4 Prinsip Geografi Beserta Penjelasannya

Prinsip merupakan dasar yang digunakan sebagai landasan dalam menjelaskan suatu fenomena atau masalah yang terjadi. prinsip juga berfungsi sebagai pegangan atau pedoman dasar dalam memahami fenomena itu. dengan prinsip yang dimiliki, gejala atau permasalahan yang terjadi, secara umum dapat dijelaskan dan dipahami karakteristik yang dimilikinya dan keterkaitannya dengan fenomena atau permasalahan lain.

kesimpulan dalam pembahasan objek studi geografi yaitu terdapat dua unsur utama dalam geografi, yaitu alam dan manusia. unsur alam menyangkut alam dan manusia. tanpa campur tangan manusia, perubahan alam relatif lambat.

Namun, kenyataan menunjukan bahwa terdapat kondisi alam tertentu serta gejala-gejala alam yang tak dapat diolak. unsur manusia memiliki perubahan yang relatif lebih cepat. perubahan dapat menyangkut budi daya, perkembangan, serta aktivitas manusia lainnya.

untuk melakukan pengamatan terhadap unsur alam dan manusia terdapat beberapa prinsip yang harus dipegang, yang menjadi dasar dalam pengkajian (studi) dan pengungkapan gejala, variasi, faktor-faktor maupun masalah geografi.

seacra teoretis, prinsip-prinsip geografi antara lain: prinsip interelasi, prinsip deskriptif, dan prinsip korologi.

di muka bumi terdapat beberapa gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia. timbulnya gejala-gejala alam tidak dapat diminta dan tidak dapat ditolak oleh manusia. corak kehidupan manusia sedikit banyak dipengaruhi gejala alam.

Dapat dikatakan bahwa fenomena atau gejala alam mendukung dan sekaligus membatasi aktivitas manusia. pada batas-batas tertentu, manusia harus menyesuaikan diri dengan alam.

beberapa gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia antara lain iklim, gempa bumi, vulkanisme, bentuk meda, atau bentuk permukaan bumu. masing-masing gejala alam itu mempunyai pengaruh yang berbeda-beda terhadap kehidupan manusia. 

Prinsip-Prinsip Geografi Dan Unsur Geografi 

https://www.idebebas.com

prinsip geografi menjadi dasar dalam uraian, pengkajian, pengungkapan gejala, variabel, faktor dan masalah geografi. pada waktu melakukan pendekatan terhadap objek yang dipelajari, dasar atau prinsip ini harus selalu menjiwai.

Secara teoritis, prinsip itu terjadi dari prinsip penyebaran prinsip interelasi, prinsip dekripsi, dan prinsip korologi (prinsip keruangan)

prinsip penyebaran, yaitu segala gejala dan fakta yang tersebar tidak merata dipermukaan bumi, yang meliputi bentang alam, tumbuhan, hewan dan manusia.

dengan memperhatikan dan menggambarka persebaran dan faktor tadi dalam ruang, pengungkapan persoalan yang berkenaan dengan gejala dan fakta dapat terarah dengan baik. dengan melihat dan menggambarkan berbagai gejala pada peta, hubungan satu sama lain juga dapat terungkap secara menyeluruh, serta juga akan dapat diramalkan lebih lanjut. 

dasar kedua yang digunakan untuk menelaah dan mengkaji gelaja dan fakta geografi, yaitu prinsip interelasi. secara lengkap prinsip interelasi adalah interelasi dalam ruang.

prinsip interelasi, yaitu suatu hububgan saling terkait dalam ruang antara gejala yang satu dengan gejala yang lain.

setelah pola persebaran dan fakta geografi dalam ruang terlihat hubungan antara faktor fisis dengan faktor fisis, dan faktor manusia dengan faktor manusia dapat terungkap. berdasarkan antar hubungan itu, pengungkapan karakteristik gejala atau fakta geografi ditempat atau wilayah tertentu juga dapat dilakukan.

prinsip deskripsi, yaitu penjelasan lebih jauh mengenai gejala-gejala yang diselidiki atau di pelajari. deskripsi, selain disajikan dengan tulisan atau kata-kata, dapat juga disajikan dengan diagram, grafik, tabel gambar atau pena.

pada interelasi, antara gejala satu dengan gejala lain atau antara faktor yang satu dengan faktor yang lain, selanjutnya dapat dijelaskan sebab akibatnya dari hasil interaksi tadi. penjelasan atau deskripsi merupakan satu prinsip dan studi pada geografi untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala dan masalah yang dipelajari.

prinsip korologi, gejala, fakta ataupun masalah geografi disuatu tempat yang ditinjau sabarannya, interelasinya, interasinya, dan integrasinya dalam ruang. hal ini dikarenakansuatu ruang akan memberikan karakteristik pada kesatuan gejala.

prinsip korologi merupakan prinsip geografi yang komprehensif kerena memadukan prinsip-prinsip lainnya. prinsip ini merupakan ciri dari geografi modern.

pada prinsip korologi ini, gejala, fakta dan masalah geografi ditinjau persebarannya, interelasinya dan interaksinya dalam ruang, baik persebaran , inte yu8z` dan tidak dapat dilepaskan dari ruang yang bersangkutan. ruang ini memberikan karakteristik pada kesatuan gejala, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.