Pengertian Seni Kriya Dan Fungsinya

Seni Kriya adalah karya seni yang dibuat dengan menggunakan kerajinan tangan, tentu hanya orang yang sudah terbiasa melakukannya, karena sudah memiliki teknik seni kriya ini, Karya seni kriya bisa dibilang masuk kategori seni rupa terapan nusantara, bahkan sampai ke mancanegara.

Sejak zaman dahulu seni kriya ini sudah ada, seni kriya juga bisa dibuat dengan bahan bekas, seni kriya juga sangat banyak ditemukan di Indonesia, benda karya seni kriya tersebut ialah tembikar dimana tembikar terbuat dari tanah liat dan digunakan sebagai wadah.

Istilah nya sendiri berasal dari bahasa sansekerta yaitu kata krya yang artinya mengerjakan, semakin berkembangnya zaman nama dari krya menjadi karya, kriya dan kerja, dalam arti khusus kriya ialah mengerjakan suatu hal untuk menghasilkan sebuah benda atau objek, tapi, semakin berkembang disebutlah seni kriya.

Dari kata lain dalam kamus besar bahasa Indonesia Kriya yang artinya sebagai pekerjaan (kerajinan tangan), sedangkan Dalam bahasa Inggris disebut Craft yang berarti energi atau kekuatan, maksudnya adalah suatu keterampilan dalam mengerjakan atau membuat sesuatu.

Fungsi Seni Kriya

seni kriya

www.kata.co.id

Fungsi seni kriya secara garis besar sebagai berikut.

  • Hiasan Rumah

Tak usah diragukan lagi bahwa seni kriya ini banyak ditemukan sebagai benda pajangan hiasan rumah, karena lebih mementingkan fungsinya, sehingga seni kriya ini berkembang pesat, contohnya seperti hiasan dirumah, gambar seni kriya, seni kriya ukir, seni kriya batu, seni kriya keramik, seni kriya logam, dan seni kriya anyaman.

  • Benda Terapan

Sedangkan dalam seni kriya yang satu ini lebih mementingkan funsinya sebgai benda, yang sudah jadi, akan tetapi tidak menghilangkan unsur keindahannya, Contohnya seperti senjata, furnitur, keramik dan masih banyak lagi.

  • Benda Mainan

Siapa sih yang gak tahu mainan, seni kriya yang satu ini sangat banyak yang kita temui, karena hanya dibuat dengan benda permainan, contohnya seperti boneka, congklak dan masih banyak lagi mainan anak-anak.

Macam Macam Seni Kriya

seni kriya

www.padarnews.com

Macam macam seni kriya dari bentuk banyak yang kita temukan di nusantara, khsus nya di pasar atau di supermarket, berikut dibawah ini contoh seni kriya dengan bahan-bahan berbeda.

Seni Kriya Kayu

seni kriya

lailanuradiana11.wordpress.com

Seni Kriya kayu adalah suatu jenis seni kriya yang dimana cara kerjanya membuat benda selalu menggabungkan atara nilai dan fungsi, dengan menggunakan alat-alat tertentu seperti palu dan pahat, dan contoh seni kriya kayu ialah seperti kursi, meja, patung, wayang golek dan lain-lain.

Seni Kriya Tekstil

seni kriya

www.indonesiakaya.com

Seni kriya tekstil ialah seni dengan menggunakan bahan dasar kain, istilah tekstil mempunyai lingkup yang luas dan mencakup beragam jenis kain dan cara pembuatan nya bisa dengan cara mengikat, dipres, ditenun, dan lain-lain, biasanya cara bahan kain itu terbuat dari serat yang dipintar, sehingga menghasilkan benang yang panjang, kemudian ditenun dan dirajut, jenis seni kriya ini di nusantara, dibagi menjadi dua macam yakni karya tenun dan karya batik. kri

Seni Kriya Keramik

seni kriya

http://mercusuar.uzone.id/

Seni kriya keramik ialah benda yang terbuat dari tanah liat yang dibakar, pembuatan seni kriya keramik ialah dengan teknik slab/lempeng, putar/throwing, pilin/pinching, dan cetak tuang, seni kriya keramik ini banyak ditemukan seperti di toko bangunan, dan penghasil seni kriya keramik ini juga ada di Bandung, Jepara, Cirebon, Malang dan banyak lagi.

Seni Kriya Logam

seni kriya

www.raparapa.com

Seni kriya logam ialah seni kriya yang mengolah logam menjadi berbagai macam benda kerajinan, tekhnik seni kriya yang satu ini pembuatan seni kriya logam terdiri dari dua macam teknik yaitu a cire perdue/cetak lilin, dan teknik bivalve.

Seni Kriya Kulit

seni kriya

nisarosyidatun.blogspot.com

Seni kriya kulit merupakan karya seni yang menggunakan kulit sebagai bahan bakunya, kulit yang umumnya digunakan dalam seni kriya kulit ialah kulit sapi, kambing, buaya, ular, kerbau, kemudian kulit tersebut menjalani diolah dengan proses yang sangat panjang, dan contoh seni kriya ini ialah seperti wayang kulit, tas, dompet, jaket, sabuk dan lain-lain, penghasil seni kriya kulit ialah di Garut, Bali, dan Yogyakarta.

Seni Kriya Batu

seni kriya

ca.wikipedia.org

Seni kriya batu adalah seni kriya dengan bahan dasar batu yang dibentuk sedemikian rupa agar menjadi lebih indah dan dapat lebih berfungsi, seperti kita ketahui batu itu sangat keras, ternyata di daerah Sukami dan Sukaraja terdapat penghasilan pembuatan seni karya batu yang dihias dan menjadikan dekorasi rumah, agar terlihat lebih indah, contoh seni kriya batu ini adalah, batu akik jesper, fosil dan lain-lain.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.