Macam Macam Sumber Daya Alam

Sumber daya alam– kepulauan Indonesia merupakan salah satu kawasan di permukaan bumi yang memiliki kekayaan alam melimpah. Potens kekayaani tersebut merupakan anugrah dari sang pencipta yang harus disyukuri.

Anda mungkin pernah melihat ditelevisi atau membaca disurat kabar mengenai kalangkaan dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), hal tersebut mengakibatkan munculnya bahan bakar alternatif yang lain, seperti sinah matahari, gas alam, dan batubara sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Mengapa terjadi kelangkaan dan kenaikan harga BBM?, pedahal bahan bakar minyak tersebut disediakan langsung oleh alam, bukan hasil pruduksi dan olah tangan manusia, pernyataan tersebut dapat Anda temukan di bawah ini.

Pengertian Sumber Daya Alam

sumber daya alam
www.liputan6.com

Sumber daya (resources) menurut UU Lingkungan Hidup No.4 Tahun 1982 dapat dikelompokan menjadi kategori utama, yaitu:

  1. Sumber daya manusia
  2. Sumber daya alam hayati
  3. Sumber daya alam nonhayati
  4. Sumber daya buatan

Sumber daya alam (natural resources) adalah unsur-unsur lingkungan alam yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan serta meningkatkan kesejateraan hidupnya.

Sumber daya alam merupakan semua kekayaan alam baik berupa mahkluk hudup maupun benda mati yang terdapat dibumi dan dapat dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Kekayaan alam di muka bumi beranekaragam, baik berupa benda yang langsung dapat dimanfaatkan mapun benda yang harus diolah terlebih dahulu sebelumnya.

Klasifikasi Sumber Daya Alam

Klasifikasi Sumber Daya Alam
putragiribw.wordpress.com

Sumber daya alam yang terdapat di alam harus dikelompokan atau digolongkan agar memudahkan pemahaman mengenai sifat-sifat sumber daya tersebut.

Klasifikasi sumber daya alam mempermudah dalam merencanakan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya tersebut agar tidak cepat habis, namun dapat memberi manfaat yang optimal bagi kehidupan manusia.

Sumber daya alam berdasarkan bentuknya dapat dikelompokan kedalam lima kelompok, yaitu sebagai berikut.

  1. Sumber daya lahan atau tanah
  2. Sumber daya hutan
  3. Sumber daya laut
  4. Sumber daya air
  5. Sumber daya mineral

Sumber daya alam berdasarkan kesediaannya dapat dikelompokan kedalam dua kelompok, yaitu sebagai berikut.

  1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui atau sumber daya alam yang akan habis dipakai (exhaustible resourses) mencakup sumber daya energi dan mineral.
  2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui atau sumber daya alam yang tidak akan habis dipakai (renewable resourses) seperti sinar matahari dan tanah.

Sumber daya alam menurut Barlow dapat dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.

1. Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak diperbarui memiliki sifat bahwa volume fisik yang tersedia tetap dan tidak dapat diperbarui atau diolah kembali.

Terbentuknya sumber daya alam yang tergolong dalam kelompok ini memerlukan ribuan tahun, misalnya, batubara, minyak bumi, mineral, batu-batuan, dan logam.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu sebagai berikut.

  • Sumber daya alam yang sifatnya dapat dipakai habis atau barulah secara kimiawi karena penggunaanya, seperti batu bara, mineral, dan minyak bumi.
  • Sumber daya alam yang memiliki unsur penggunaan yang lama dna sering dipakai ulang, seperti logam dan batu-batuan.

2. Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui memiliki sifat terus-menerus tersedia dan dapat diperbarui, baik oleh alam itu sendiri maupun dengan bantuan manusia. Misalnya, sumber daya air (baik yang mengalir disungai maupun yang tidak mengalir, seperti di laut dan di danau), angin, cuaca, gelombang, matahari, sinar, laut, dan bulan.

Meskipun demikian penggunaan sumber daya alam jenis ini harus diperhatikan sebaik mungkin, karena kesalahan dalam memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbarui ini dapat mengakibatkan kerugian. Misalnya, terjadi pencemaran lingkungan terhadap air dan udara akan mengakibatkan hilangnya manfaat yang dapat diperoleh dari air atau udara tersebut.

3. Sumber Daya Alam Yang Memiliki Sifar Gabungan

Sumber daya alam yang memiliki sifat gabungan merupakan perpaduan antara sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui, sumber daya alam ini dapat dibedakan kedalam dua kelompok, seperti, Sumber Daya Biologis, dan Sumber Daya Lahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.