Pembangunan Ekonomi, Pengertian, Masalah Pokok, Dan Hambatan

Pembangunan ekonomi- terjadinya pengangguran di suatu negara berkaitan dengan usaha-usaha pembangunan yang dilakukan oleh negara tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari, kalian sering mendengar atau melihat pembangunan bukan? menurut kalian apa yang dimaksud dengan pembangunan?

Pengertian 

https://bulelengkab.go.id

Sebelum tahun 1970, pembangunan diartikan sebagai suatu proses yang menyebapkan pendapatan per kapita penduduk suatu masyarakat meningkat dalam jangka panjang. Dalam pengertian tersebut semata-mata dipandang sebagai fenomena ekonomi sehingga pembangunan yang dilaksanakan hanya mengedepankan pembangunan bidang ekonomi yang mengesampingan bidang lainnya.

Hasilnya memang terjadi pertumbuhan ekonomi yang tinggi, namun, tidak disertai dengan perbaikan taraf hidup sebagian besar masyarakat, justru tingkat kemiskinan absolut semakin tinggi, ketimpangan pendapat semakin mencolok, jumlah pengangguran semakin besar.

Sekarang ini pengertian pembangunan sudah jauh lebih berkembang. Penekanannya tidak hanya pada bidang ekonomi. Salah satunya seperti dikemukakan Todaro (2000) bahwa pembangunan merupakan suatu proses multidimensional yang mencakup sebagai perubahan mendasar atas sturktur sosial, sikap-sikap masyarakat, dan institusi-institusi nasional, disamping tetap mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi, penanganan ketimpangan pendapatan, serta pengetaskan kemiskinan.

Tujuan

Jika kalian melakukan sesuatu tentukan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, kamu menunut ilmu setiap hari karena ingin meraih prestasi belajar yang terbaik, demikian juga dengan negara yang ingin melakukan pembangunan tentunya memiliki tujuan yang ingin mewujudkan untuk rakyatnya.

Masalah Pokok Pembagunan

https://www.gurupendidikan.co.id

Pada dasarnya tujuan dari suatu negara melaksanakan pembangunan adalah untuk mengatasi atau keluar dari masalah-masalah yang selama ini dihadapi. Setidaknya ada tiga masalah pokok yang dihadapi oleh suatu negara, terutama negara sedang berkembang dan negara terbelakang yaitu kemiskinan, ketimpangan dalam distribusi pendapatan, dan pengangguran.

Kemiskinan

Masalah kemiskinan merupakan masalah bagi setiap negara, Masalah kemiskinan mendorong setiap negara untuk melakukan pembangunan. Masalah kemiskinan ini harus diatasi karena memiliki dampak yang sangat luas bagi kehidupan seseorang ataupun untuk bangsa, baik dari dimensi ekonomi maupun noekonomi.

Ketimpangan dalam distribusi pendapatan

Masalah kemiskinan seringkali dihubungkan dengan masalah ketidakmerataan distribusi pendapatan, pertumbuhan ekonomi yang terus-menerus tidak selalu dapat mengurangi tingkat kemiskinan atau pertumbuhan ekonomi tidak berkolerasi positif dengan distribusi pendapatan.

Ketimpangan distribusi pedapatan membuat jurang si kaya dan si miskin semakin curam yang mengakibatkan terjadiya kecemburuan sosial dan berpotensi untuk memicu terjadinya berbagai tindakan kriminal

Pengangguran

Masalah pengangguran merupakan masalah pokok dan bersifat jangka panjang yang harus dihadapi oleh suatu negara. Sekalipun suatu negara memiliki pengangguran sama dengan nol negatif, belum tentu negara tersebut tidak memiliki masalah pengangguran karena pengangguran itu sendiri memiliki banyak kategori.

Inflasi

Terjadinya pemerosotan nilai uang akibat jumlah uang yang beredar terlalu banyak sehingga memicu kenaikan hargar barang-barang akan berdampak pada menurunnya pendapat riil orang-orang yang berpengasilan tetap sehingga daya belinya ikut menurun.

penurunan daya beli masyarakat akan berdampak pada dunia usaha, karena pengusahaan akan mengurangi kapasitas produksinya, akibatnya terjadi PHK yang akan meningkatkan jumlah pengangguran. Inflasi yang tinggi juga membawa dampak pada meningkatnya suku bangsa, yang akan membuat perbankan terpuruk.

Itulan mengapa inflasi termasuk kedalam masalah pokok pembangunan, sebab inflasi yang meningkat tajam akan mengganggu kestabilan perekonomian nasional.

Hambatan-Hambatan Dalam Pembangunan

https://pasardana.id

Dalam melaksanakan pembangunan, suatu negara tidak terlepas dari berbagai hambatan. Faktor-faktor yang menjadi penghambatan dalam proses pembangunan, antara lain sebagai berikut.

  • Perkembangan penduduk yang tinggi dengan tingkat pendidikan (pemilikan ilmu dan pengetahuan) yang rendah. Perkembangan penduduk yang tinggi dapat menjadi penghambat dalam proses pembangunan manakala tidak disertai kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat menghasilkan dan menyerap produksi yang dihasilakan. Perkembangan penduduk yang tinggi juga menyebabkan tingkat kesejahteraan masyarakat tidak mengalami pertambahan yang berarti, bahkan dalam jangka waktu panjang dapat menurun.
  • Perekonomian yang bersifat dualistik, perekonomian yang bersifat dualistik merupakan hambatan bagi proses pembangunan karena menyebabkan produktifitas berbagai kegiatan produktif sangat rendah dan usaha-usaha untuk mengadakan perubahan sangat terbatas, diantaranya dualisme dan dualisme teknologi
  • Pembentukan modal yang rendah. Tingkat pembentukan modal yang rendah merupakan hambatan utama dalam pembangunan ekonomi. Pembentukan modal di negara sedang berkembang, seperti lingkaran yang tidak memiliki ujung pangkal, produktivitas yang rendah mengakibatkan pendapatan riil juga rendah sehingga tingkat tabungan dan tingkat investasi juga rendah, dengan demikian pembentukan modal yang terjadi juga rendah.
  • Sturuktur ekspor yang didominasi ekspor bahan mentah. Struktur ekspor berupa bahan mentah hasil indusrti primer (pertanian, pertambangan, dan kehutanan) lebih banyak merugikan karena permintaan barang-barang industri.
  • Akibatnya volume ekspor cenderung lebih lambat daripada volume impor sehingga dalam jangka panjang akan berdampak negatif terhadap naraca pembayaran. Hal ini juga tentu saja dapat menghambat proses pembangunan.¬†

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.