Pendakian Gunung Tampomas Dan Taman Wisata Curug Ciputrawangi

gunung tampomas

Sportourism.id

Gunung tampomas adalah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, tepat nya sebelah utara kota Sumedang dengan ketinggian 1684 Mdlp, gunung tampomas juga memiliki sumber air panas yang keluar di daerah sekitar kaki gunung, gunung tampomas termasuk dalam area taman wisata alam. (Wikipedia)

PERSIAPAN BERANGKAT

gunung tampomas

Pada tanggal 1 Juli 2017 Hari Jum’at kami beranggota 6 orang dan berencana berangkat menggunakan sepeda motor karena gunung tampomas tidak jauh dari desa kami tinggal hanya dengan menempuh jarak sekitar 2 jam.

Sholat Jum’at

Seperempat perjalanan kami berhenti di daerah Bantar Huni Kecamatan Gantar karena waktu sudah memasuki ibadah sholat jum’at dan kami bergegas untuk mengambil air Wudhu, setelah ibadah sholat jum’at selesai sebelum nya kami masih menunggu teman yang masih tertinggal di belakang.

Mampir Ke Toko Outdoor Carumbby (Sumedang)

Toko outdoor carumbby tepat nya di daerah Sumedang dekat kampus STKIP Sebelas April Sumedang, di toko outdoor ini kami membeli freme tenda untuk mengganti yang sebelum nya terputus dan ketika hampir sampai di lokasi gunung tampomas teman kami agak ada sedikit kendala di jalan raya.

JALUR PENDAKIAN

Trek Narimbang

Pendakian lewat narimbang di mulai dari jalan raya Conggeang, Desa Narimbang Kecamatan Conggeang, trek narimbang bisa di bilang gampang-gampang susah bila di bandingkan dengan trek cibeureum yang relatif lebih sulit.

Di tengah perjalanan dapat menemukan sekian banyak hunian suatu warung milik warga lokal, di sini bisa memesan makanan dan minuman seperti mie goreng, teh hangat, dll.

Rute Narimbang nanti nya dapat berjumpa dengan trek Cibeureum satu buah pertigaan sekian banyak ketika lebih kurang 2-3 jam sebelum menuju puncak, selepas pertigaan ini di beberapa titik menuju puncak trek makin curam dan terjal bersama kemiringan bervariasi.

Trek Cibeureum

Trek Cibeureum ini di mulai dari jalan sedar jalur ini jarang sekali dilalu oleh para pendaki, pemandangan sewaktu pendakian menuju puncak sebagian di dominasi oleh hutan dan terdapat bermacam-macam type pohon.

Trek ini tidak sedikit percaabangan menuju puncak di awal-awal pendakian kita bisa melintasi daerah penambanga pasir yang luas, jarak dari jalan sedar sampai penambangan pasir sekitar 1-2 kilometer.

Selepas penambangan pasir kita dapat melintasi pemandang ilalang di kiri kanan jalan selanjut nya melintasi semak belukar sebelum memasuki hutan, selepas itu pemandangan dapat di dominasi oleh hutan sampai menuju puncak gunung tampomas.

Pendakian lewat trek ini memakan kurang lebih 4-6 jam sampai menuju puncak trek ini tidak ada penyebutan pos-pos pendakian yang seperti hal nya di sekian banyak gunung lain nya.

Tapi di sekian banyak titik terdapat lahan yang luas bisa untuk istirahat bisa juga untuk mendirikan tenda jikalau terhadap waktu pelaksana pendakian terpaksa mesti bermalam sebelum menuju puncak.

BASECAMP GUNUNG TAMPOMAS

namakuprince.blogspot.co.id

Pukul 15:30 kami tiba di basecamp tampomas (Narimbang), tak lama beristirahat kami membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 sudah sama parkir motor,di kaki gunung tampomas juga memiliki objek taman wisata alam curug ciputrawangi, setelah selesai membayar tiket masuk kami langsung memulai pendakian dan membaca do’a terlebih dahulu.

MULAI PENDAKIAN

Selesai membaca do’a kami memulai pendakian pada pukul 16:00 Wib, baru pertengahan perjalanan nampak nya cuaca tidak bersahabat kamipun memutuskan untuk memakai jas hujan dan lanjut berjalan kembali.

