Sejarah Internet Di Dunia Dan Perkembangannya Di Indonesia

Sejarah Internet Di Dunia Dan Perkembangannya Di Indonesia

Sejarah internet- Internet merupakan suatu jaringan komunikasi global yang menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer secara terbuka yang menggunakan sistem standar global transmission control protocol/ internet protocol suite (TCP/ IP).

Beberapa orang menjelaskan bahwa definisi internet ialah International Network, yang mana semua tipe dan jenis komputer di seluruh dunia dapat terhubung dengan memakai tipe komunikasi contohnya seperti telepon, satelit, dan lain-lain.

Internet ialah singkatan dari Interconnection Networking yang mana setiap komputer terhubung pada jaringan internet mempunyai identitas unik yaitu yang bernama alamat IP (Internet Protocol Address), alamat IP pada komputer itu berbentuk angka pada setiap komputer pasti memiliki alamat IP masing-masing.

 

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

sejarah internet
pixabay.com

Pengertian internet menurut para ahli- setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing sama hal seperti pengertian internet seperti apa yang sudah di ucapkan oleh para ahli di bawah ini.

  • Sibero

Menurut ia, pengertian internet merupakan suatu jaringan komputer yang terhubungkan antar komputer secara globa,. lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

  • Sarwono

Menurut ia, pengertian internet ialah suatu kumpulan jaringan yang mempunyai skala global, yang artinya tidak seorangpun dapat bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

  • Berners Lee

Menurut ia, pengertian internet ialah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan, hal ini jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan computer tertentu, atau jaringan local juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

  • Ned Snell

Menurut ia, definisi internet ialah suatu koridor bagi berbagai jenis sumberdaya yang ada padanya, dan setiap sumberdaya tersebut kemudiah diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

  • Onno W. Purbo

Menurut ia. Purbo, pengertian internet ialah suatu media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail.

  • Lani Sidharta

Menurut ia, pengertian internet ialah suatu bentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer, yang mana dapat memberikan bentuk layanan informasi dengan lengkap, lebih lanjut Lagi mengatakan bahwa internet juga adalah rekan maya atau virtual yang ampuh, yang biasa digunakan dalam media politik, bisnis dan bahkan untuk hiburan semata.

  • O’Brien

Menurut ia, definisi internet ialah sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat dan bermanfaat untuk berbagai macam kepentingan, contohnya seperti kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain.

 

Sejarah Internet Di Indonesia

sejarah internet
tiksmam4porong.blogspot.com

Sejarah internet di Indonesia awal mulanya yaitu pada tahun 1990-an, pada waktu itu jaringan internet di Negri ini lebih dikenal dengan paguyuban network, yang mana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya.

Sedikit berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet, berakar pada Local Area Network [LAN] yaitu dii Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Meskipun berasal dari kalangan akademis, internet menjadi viral itu berkat masuknya para pemain industri yang melihat potensi meraup keuntungan dari “mainan” yang saat itu masih relatif baru.

 

Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia

sejarah internet
polinemati1b.blogspot.com

Sejarah perkembangan internet di Indonesia- sekitar dada tahun 1980-an jaringan komputer pertama memasuki Negara Indonesia yang melibatkan 5 Universitas yang saling terhubung, yaitu Universitas Terbuka (UT) Universitas Indonesia (UI), Uneversitas Gajah Mada (UGM),  Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Dengan fasilitas dial-up yang disebut dengan UNInet, kemudian jaringan ini akhirnya tidak berkembang karena terdapat masalah dalam kurangnya infrastruktur yang kurang baik atau memadai.

Tahun 1986 – 1987

Berawal dari tulisan – tulisan awal yang datang dari kegiatan di amatir radio khususnya di Amatir Radio Club (ARC) ITB sekitar tahun 1986, dengan hanya “modal” pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE).

Dengan komputer Apple II milik Onno W. Purbo (YC1DAV), dan beberapa anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama (YC1HCE), J. Tjandra Pramudito (YB3NR), Suryono Adisoemarta (N5SNN) bersama Onno W. Purbo (YC1DAV).

Kemudian ia menimba ilmu pada para senior amatir radio seperti Robby Soebiakto (YB1BG), Achmad Zaini (YB1HR), Yos (YB2SV) yang belajar bersama untuk mempelajari paket radio pada band 40 m lalu didorong ke arah TCP/IP.

Mereka-lah yang pertama mengaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS), yang merupakan jaringan e-mail store and forward yang mengaitkan banyak “server” BBS amatir radio di seluruh dunia, supaya email itu dapat tetap berjalan dengan lancar.

Tahun 1989 – 1990

Berawal dari mailing list awal, yakni indonesians@janus.berkeley.edu, diskusi – diskusi antar teman mahasiswa se Indonesia yang menimba ilmu pendidikan di luar negeri, pola dari mailing list ini terus berkembang, terutama di host server ITB dan egroups.co.

Mailing list ini kemudian dan akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas internet di Nusantara.

Sekitar tahun 1990-an, komunikasi antara Onno W. Purbo (YC1DAV/VE3) pada waktu itu ia berada di Kanada dengan teman-temannya amatir radio di Indonesia dilakukan melewati jaringan amatir radio ini.

Dengan peralatan PC/XT dan walkie-talkie dengan band 2 meter, komunikasi antara Indonesia – Kanada terus dilakukan secara lancar melalui jaringan amatir radio.

Tahun 1992 – 1994

Teknologi packet radio TCO/IP yang diadopsi oleh teman-teman BPPT, LAPAN, UI dan ITB lalu menjadi tumpuan PaguyubanNet. AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) menggunakan IP pertama biasa disebut dengan nama domain AMPR.org dan IP 44.132.

BPPT mengoperasikan gateway tersebut yang bekerja pada band 70 cm dengan menggunakan PC 386 dan OS DOS yang menjalankan program NOS sebagai gateway packet radio TCP/IP.

Tahun 1994 – 1995

Pada tahun 1994-an, ISP komersial pertama IndoNet kemudian mulai beroperasi, sambungan awal untuk Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet dan di akses awal di IndoNet awalnya memakai mode teks dengan shell account.

Browser Lynx dan e-mail client pine pada server AIX, barulah pada tahun 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri dengan menggunakan remote browser Lynx di AS, pemakai Internet di Indonesia bisa di akses Internet (HTTP).

Masih sekitar tahun 1994 Internet masuk ke Indonesia dengan Top Level Domain ID (TLD ID) primer yang dibangun di server UUNET, kemudian dilanjutkan dengan domain tingkat dua (Second Level Domain). ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia ialah IPTEKnet yang terhubung ke Internet dengan kapasitas bandwidth 64 Kbps.

Tahun 1995 – Sekarang

Kemudian internet terus berkembang menjadi lebih baik dari tahun 1995 sampai sekarang juga, Menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia).

Lembaga yang dapat memperkirakan pengguna internet, pengguna internet di Negara kita (Indonesia) sampai tahun 2014 itu sekitar mencapai sekitar 88,1 juta dan itu diperkirakan akan terus meningkat dengan seiring berjalannya waktu, apalagi dengan teknologi sekarang semakin maju.

 

Sejarah Internet

sejarah internet
pixabay.com

Internet dicipta oleh departemen pertahanan Amerika Serikat yaitu sekitar tahun 1969-an yang tujuannya untuk kepentingan militer, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan pada akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal dengan sebutan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Awal mulanya ARPANET itu hanya menghubungkan empat situs saja yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, yang mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Seiring berjalannya waktu lalu proyek ini berkembang begitu pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Maka sebab itu ARPANET dibagi manjadi dua, yakni “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan ke 2 jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.