6 Tips Pola Makan Sehat Untuk Remaja

6 Tips Pola Makan Sehat Untuk Remaja

Hidup sehat sebaiknya dimulai sejak kecil. Namun biasanya remaja yang jauh dari orang tua mulai kehilangan kontrol atas makanan sehatnya. Agar kesehatan tetap terjaga, simak tips makan sehat untuk remaja selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Baca juga: Penyakit Mengintai! Lakukan 6 Pola Makan Hidup Sehat Ini Mulai Dini

1. Makan Apapun Untuk Sarapan

Remaja dan orang dewasa cenderung suka melewatkan sarapan. Padahal sarapan penting untuk meningkatkan kualitas memori jangka pendek. Jadi cobalah makan apapun di pagi hari. Misalnya segelas susu, buah-buahan, atau bahkan kopi.

2. Menyimpan Banyak Camilan

Terkadang, remaja juga tidak sempat makan siang karena jadwal sekolah atau kuliah yang sangat padat. Jadi penting bagi mereka untuk menyimpan banyak camilan. Sehingga meskipun tidak makan siang, remaja bisa menikmati camilannya. Namun camilan yang dikonsumsi harus bergizi, seperti buah-buahan, biskuit energi, dan yang lain yang rendah lemak.

3. Makan Malam Cepat

Jika makan malam bersama keluarga selalu disiapkan dengan baik, remaja tidak punya banyak waktu untuk itu. Mereka butuh makanan lezat yang cepat disiapkan dan lezat saat dimakan. Jadi roti isi adalah salah satu pilihan bagi remaja untuk menikmati makan malam sehat.

4. Makan Sayur Dan Buah

Perlu sedikit campur tangan orang tua untuk masalah yang satu ini, yaitu membiasakan remaja agar mau makan sayur dan buah secara teratur. Sebab remaja cenderung makan makanan yang tidak sehat. Sehingga konsumsi buah dan sayur penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi para remaja.

Baca juga: Penting! Inilah 12 Indikator Keluarga Sehat Yang Harus Kamu Tahu

5. Jangan Khawatir Soal Nafsu Makan

Banyak orang yang nafsu makannya meningkat drastis ketika memasuki masa remaja. Jangan khawatir soal hal itu. Sebab remaja memang masih mengalami masa pertumbuhan. Sehingga salah satu akibatnya adalah peningkatan nafsu makan secara drastis.

6. Tetap Harus Dikontrol

Meskipun nafsu makan meningkat, remaja tetap harus mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi. Caranya adalah dengan aktif bergerak atau rajin berolahraga. Sebab jika tubuh hanya diberi makan namun kalori tidak dikeluarkan, sisa makanan akan berubah menjadi lemak yang meningkatkan berat badan.

Itulah tips makan sehat untuk remaja. Meskipun aktivitas begitu padat, jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat!

Baca juga: Mau Hidup Sehat? Lakukan 5 Tips Mudah Ini Setiap Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.