Sejarah Lengkap | Misteri Kedalaman Danau Toba

Sejarah Lengkap | Misteri Kedalaman Danau Toba

Sejarah danau toba- danau toba adalah salah satu danau yang terbesar di Asia Tenggara, danau ini terletak di daerah Sumatera Utara, sebagai warga sekitar danau ini juga dapat dijadikan mata pencarian sehari-hari yaitu dengan mencari ikan di area danau tersebut.

Selain itu danau toba juga memiliki nilai keindahan yang yang tidak kalah menarik dari tempat-tempat lainnya yang berada di Indonesia.

 

Sejarah Danau Toba

sejarah danau toba
www.learnsejarah.com

Sejarah danau toba- sebelum terbentuk danau toba menurut catatan sejarah itu dulunya adalah gunung berapi yang bernama gunung toba, menurut sejumlah informasi gunung ini mempunyai kantong magma yang besar sehingga jika gunung ini meletus maka ledakannya itu akan terasa dahsyat.

Pertama kali gunung ini meletus yaitu sekitar 800 tahun lalu dan letusan kedua gunung ini sekitar 500 tahun lalu dan yang terakhir gunung ini meletus yaitu sekitar 74.000 tahun lalu, maka pada letusan ketiga ini terbilang paling dahsyat dibandingan kan kedua letusan tersebut.

Hal yang paling disayangkan, meskipun sama sekali tidak tercatat pada buku mengenai letusan tersebut, namun di zaman sekarang bukti-bukti itu ilmiah itu dapat ditemukan dimasa ini.

Kemudian para ahli memperkirakan bahwa letusan gunung ini menghasilkan ledakan supervulkanik dengan skala mencapai 8.0 Volcanik Explosivity Indek (VEI) maka letusan gunung ini sekitar dengan memiliki daya ledak 26000 Megaton TNT dan mampu menghancurkan daerah Sumatera seluas kurang lebih 20.000km2.

Pada letusan terakhir gunung ini memutahkan kurang lebih dari seribu kilometer kubik meterial letusan, dan ketinggian letusan ini sekitar 50 kilometer, sedangkan dalam meterial abunya itu menyebar ke seluruh bumi hingga menutupi cahaya matahari selama beberapa tahun.

Dampak dari letusan gunung toba ini tidak luput dari tsunami yang begitu besar, akibat letusan gunung toba ini banyak manusia yang tewas dan beberapa spesies mahluk hidup lainnya, dari hasil penelitian letusan gunung ini diperkirakan menyusutkan 60% populasi pada waktu itu, yakni sekitar 60 juta jiwa.

 

Kedalaman Danau Toba

sejarah danau toba
jogja.tribunnews.com

Kedalaman danau toba ini sekitar 505 meter dan termasuk danau yang paling besar di Asia Tenggara diperkirakan panjang danau ini 87 kilometer dan memiliki lebar 27 kilometer sedangkan ketinggiannya mencapai 904 meter diatas permukaan laut (MDPL).

Jika dilihat secara geografis danau ini berada di koordirnat 980,300 sampai dengan 990,010 Bujur Timur dan 20,240 sampai dengan 20,480 dilintang Utara.

Sedangkan dalam kategori danau toba ini yaitu sebagai wilayah beriklim tropis basah yang memiliki tipe iklim C sampai dengan E dan suhunya itu berkisar kurang lebih 170-290 C dan kelembapan udara rata-rata 85,04 persen.

 

Pulau Di Danau Toba

sejarah danau toba
pixabay.com

Pulau di danau toba- sedangkan disekitar daerah danau toba itu terdapat beberapa pulau yang memiliki pemandangan yang sangat indah, pulau-pulau itu muncul ketika tekanan ke atas magma yang belum keluar dan berikut daftar nama-nama pulau tersebut.

Pulau Tulas

Pulau ini terletak di kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Sampsir, di dalam pulau ini juga masih jarang memasuki daerah ini, pulau ini juga diselimuti oleh semak-semak belukar dan ada beberapa jenis hewan.

Pulau Samosir

Salah satu nama pulau tersebut yaitu, Pulau Samosir yang saat ini dimekarkan mejadi sebuah Kabupaten, menurut cerita konon pulau ini masih menyatu dengan pulau Sumatera dan berbentuk mirip sebuah tanjung di danau toba.

Kemudian pada masa penjajahan Belanda masuk barulah dibangun kanal sungai hingga memutuskan daratan Pulau Samosir dengan Sumatera, pada akhirnya Pulau Samosir memisahkan diri.

Di dalam pulau samosir itu terdiri dan dihuni dari suku batak, kemudian ia dapat mengembangkan budayannya dan mengembangkan keturanan mereka yang menjadi beberapa kelompok suku batak, yaitu yang bernama, Toba, Karo, Pakpak-dairi, Angkola-Mandailing dan Simalungun.

Pulau Toping

Sedangkan dalam pulau ini bertempat di ujung danau toba, lebih tepat nya di Desa Silalahi Kabupaten Dairi, pulau ini juga sama seperti pulau sibandang, namun pulau ini ukurannya lebih kecil dan memiliki struktur tersusun dengan rapi secara alami, sehingga dapat menambah daya keindahan alamnya.

Nah, jika dilihat dari pulau ini wisatawan dapat melihat pemandangan yang indah di Bukit Barisan dan dapat melihat ketuhan dari Pulau Samosir.

Pulau Sibanding

Sedangkan untuk Pulau yang satu ini adalah pulau terbesar kedua di danau toba dan pulau ini terletak di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, didalam pulau ini terdapat beberapa marga yaitu yang bernama dari masing-masing marga tersebut adalah, Rajagukguk, Simare-mare, Oppusunggu dan Siregar.

Pulau ini juga sangat terkenal dengan hasil buah mangganya karena pulau ini dijuluki penghasil buah mangga yang rasanya tidak kalah manis dari mangga yang berada di Indramayu, karena Indramayu sendiri adalah kota mangga maka tidak heran daerah tersebut memiliki penghasil mangga terabnyak dan termanis di Indonesia.

Selain mangga sumber penghasilan masyarakat dari pulau ini juga berasal dari ikan, dan nama ikan yang ia tangkap misalnya seperti ikan pora-pora atau ikan mujaer dan lani-lain.

Pulau Tao

Yang kedua adalah Pulau Tao dan pulau ini panjangnya sekitar 1 kilometer, yang berada di sebelah Timur Pulau Samosir, di Pulau ini sebelumnya ada sebuah hotel dan lestoran, kemudian hotel dan lestoran tersebut telah ditutup karena jarang dikunjungi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.