatan Islam Demak, pertentangan di tengah keluarga kerajaan telah lebih dulu membuat Majapahit goyah.

Osrifoel, yang akrab dipanggil Ipul, menjelaskan bahwa sumber tradisi menyebut Majapahit runtuh pada tahun 1478 pada masa pemerintahan Girindrawarddhana akibat serangan kerajaan Islam Demak, setelah kejadian itu kerajaan majapahit merupakan sebuah lambang kebesaran Indonesia pada masanya.

Raja-Raja Kerajaan Majapahit

kerajaan majapahit

ibnuasmara.com

Dalam sebuah kerajaan pasti memiliki raja yang pernah memimpin yang mana bergantian pemimpin dari zaman ke zaman sampai akhirnya kerajaan itu telah tiada dan hanya untuk dijadikan kenangan dan cerita, berikut dibawah ini nama-nama raja yang pernah memimpin kerajaan majapahit tersebut.

    • Raden Wijaya
    • Jayanegara
    • Tribhuwanatunggadewi Jayawisnuwardhani
    • Hayam Wuruk
  • Ratu Kusumawardhani

Peninggalan Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit

ndika.net

Peninggalan kerajaan majapahit- setelah runtuh dan tiada kerajaan tersebut pasti memiliki peninggalan apapun itu yang jelas sangat berarti, berikut dibawah ini peninggalan apa saja yang telah ditinggalalkan kerajaan tersebut ini.  

Candi Cetho

kerajaan majapahit

medium.com

Salah satu peninggalan kerajaan ini adalah Candi Cetho yang dimana lokasi itu terletak di Dusun Ceto, Kecamatan Jenawi, Desa Gumeng, Kabupaten Karanganyar, dan berada di ketinggian 1400 MDPL

Candi Sukuh

kerajaan majapahit

www.merdeka.com

Candi sukuh ialah komplek dari candi yang beragama Hindu yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Candi Sukuh ini sudah sejak lama untuk diusulkan ke UNESCO untuk dijadikan salah satu situs warisan dunia dari tahun 1995 sampai sekarang

Candi Pari

kerajaan majapahit

www.indonesiaimages.net

Candi Pari merupakan salah satu sebuah monumen peninggalan kerajaan majapahit di Indonesia yang diaman letak candi pari ini di Kabupaten Sidoarjo, Kecamatan Porong, Jawa Timur, Indonesia, keberadaan candi ini kurang lebih sekitar 2 KM ke arah barat laut.Gapura

Waringin Lawang Majapahit

kerajaan majapahit

sejarahmajapahitlengkap.blogspot.com

Waringin Lawang ini adalah bahasa Jawa dan kalau di artikan dalam bahasa Indonesia adalah ‘Pintu Beringin’. Gapura besar ini dibuat dari bahan utama batu-bata merah dengan luas lahan 13 x 11 meter dan tinggi dari gapura tersebut sekitar 15,5 meter, dan gapura ini dibangun sekitar pada abab ke-14

Candi Jabung 

kerajaan majapahit

http://www.wartainfo.com

Lokasi candi hindu terletak di daerah Desa Jabung, Kabupaten Probolinggo, Kecamatan Paiton, Provinsi Jawa Timur, konon katanya bahwa Hayam Wuruk mengunjungi candi jabung ini, ketika itu Hayam Wuruk sedang blusukan di daerah Jawa Timur yaitu pada tahun 1359 Masehi

Candi Brahu 

kerajaan majapahit

ksmtour.com

Letak Candi Brahu itu di daerah Dukuh Jambu Mente, Kecamatan Trowulan, Desa Bejijong, Kabupaten Mojokerto. Letak lokasi Candi Brahu ini terletak di kantor suaka peninggalan purbakala dan sejarah Jawa Timur.

Batu tulis ini dibuat yaitu kurang lebih pada tahun 939 Masehi, yang diutus dari sang raja Mpu Sindok yang berasal dari Kerajaan Kahuripan, menurut cerita candi inilah dijadikan sebagai tempat pembakaran raja-raja Brawijaya.

Karya Sastra Majapahit Pertama

Berikut karya sastra majapahit pertama.

    • Kitab Negara Kertagama
    • Kitab Arjuna Wijaya
    • Kitab Parthayajna
  • Kitab Sotasoma

Karya Sastra Majapahit Terakhir

Karya sastra majapahit terakhir ditulis dalam aksara bahasa Jawa Tengah, berikut peninggalan-peninggalan karya majapahit terakhir.

    • Kitab Pararaton
    • Kitab Sorandakan
    • Kitab Sudayana
    • Kitab Ranggalawe
    • Tantu Panggelaran
    • Kitab Calon Arang
    • Kitab Panji Wijayakrama
  • Kitab Usana Jawa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.