Bacaan Niat Sholat Jumat Beserta Mandi Jumat, Hukum, Dzikir Dan Doa

Niat sholat Jumat- untuk seorang laki-laki khusus nya yang beragama islam tentu sudah menjadi kewajiban untuk mengerjakan sholat Jumat setiap pekannya, dan dikerjakan secara berjamaah, yaitu sama pada saat waktu sholat dzuhur.

 

Niat Mandi Sholat Jumat

niat sholat jumat
www.kabarmakkah.com

Niat mandi sholat jumat- untuk waktu pelaksanaan mandi jum’at yakni semenjak terbit fajar hingga menjelang memasuki waktu sholat Jumat,  berikut di bawah ini bacaan niat mandi sholat jumat.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa

Artinya : saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala.

 

Niat Sholat Jumat

niat sholat jumat
www.youtube.com/watch?v=XPhPHwcPy0c

Niat adalah dasar untuk mengerjakan sesuatu ibadah walaupun ada beberapa yang menganggap tidak perlu niat juga tidak masalah, mau itu pakai niat atau tidak, itu tidak di permasalahkan.

Dalam membaca niat juga boleh pakai bahasa Indonesia hal ini agar mudah bagi orang yang bingung atau tidak hafal, asalkan dilakukan secara benar, nah, berikut ini adalah bacaan niat sholat jumat sebagai makmum dalam bahasa arab dan latinnya.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya : Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi makmum, karena Allah ta’ala, (bagi Anda yang menjadi Imam, tinggal ganti kata makmum dengan kata Imam saja).

 

Hukum Sholat Jumat

niat sholat jumat
www.aspirasionline.com

Hukum sholat jumat untuk laki-laki merupakan suatu yang wajib, hal ini berdasarkan dalil sholat Jumat yang diambil dari Al Qur’an, As-Sunnah dan ijma atau kesepakatan para ulama, dalilnya ialah surat Al Jumu’ah ayat 9 yang berbunyi,

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.”

Sedangkan dalam hadist Nabi yang memerintahkan untuk mengerjakan sholat Jumat ialah dari hadist Thariq bin Syihab yang bunyinya,

“Jumatan adalah hak yang wajib atas setiap muslim dengan berjamaah, selain atas empat (golongan), yakni budak sahaya, wanita, anak kecil atau orang yang sakit.” (HR. Abu Dawud)”.

Jadi, hukum melaksanakan sholat Jum’at untuk laki-laki adalah fardhu ‘ain, yakni wajib dilakukan bagi setiap laki-laki, sedangkan untuk seorang wanita tidak diwajibkan, tapi tetap harus mengerjakan sholat dhuhur.

Beragama Islam

Syarat pertama untuk seorang laki-laki mempunyai kewajiban sholat Jumat ialah Muslim, yang mana,  bila seorang laki-laki Muslim telah memenuhi beberapa syarat lainnya, maka wajib hukumnya untuk mengerjakan sholat Jumat.

Seseorang Yang Sudah Baligh

Baligh merupakan sebuah fase yang mana seseorang telah mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah, untuk laki-laki, baligh biasanya ditandai dengan terjadinya mimpi basah.

Orang Yang Berakal

Syarat wajib melaksanakan sholat Jumat yang selanjutnya ialah seorang laki-laki yang berakal, contohnya seperti orang gila dan lain-lain.

Merdeka

Merdeka dalam hal ini bukanlah merdeka dari penjajahan suatu negara seperti yang kita bayangkan, melainkan merdeka yang di maksud dalam hal ini ialah tidak menjadi budak atau hamba sahaya.

Bukan Musafir

Musafir ialah orang yang sedang dalam perjalanan sangat jauh ke suatu tempat, itu tidak masalah dan tidak memiliki kewajiban untuk mengerjakan sholat jumat, namun, ada baiknya kita cari masjid untuk melaksanakan sholat jumat.

Tidak Halangan

Halangan dalam hal ini bisa diartikan sangat luas, yang pertama dimulai dari sakit hingga dalam keadaan yang tidak memungkinkan sehingga tidak bisa melakukan sholat Jumat.

 

Dzikir Setelah Sholat Jumat

niat sholat jumat
percikaniman.id

Dzikir setelah sholat jumat- Selepas mengikuti gerakan imam mulai dari takbiratul ihram hingga salam, adabaik nya jamaah tidak untuk pergi dulu, kecuali bila ada urusan mendesak, menurut Imam al-Ghazali dalam Bidâyatul Hidâyah, sesudah sholat, sebelum lisannya mengucapkan apa pun, seseorang hendaknya membaca dzikir terlebih dahulu.

  1. Membaca Surat al-Fatihah sebanyak tujuh kali
  2. Membaca Surat al-Ikhlas sebanyak tujuh kali
  3. Membaca Surat al-Falaq sebanyak tujuh kali
  4. Membaca Surat an-Nas sebanyak sebanyak tujuh kali

Setelah dzikir sebaiknya langsung membaca doa sebagai berikut.

 

Doa Setelah Sholat Jumat

niat sholat jumat
bersamadakwah.net

Doa setelah sholat jumat memiliki banyak bacaan dan contohnya, hari jumat adalah hari yang paling istimewa untuk seorang muslim ketimbang hari-hari lainnya, hari jumat juga menyimpan keistimewaan dan keutamaannya.

Berikut dibawah ini bacaan doa setelah sholat jumat.

اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allâhumma yâ ghaniyyu yâ hamîd, yâ mubdi’u wa yu‘îd, yâ rahîmu yâ wadûd. Aghninî bi halâlika ‘an harâmik, wa thâ‘atika ‘an ma‘shiyatik, wa bi fadhlika ‘an man siwâka.

Artinya: “Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu.

 

Keistimewaan Hari Jumat

niat sholat jumat
www.youtube.com/watch?v=rA4qaeqyEyU

Keistimewaan hari jumat- hari jumat adalah hari yang paling istimewa ketimbang hari lainnya khusus nya bagi kaum muslim, menurut beberapa riwayat bahwa kata jumat itu diambil dari kata jama’a artinya adalah “Berkumpul” yaitu dalam hal bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa yang bertempat di Jabal Rahmah.

Sedangkan salah satu bukti keistimewaan pada hari Jumat ialah disyariatkannya sholat Jum’at, yakni sholat dhuhur berjamaah pada hari Jumat, bukan hanya itu saja bahkan mandi dihari jumat juga mengandung unsur ibadah, karena hukumnya itu sunnah.

Dalam Al-Hawi Kabir karya al-Mawardi, Imam Syafi’i menjelaskan sunnahnya mandi pada hari jumat, meskipun sholat Jumat dilaksanakan pada waktu sholat dhuhur, tapi, mandi Jumat boleh dilakukan ketika dini hari, yaitu setelah terbit fajar.

Salah satu hadits menerangkan bahwa siapa yang mandi pada hari Jumat dan mendengarkan khutbah Jumat, maka Allah akan mengampuni dosa di antara dua Jumat.

2 thoughts to “Bacaan Niat Sholat Jumat Beserta Mandi Jumat, Hukum, Dzikir Dan Doa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.