POS 2 (PASIR SALEH)

namakuprince.blogspot.co.id

Di pos Pasir Saleh sekitar pukul 17:30 kami berteduh lumayan cukup lama karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan, di pos ini juga terdapat warung yang di huni oleh seorang bapak-bapak, selain warung tempat ini menyediakan fasilitas ruangan tepat nya di atas dan bisa juga untuk menginap para pendaki.

Terasa cukup lama beristirahat, dan hujan mulai reda agak sedikit gerimis, dan waktu sudah larut malam kami melanjutkan perjalanan pada pukul 22:00 Wib.

POS 3 (WATU KUKUS)

Di pos watu kukus perjalanan agak sedikit mengganggu karena kami di serang oleh penghuni hutan yaitu pacet, setiba sampai di puncak kamipun masih di ganggu sama makhluk yang bernama pacet.

Note: Jika kalian mendaki di gunung tampomas dalam keadaan hujan sebaik nya menggunakan pakaian panjang, karena pada dasar nya pacet itu mudah muncul ketika dalam keadaan tanah lembab.

POS 4 (PERSIMPANGAN)

Pos ini merupakan persipangan bagi para pendaki dari jalur Narimbang dan jalur Cibeureum akan bertemu di pos ini, jalur pos ini mulai ada tanjakan yang bahkan kita haris manjat naik ke atas perlahan.

POS 5 (WATU GEDE)

namakuprince.blogspot.co.id

Walaupun jalur pos 5 ini terbilang lebih dekat tapi jalur ini cukup sulit dari jalur sebelum nya, trek berbatu menanjak yang cukup curam, karena jalur bebatuan lebih terasa dari jalur tanah biasa.

POS 6 (PUNCAK)

namakuprince.blogspot.co.id

Masih tetap sama dengan jalur yang sama, seperti pos 5 dengan medan bebatuan menanjak yang cukup curam dan licin haris tetap extra hati-hati di tambah cuaca yang tidak bersahabat alias hujan.

POS 7 (PUNCAK SANGYANG TAREJE)

GUNUNG TAMPOMAS

Sekitar pukul 01:00 akhir nya kami telah sampai ke Puncak Sangyang Tareje sembari menghembuskan nafas sambil mengucap alhamdulillah, Kami langsung mencari lahan yang kosong ternyata banyak pula pendaki yang sudah berada di puncak, sesudah mendapatkan lahan yang kosong kami membangun tenda untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan yang cukup lelah, letih dan ngantuk belum lagi di ganggu oleh makhluk yang bernama pacet.

Pagi pun tiba dengan udara yang sejuk dan dingin kami pun terbangunkan oleh suara pendaki yang sudah terlebih dahulu bangun.

ZIARAH KE MAKAM

GUNUNG TAMPOMAS

Setelah menikmati puncak kami meluangkan waktu untuk berziarah karena lokasi makam tersebut tidak terlalu jauh dari area puncak, konon katanya menurut cerita masyarakat sekitar di yakini dengan makam Radja Padjajaran terdahulu.

CURUG CIPUTRAWANGI

Setelah turun dari puncak gunung  tampomas kami diskusi dahulu apakah masih sanggup untuk mendaki lagi ke curug narimbang? Ya, sebagian dari kami masih menjawab sanggup, dan sabagian lagi menunggu dan beristirahat di bawah.

Dengan keadaan cape kami masih terus menanjak rasa nya tak afdol jika tidak mengunjungi objek kawasan taman wisata alam gunung  tampomas ini untuk memanjakan badan yang sudah cape, letih, lesu, lemah ini, sesudah mandi basah kuyup dan terasa puas kami turun kembali untuk persiapan pulang ke kampung halaman.

Curug ciputrawangi juga kerap di sebut warga dengan curug Narimbang, pohon besar yang di kelilingi curug merupakan pertanda bahwa alam dan lingkungan sekitar curug ciputrawangi ini sangat terjaga kelestariannya, hal ini juga tentu tak lepas dari peran warga yang ikut melestarikan dan menjaga alam kaki gunung tampomas