Cara Mencegah HIV Dan Mengatasinya

Cara Mencegah HIV Dan Mengatasinya

Bila Anda tinggal bersama dengan orang yang terkena HIV siapapun itu yang mengidap penyakit yang sangat mematikan Anda secara perlahan ini, sebaiknya ada hal yang harus Anda ketahui, agar tidak menular kepada orang lain, apalagi orang itu adalah anggota keluargamu.

Ini harus diwaspadai mengenai orang yang terkena HIV, baik itu orang yang positif terkena virus tersebut ataupun orang lain yang disekitarnya, nah, kami akan memberikan beberapa cara agar penyebaran virus tersebut tidak menularkan kepada orang lain, berikut caranya dibawah ini.

 

Lindungi Diri Anda Agar Tidak Menyebar Ke Orang Lain

pencegahan hiv
sisteminformasiqu.blogspot.com

Untuk melindungi diri sendiri agar virus tersebut tidak menyebar ke orang lain, sebaiknya juga Anda harus tahu tentang dampak penyakit pada orang lain, sehingga dapat berbahaya terhadap orang yang disekitaran Anda, agar lebih intropeksi aja ya.

Pelajari Bagaimana HIV Itu Dapat Menular

Hal yang pertama harus Anda ketahui yaitu, Anda harus tahu bagaimana virus tersebut itu bisa menular kepada orang lain, hal ini sangat penting, agar karena tidak membahayakan kepada orang lain pula, yang berakibatkan penyebaran virus tersebut.

HIV juga dapat ditularkan pada saat darah, ASI, air mani atau cairan vagina yang terinfeksi terkena kontak langsung dengan luka di kulit atau selaput lendir yang terbuka, contohnya seperti, hidung, vagina, rektum, mulut, tapi bukan penis ya.  

pencegahan hiv
baliberkarya.com

HIV juga dapat ditularkan melalui hubungan seks melalui vagina, anal atau oral, serta kontak antar darah dan kontak antar cairan tubuh, dalam hal ini jika Anda berciuman berarti aman-aman saja, tapi kalau tidak ada luka atau sariawan ya, dan satu hal lagi yang penting Anda tidak saling melukai,

Sedangkan jika berpelukan, bersentuhan itu tidak apa-apa akan tetap aman dan tidak menular, jangan berasumsi bahwa seseorang yang tidak mempunyai gejala pasti tidak memiliki HIV, orang dapat memiliki HIV beberapa tahun sebelum memiliki AIDS, dan orang yang terinfeksi dapat menularkan virus.

Jauhkan Alkohol Dan Obat-Obatan Terlarang

Jauhkan alkohol dan obat-obatan terlarang juga sangat penting, yang artinya Anda harus berhenti untuk semua itu, karena pada zat-zat tersebut bisa membuat Anda dalam keadaan tidak terkendali untuk mengambil keputusan yang buruk diluar akal Anda, hal ini sangat berbahaya, obat-obatan tertentu, seperti obat via suntikan, juga dapat menyebabkan Anda terkena HIV dengan angka paparan yang lebih tinggi.

Lakukan Hubungan Seks Menggunakan Pelindung

Jika Anda melakukan hubungan seks sebaiknya menggunakan pelindung agar tetap aman dan terhindar dari sesuatu yang membahayakan terhadap diri sendiri atau orang lain, dalam hal ini hanya sebuah penyakit yang menular saja, apalagi orang yang memiliki HIV, langkah yang lebih baik agar penyebaran itu tidak terjadi sebaiknya bicarakan dengan lawan jenis Anda.

Jangan Pernah Berbagi Jarum Atau Alat Suntik Yang Sudah Digunakan

Jarum atau alat suntik yang sudah digunakan orang lain, ini juga sangat kemungkinan penyebaran itu terhadap orang lain, intinya Anda harus menanyakan tentang hal itu terlebih dahulu, contohnya seperti, membuat tato, hal ini juga sangat memudahkan virus tersebut itu dapat menular.  

Hindari Menyentuh Darah Dan Cairan Tubuh Orang Lain

Pada dasarnya Anda tidak akan tahu orang yang terkena HIV, karena pada gejala-gejala HIV kebanyakan orang itu hanya gejala penyakit biasa, ya, memang gejala itu seperti penyakit pada biasanya, seperti flu dan demam, namun tidak, lama-kelamaan jika Anda tidak segera pergi ke dokter maka hal itu bisa terjadi adanya virus HIV

Jika Anda mempunyai luka terbuka di bagian manapun di tubuh Anda, cairan tubuh yang bisa membawa virus HIV meliputi:

  1. Air mani dan cairan praejakulasi
  2. Cairan vagina
  3. Mukus rektum (pelumas alami anus)
  4. ASI
  5. Cairan ketuban, cairan cerebrospindal, dan cairan synovial (biasanya hanya terpapar bila Anda bekerja di bidang medis)

Konsultasi Dengan Dokter Jika Anda Hamil

Konsultasi dengan dokter adalah bagian yang sangat penting, agar bisa melakukan tes darah HIV, hal ini juga harus Anda bicarakan, Jika tidak Anda tidak tes darah HIV, dan ternyata positif terkena HIV maka virus tersebut dapat menular kepada bayi Anda.

selama kehamilan, persalinan, atau menyusui,, tapi HIV selama kehamilan mengurangi risiko ditularkannya HIV ke bayi.

Melengkapi diri Anda dengan pengetahuan terhadap HIV adalah cara terbaik untuk mencegah risiko penularan HIV dan membantu orang-orang sekitar Anda dengan proses pengobatan penyakit, hal ini juga dapat membantu orang dengan HIV untuk hidup secara sehat dan aman.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.