Penyebab Katarak Dan Cara Mencegahnya Dengan Baik

Penyebab katarak- mata merupakan panca indera manusia yang begitu penting, bayangkan saja jika seseorang tidak bisa melihat, akibat kerusakan atau kebutaan, sehingga tidak bisa melihat menikmati betapa indahnya dunia ini.

Sangat penting juga untuk kita melakukan perawatan mata hingga ketika umur kita menua masih bisa melihat dengan normal, hal ini sangat berpengaruh ketika kita masih muda, gimana cara kita menjaga kesehatan.

Penyebab katarak tersebut biasanya karena udara yang tidak bersih atau polusi, radiasi sinar matahari, bermain suatu gadged terlalu lama, dan masih banyak lagi ganguannya.

Gangguan kesehatan pada mata yang umum terjadi ialah penurunan fungsi penglihatan, gejala mata merah tanpa ada penurunan fungsi penglihatan, dan mata merah dengan fungsi penglihatan turun, hingga saat ini kebanyakan yang mengalami penyakit mata ialah penyakit katarak, infeksi dan glukoma.

Penyebab Katarak

penyebab katarak

www.viva.co.id

Penyebab katarak biasanya kebanyakan yang mengalami penyakit ini diderita oleh yang berumur proses penuan, yang artinya adanya perubahan pada lensa mata sehingga menjadi buram dan keruh, biasanya orang yang terkena mata katarak yang serius itu menginjak umur 60-an ke atas.

Berikut beberapa faktor penyebab katarak diantaranya:

  • Riwayat peradangan mata, contohnya glaukoma
  • Riwayat cedera mata
  • Diabetes, orang yang terkena penyakit ini sangatlah rentan mengalami karatak
  • Obat-obatan juga sangat berpengaruh mendatangkan resiko terhadap katarak, contohnya, kortikostreoid, chlorpromazine, dan obat-obatan phenothiazine lainnya
  • Radiasi sinar UV, studi menunjukkan kesempatan peningkatan pembentukan katarak dengan terekspos dengan paparan jangka panjang terhadap sinar matahari cerah
  • Kebanyakan konsumsi alkohol karena menurut beberap studi orang yang sering minum alkohol dalam dosis yang tinggi lebih rawan, dari pada orang yang tidak minum alkohol.
  • Dari hasil studi meski hasil penemuan belum bisa dipastikan bahwa orang yang kurang gizi cukup rentan memiliki katarak dengan rendahnya tingkat antioksidan dalam tubuh, contohnya, vitamin E vitamin C, dan karotenoid.

Cara Mencegah Katarak

penyebab katarak

http://obatlukadiabetes.gov7.net

Cara mencegah katarak biasa nya penyakit ini menyerang seorang yang telah lanjut usia, adapun bisa disembuhkan dengan berbagai cara atau dengan operasi, hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup manusia, walaupun dengan cara operasi dapat kembali normal tapi tidak tentu untuk melihat seratus persen.

Tentu katarak juga dapat kita cegah dengan bahan sederhana apa saja itu, berikut di bawah ini.

Jeruk

Didalam kandungan jeruk tentu memiliki banyak manfaat yang kita dapatkan salah satunya adalah untuk kesehatan penglihatan, karena jeruk mengandung vitamin C dan bera karoten dalam buah jeruk juga berfungsi sebagai antioksidan, perannya yaitu sebagai membantu melindungi sel efek stres oksidatif.

Hal itulah yang dapat mengoptimalkan proses regenerasi jaringan, terutama jaringan mata, buah jeruk pun dipercaya dapat membantu mengurangi agresi yang disebabkan oleh sinar matahari dan racun.

Bayam

Bayam terkenal sebagai sayuran yang dapat memberikan energi bagi tubuh, bayam juga mempunyai komponen aktioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi kesehatan mata manusia.

Didalam kandungan bayam memiliki asam folat, vitamin A dan seng, yang dapat memperkuat penglihatan sekaligus menghindari dari radikal bebas, bayam menjadi salah satu sayuran yang dapat mencegah penyakit katarak.

Minyak Zaitun

Salah satu cara mencegah datangnya katarak yaitu dengan minyak zaitun, minyak zaitun dapat dipercaya membantu menjaga organ penglihatan, karena didalam kandungan asam lemak esensial dan antioksidan dalam minyak ini bisa melindungi penglihatan sekaligus mencegah degenerasi lensa dan retina pada manusia.

selain itu minyak zaitun juga bisa mengendalikan kolesterol.

Tepung Gandum

Jenis makanan yang satu ini mengandung banyak vitamin E dan asam amino esensial yang terkandung dalam tepung gandum dipercaya dapat mengurangi degenerasi membran okular loh.

Tak hanya itu, tepung gandum juga dapat mengurangi hilangnya protein pada lensa, sekaligus dapat menghentikan efek negatif dari racun dan sinar matahari.

Telur

Kelezatan pada telor tentu sudak tidak aneh lagi, jenis makanan yang satu ini juga ternyata mengandung lutein dan zeaxanthin, kedua nutrisi tersebut konon katanya dapat melindungi mata terhadap degenerasi yang terjadi pada penuaan sel.

Teh Hijau

Teh pada dasar nya sangat enak untuk kita konsumsi setiap hari, selain itu minuman yang satu ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata, terutama yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan konsumsi teh hijau secara rutin, kamu dapat mengurangi dekomposisi dan kerusakan pada lensa.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.