Beranda Edukasi Tips Membuat Otak Mudah Menyerap Ilmu

Tips Membuat Otak Mudah Menyerap Ilmu

29
0

Ilmu merupakan pengetahuan tentang suatu bidang yang tersistem menurut metode tertentu. Ilmu mampu membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalankan kehidupan. Terbayang bukan?

Betapa gersangnya kehidupan tanda adanya ilmu. Ilmu sangat beragam jenisnya, mulai dari ilmu psikologi, sosial, alam, hukum, agama dan masih banyak lagi.

Dibawah ini tips yang dapat Anda lakukan, agar ilmu yang anda peroleh mudah diserap oleh otak.

1. Belajar dengan ikhlas
Cobalah untuk belajar dengan ikhlas atau tulus, maksudnya tanpa menginginkan sesuatu seperti hadiah bahkan pujian. Memang, menurut sebagian orang reward atau hadiah merupakan cara untuk mendorong seseorang untuk semangat atau termotivasi dalam melakukan suatu hal. Tapi, percaya atau tidak Anda hanya mengalami semangat ketika Anda menginginkan hadiah itu, setelah itu Anda pun akan mulai merasa malas lagi.

2. Serius dalam belajar
Memang ada sebagian orang yang mengatakan bahwa belajar terlalu serius juga membuat kita bosan bahkan merasa tegang, sehingga sulit memahami materi. Serius disini maksudnya konsen atau benar-benar fokus, kita harus mampu membedakan kapan kita akan bermain dan kapan kita harus fokus.

Biasanya guru atau dosen tidak selamanya akan serius mengajar di kelas, contoh mereka akan menyelipkan beberapa waktu untuk sekedar bergurau dengan menghubungkan materi terhadap keadaan lingkungan sekitar, nah disaat itulah kita harus menempatkan situasi yang tepat.

3. Tanamkan pada diri bahwa menuntut ilmu merupakan keharusan
Kita sebagai manusia dikodratkan dari sang pencipta untuk memahami setiap ilmu atau keadaan di sekitar kita. Anggap bahwa ilmu yang sedang kita pelajari merupakan kewajibam yang harus kita kuasai minimal kita ketahui untuk membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik bahkan pribadi yang berguna bagi orang lain.

4. Sering bertanya
Nah tips yang satu ini sangat berguna, pasti Anda pernah mendengar ungkapan “malu bertanya, akan tersesat di jalan”. Dari ungkapan ini kita dapat melihat bahwa betapa pentingnya kita bertanya akan suatu hal yang tidak kita ketahui atau pahami.

Anda akan terus mengalami persepsi yang salah apabila Anda merasa ragu tetapi tetap mempertahankan keyakinan Anda. Apalagi, jika Anda membagikannya ke orang lain, akan menimbulkan dosa bagi Anda seumur hidup.

5. Mengulang pembelajaran di rumah atau melalui bimbel
Mengulang pembelajaran tentu sangat membantu kita untuk selalu mengingat materi yang telah kita dapat. Caranya, dapat berupa membaca kembali atau membuat ringkasan singkat tentang suatu materi berdasarkan cara kita sendiri. Untuk Anda yang masih sekolah mengikuti bimbel atau bimbingan belajar juga sangat membantu, sudah banyak sekali bimbingan belajar yang bisa Anda ikuti.

6. Rajin berdoa
Nah, apabila Anda telah berusaha dengan baik, maka ada saatnya pula Anda harus berdoa. Berdoa mampu membuat hati kita menjadi tenang, apabila hati telah tenang, maka akan mudah menyerap ilmu yang telah diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here