Arti Lambang Pancasila Dan Contohnya

Arti Lambang Pancasila Dan Contohnya

Lambang pancasila- pancasila ialah ideologi, falsafah dan pandangan hidup Negara Indonesia, pancasila terdiri dari dua kata Sanskerta yaitu, pañca yang artinya lima dan śīla yang berarti prinsip atau asas, pancasila juga merupakan rumusan dan pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara untuk seluruh rakyat Indonesia.

Lambang setiap dari sila pancasila terdapat pada lambang Negara yakni burung garuda, pada dada burung garuda ada sebuah perisai yang aertinya melambangkan pertahanan Negara Indonesia, di dalamnya memiliki simbol atau ambang dari masing masing sila pancasila.

Lambang Pancasila

lambang lancasila
www.mnctrijaya.com

Lambang pancasila-  pancasila memiliki lima sila yang tergambar pada gambar garuda yang artinya dari setiap lambang memiliki makna tersendiri yaitu sebagai berikut.

Arti lambang Pancasila Sila Pertama

Simbol bintang yang memiliki lima sudut melambangkan sila pertama dari pancasila, yakni, (Ketuhanan Yang Maha Esa) sedangkan pada bintang yang melambangkan sebuah cahaya, seperti cahaya yang dipancarkan oleh Tuhan kepada setiap manusia.

Baca Juga : Isi Pembacaan Teks Proklamasi Oleh Ir. Soekarno Yang Asli

Lambang bintang juga disimpulkan sebagai sebuah cahaya yang fungsinya untuk menerangi dasar Negara yang lima (Pembukaan UUD ’45 alinea 4), sifat Negara yang lima (pembukaan UUD ’45 alinea 2), dan obyek Negara yang lima (pembukaan UUD ’46 alinea 4).

Sedangkan dalam latar berwarna hitam perlihatkan warna alam dan memiliki kandungan makna bahwa berkat rahmat Allah merupakan sumber dari segalanya.

Arti lambang Pancasila Sila Kedua

Rantai melambangkan sila yang kedua, yakni (Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab), rantai yang terdiri atas mata rantai yang berupa faktor empat dan lingkaran yang saling membentuk lingkaran.

Mata rantai melambangkan laki-laki, sedangkan pada lingkaran melambangkan perempuan, mata rantai yang saling terkaitpun melambangkan bahwasanya setiap laki-laki dan prempuan, yang artinya harus bersatu agar menjadi kuat layaknya sebuah rantai.

Arti lambang Pancasila Sila Ketiga

Sedangkan dalam ketiga melambangkan pohon beringin yakni (Persatuan Indonesia) lambang pohon beringin pada sila ketiga yang artinya sebuah pohon besar dalam arti pohon tersebut bisa untuk berteduh.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Sumpah Pemuda, Makna, Tokoh, Teks Dan Hari

Dalam hal itu yang berarti dari makna pohon beringin bahwa mewakili Negara Indonesia untuk berteduh bagi rakyat Indonesia, pohon beringin juga memiliki sulur dan akar yang menjalar ke berbagai arah, dalam hal ini keragaman suku bangsa yang menyatu di Indonesia.

Arti lambang Pancasila Sila Keempat

Arti dari lambang pancasila dan sila keempat adalah (Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Di Dalam Permusyawaratan Perwakilan) arti dari kepala banteng juga melambangkan hewan sosial yang senang berkumpul, contohnya seperti bermusyawarah sesama umat manusia dimanapun berada.

Arti lambang Pancasila Sila Kelima

Arti lambang pancasila sila kelima yakni (Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia) padi dan kipas merupakan keperluan dasar bagi setiap manusia yakni, pangan dan sandang, sebagai syarat utama untuk meraih kemakmuran.

Teks Pancasila

teks pancasila
www.wajibbaca.com

Teks Pancasila- pancasila memiliki lima sendi utama utama yang semuanya tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945, selain itu, terdapat 45 butir pancasila yang merupakan pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila, semuanya berasal dari lima sila pada pancasila, yaitu sebagai berikut.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebjaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Meskipun merupakan dasar Negara dan hanya terdiri dari lima sila saja, tapi, nyatanya masih ada juga yang tidak hafal tentang hal ini, hal seperti ini sangat disayangkan karena kita sebagai warga Negara Indonesia.

Baca Juga : Para Tokoh Dibalik Lahirnya Pancasila Dan Pembentukan Pancasila

Maka dari itu kita sebagai bangsa yang sangat besar sudah sepantasnya tahu mengenai teks pancasila dengan tepat dan benar.

Hari Lahir Pancasila

lambang pancasila
stikommedan.ac.id

Hari lahir pancasila yaitu pada tanggal 1 Juni, yaitu dasar negara yang menjadi pemersatu dari Sabang sampai Merauke.

Penetapan tanggal 1 Juni yaitu sebagai hari lahir pancasila sempat diperdebatkan ketika era kepemimpinan Presiden Soeharto, pasalnya, sikap pemerintah terhadap pancasila ambigu.

Sekitar pada tahun 1970, pemerintah orde baru melalui, Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib) yang melarang bahwa peringatan 1 Juni sebagai hari lahir pancasila.

Baca Juga : Asal Usul Sejarah Bahasa Indonesia Sebelum Merdeka

Sejak masa pemerintahan orde baru, sejarah tentang rumusan-rumusan pertama pancasila didasarkan pada penelusuran sejarah oleh Nugroho Notosusanto melalui buku Naskah Proklamasi Jang Otentik dan Rumusan Pancasila Jang Otentik.

Sesudah reformasi 1998, muncul banyak gugatan mengenai hari lahir pancasila yang sebenarnya, setidaknya ada tiga tanggal yang berkaitan dengan hari lahir pancasila, yakni pada tanggal 1 Juni 1945, tanggal 22 Juni 1945 dan tanggal 18 Agustus 1945.

Dari hasil keputusan dan akhirnya tanggal 1 Juni bahwa sudah ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila, karena pada tanggal tersebut kata pancasila pertama kali diucapkan oleh Bung Karno di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang pada waktu itu belum diangkat menjadi Presiden.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.