Zona Persebaran Fauna Di Dunia dan Indonesia

Zona Persebaran Fauna Di Dunia dan Indonesia

Persebaran fauna di dunia- setiap zona dan subzona pada biosfer memiliki flora dan fauna yang berbeda, perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan yang memengaruhi kehidupan flora dan fauna sehingga persebarannya di permukaan bumi berbeda-beda.

Persebaran Fauna Di Dunia

Persebaran Fauna Di Dunia
andimanwno.wordpress.com

Fauna atau hewan yang ada di permukaan bumi penyebarannya dipengaruhi oleh keadaan lingkungan hidup yang sesuai untuk tempat hidupnya. 

Jika suatu kelompok fauna tidak sesuai lagi untuk menempati sesuatu daerah tertentu kelompok fauna tersebut akan melakukan migrasi atau perpindahan ke daerah lain.

Secara garis besar, daerah persebaran fauna di dunia dapat diklarifikasikan menjadi delapan wilayah persebaran, yaitu sebarai berikut.

Fauna Paleartik

Daerah persebaran meliputi wilayah Siberia, Rusia, sebagian besar Benua Eropa, daerah sekitar Laut Mediterania sampai Afrika bagian utara, China, dan Asia bagian timur laut termasuk Jepang.

Jenis fauna yang termasuk wilayah Paleartik antara lain berbagai spesias anjing, termasuk srigala, tikus, kelinci, beruang kutub, panda, dan rusa kutub.

Fauna Meartik

Daerah persebarannya meliputi Amerika Utara sampai dengan Meksiko. Jenis faunanya antara lain antelop bertanduk cabang, tikus berkantung, kalkun, berbagai jenis spesies burung, anjing, kelinci, ular, kura-kura dan rupai.

Fauna Neotropik

Daerah persebarannya meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko bagian selatan, dan India bagian barat. Jenis Fauna Neotropik antara lain armadillo, piranha, belut listrik, ilama (unta Amerika Selatan), buaya, kadal, kura-kura dan berbagai jenis spesies kera.

Fauna di wilayah Neotropik sebagian besar terdiri atas vertebrata (bertulang belakang) sehingga wilayah ini seringkali disebut wilayah vertebrata.

Fauna Ethiopia

Daerah persebarannya meliputi sebagian besar Afrika, Jazirah Arab bagian selatan, dan Madagaskar. Jenis Fauna Ethiopia antara lain kudanil (yang terdapat hanya di sungai nil, Afrika), gorila, simpanse, unta, trenggiling, lemur, zebra, cheetah, singa, dan zerafah.

Fauna Oriental

Daerah persebarannya meliputi Asia Selatan dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Jenis Fauna Oriental antara lain gajah, badak, oranghutan, gibbon, harimau, rusa, banteng, berbagai jenis unggas, ikan, reptil, dan serangga.

Fauna Australia

Daerah persebarannya meliputi Papua, Kepulauan Aru, Australia, dan Tasmania. Jenis faunannya antara lain kanguru, platypus (cocot bebek), kuskus, koala, wallaby, candrawasih, kasuari, ular piton, buaya, kadal, kakatua, dan merpati.

Fauna Selandia Baru (Oceania)

Daerah persebarannya meliputi Selandia Baru (New Zealand) dan pulau-pulau kecial di sekitar Oceania antara lain kiwi dan sphenodon.

Fauna Antartika

Daerah persebarannya meliputi Benua Antartika dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Jenis Fauna Antartika antara lain pinguin dan ajning laut.

Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia
satujam.com

Flora Indonesia

Indonesia merupakan suatu negara berbentuk kepulauan yang terdiri atas lebih dari 17.000 pulau dan sebagian besar wilayahnya berupa lautan, kondisi wilayah yang berbentuk pulau-pulau dan dikelilingi oleh laut mengakibatkan flora di Indonesia menjadi sangat beragam.

Keadaan flora di Indonesia dapat di klarifikasikan menjadi dua subregion, yaitu subregion Indoensia-Malaysia di wilayah Indonesia Barat dan subregion Australia di wilayah Indonesi Timur.

Secara garis besar, flora Indonesia terdiri atas empat kawasan flora, yaitu Flora Sumatra-Kalimantan, Flora Jawa-Bali, Flora Kepulauan Wallacea, dan Flora Irian Jaya (Papua).

Fauna Indonesia

Pola persebaran fauna di Indonesia sangat dipengaruhi oleh persebaran tumbuhan, kondisi geografis Indonesia yang berada di antara Benua Asia dan Australia, serta kondisi geologis Indonesia yang berada pada dua landas kontinen (continental shelf) yaitu landas kontinen Asia dibagian barat, dan landas kontinen Australia di Indonesia bagian timur.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.